Advertisement

Pinjam Uang Untuk Modal Bisnis: Perhatikan 4 Faktor Penting Berikut Ini

Pinjaman modal bisnis dan usaha

Bagi anda pelaku bisnis dan usaha yang ingin mendapatkan pinjaman dana untuk tambahan modal maupun yang masih baru akan merintis usaha sebaiknya tetap dengan menganalisa banyak pertimbangan.

Salah satu pilihan sumber dana modal usaha yang sudah umum selain dari uang tabungan adalah pinjaman kredit tanpa agunan (KTA), karena produk pinjaman yang satu ini terbilang paling mudah prosesnya dan cepat cair sesuai dengan jumlah yang diinginkan.

Meskipun kredit tanpa agunan merupakan pilihan dan solusi sebagai sumber dana segar, alangkah lebih bijak jika tetap memperhatikan beberapa poin penting yang akan mempengaruhi kondisi finansial anda kedepannya.

Merencanakan pinjaman kredit untuk modal bisnis dan usaha

Berikut ini adalah 4 hal yang patut untuk menjadi perhatian bagi siapapun yang akan mengelola modal usaha dari sumber dana pinjaman bank.

#1 Baca dengan teliti mengenai ketentuan aplikasi KTA

Pada umumnya pengajuan KTA memiliki syarat wajib seperti batasan usia, jumlah penghasilan per tahun, tenor waktu cicilan, batas nilai minimal dan maksimal pinjaman, dan sebagainya.

Ini merupakan persyaratan yang setidaknya sanggup untuk anda penuhi sebelum permohonan kredit anda memasuki proses.

Membuat beberapa perbandingan antara bank satu dengan yang lainnya adalah langkah paling tepat agar anda bisa menemukan yang paling sesuai dan mudah bagi anda untuk memenuhinya.

#2 Meminjam sesuai dengan kebutuhan saja

Tidak kalah penting apabila anda memperhitungkan terlebih dahulu berapa kebutuha  modal usaha tersebut dan jangan tergiur dengan plafon maksimal yang ditawarkan.

Hitung dengan baik modal awal dan biaya operasional bulan pertama sebagai dasar jumlah dana yang perlu anda ajukan untuk aplikasi KTA.

Pada dasarnya pihak bank akan lebih senang jika pengusaha mau meminjam dalam jumlah besar karena akan menguntungkan bagi mereka.

Simak juga ulasan terkait mengenai 3 macam pinjaman paling tepat untuk modal usaha serta artikel menarik lainnya tentang konsep membuka bisnis dan usaha tanpa modal.

#3 Rencanakan bisnis dengan matang

Untuk poin ini memiliki maksud agar anda cermat dalam mengelola usaha meliputi manajemen keuangan dan alokasi dana agar dapat dipisahkan sesuai dengan jadwalnya.

Apabila modal usaha bersumber dari dana pinjaman sebaiknya dapat dipastikan bahwa setiap bulan anda mampu menyisihkan untuk membayar cicilan.

Dengan demikian, memiliki perencanaan bisnis yang baik akan menyelamatkan Anda dari kemungkinan tidak bisa melunasi cicilan tetap per bulan dari KTA dan ini tidak akan menyusahkan anda nanti.

#4 Persiapkan tabungan cadangan

Tidak heran apabila pada awal merintis bisnis dan usaha pada awalnya sangat minim pemasukan atau bahkan merugi.

Untuk kondisi yang demikian sudah sangat jelas bahwa suntikan dana segar wajib anda dapatkan untuk menjaga keberlangsungan bisnis anda jika anda tidak ingin menyerah.

Hanya tabunganlah yang mampu mengatasi persoalan ini daripada anda harus menambah pinjaman modal lagi yang mana pinjaman yang lama masih cukup membebani dengan cicilan perbulannya.

Sebaiknya anda memiliki tabungan persiapan untuk membayar cicilan beberapa bulan pertama KTA untuk berjaga-jaga disaat pemasukan sedang tidak stabil.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!