Ciri Ciri Peluang Usaha Yang Baik dan Potensial Serta Memiliki Nilai Jual

Ciri usaha dan bisnis yang baik layak dijalankan

Memahami ciri ciri peluang usaha yang potensial dan baik untuk di jalankan serta memiliki nilai jual yang tinggi merupakan faktor penting yang harus diketahui dan wajib di cermati oleh siapapun yang akan merintis sebuah bisnis baru.

Sebelum terjun menjalankan usaha, penting bagi seorang pebisnis untuk mengetahui apakah peluang usaha tersebut baik atau tidak.

Salah satu tolak ukur untuk memastikan sebuah peluang bisnis yang memiliki nilai jual adalah dengan membaca potensinya bisa dengan memakai analisis SWOT sehingga anda akan lebih mudah dalam memulai langkah berbisnis.

Berikut adalah beberapa ciri usaha yang berpotensi baik untuk dikembangkan:

#1 Memiliki nilai jual yang tinggi

Usaha yang baik memiliki ciri nilai jual yang tinggi. Nilai jual yang tinggi ini bisa disebabkan gagasan-gagasan unik saat pendirian bisnis.

Nilai jual secara langsung berhubungan dengan pasar. Tentunya, produk dengan nilai jual tinggi memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan produk sejenis.

Keunikan bisa menjadi aspek yang sangat penting dalam mempengaruhi nilai penjualan. Maka, apabila anda ingin usaha anda memiliki nilai jual yang tinggi, pastikan terdapat keunikan baik dari strategi pemasaran, atau keunggulan lainnya.

#2 Nyata

Nyata maksutnya apa yang sudah anda rencanakan dan impikan benar-benar terealisasi. Akan percuma apabila anda memiliki ambisi dengan ide yang cemerlang tetapi itu hanya ada diangan-angan saja.

Dalam mewujudkannya menjadi nyata alias menjalankan usaha tersebut, diperlukan sikap fokus serta serius. Dengan dibarengi dengan konsistensi, maka usaha anda akan semakin berkembang.

#3 Bukan usaha yang sifatnya musiman

Terkadang pada satu waktu muncul tren yang berkembang dimasyarakat yang kemudian disusul dengan menjamurnya usaha pada bidang tersebut.

Dalam menjalankan usaha, ada baiknya mempertimbangkan tidak memilih usaha yang hanya ramai pada musim tertentu saja.

Apabila ini terjadi, selain terjadi persaingan yang tinggi anda juga tidak bisa mengelola usaha tersebut dengan baik.

Baca juga ulasan terkait tentang strategi meningkatkan keuntungan pada usaha musiman serta artikel menarik lainnya mengenai 10 peluang usaha menjanjikan di bulan Ramadhan.

#4 Tidak menghabiskan modal

Modal usaha memang diperlukan pada awal produksi atau memulai suatu usaha. Tetapi akan menjadi masalah apabila anda ternyata mengeluarkan modal terus menerus selama usaha.

Seharusnya, modal awal anda menghasilkan keuntungan bukan sebaliknya. Untuk menghindari hal tersebut, anda bisa menganalisis apakah anda harus mengganti ide ataukah mengganti cara berkerjanya.

#5 Usaha mampu bertahan dalam jangka panjang

Usaha yang anda jalankan haruslah mampu bertahan lama dipasaran. Bertahan lamanya suatu usaha dipengaruhi pula dengan strategi pemasaran yang dibuat.

Apabila usaha tersebut sempat melejit kemudian tidak bertahan dan malah menimbulkan kerugian tentu bukanlah jenis usaha yang baik. Maka dari itu usaha yang baik ialah usaha yang berkelanjutan.

Selain itu usaha yang baik memiliki pangsa pasar dan mampu menghadapi persaingan.

#6 Skala industri yang bisa ditingkatkan

Usaha yang baik adalah usaha yang bisa ditingkatkan dari waktu ke waktu. Tidak semua usaha dimulai langsung dalam skala besar.

Sebagai contoh, awal pendirian usaha ia merupakan industri kecil atau industri skala rumah tangga, kemudian seiring berjalannya waktu ia menjadi industri skala menengah hingga akhirnya menjadi skala besar.

Apabila usaha yang sedang ingin anda jalankan tidak bisa ditingkatkan, sudah indikasi bahwa ia bukanlah ciri usaha yang baik.

#7 Gagasan yang orisinil

Ciri selanjutnya dari usaha yang baik adalah keorisinilan ide. Ide yang dihasilkan berbeda dan bukan hasil imitasi dari usaha lain. Dalam berbisnis baiknya ia memiliki ciri khas serta keunikan tersendiri. Belum tentu pula usaha yang ditiru akan menghasilkan tingkat kesuksesan sama.

#8 Usaha dapat beradaptasi

Ciri usaha yang baik adalah usaha yang dapat menyesuaikan kondisi seiring berjalannya waktu. Saat usaha itu sudah mulai berjalan dalam hitungan tahun, tentu saja kondisinya akan berbeda dengan kondisi awal berdirinya usaha.

Maka, dengan sifat bisa menyesuaikan dengann situasi dan kondisi ia malah semakin dapat berinovatif, bukannya malah menurun.

Anda perlu menguji kelayakan usaha sebelum anda mulai menjalankan usaha tersebut. Ini menjadi hal penting karena layak disini dalam artian produk anda dapat memberikan manfaat dan pantas untuk diteruskan. Kelayakan dapat diamati melalui perbandingan tujuan dengan hasil yang diperoleh.

Apabila usaha anda tidak dapat mencapai tujuan awal, atau antara tujuan awal dan hasil sangat timpang, maka usaha anda bukanlah termasuk usaha yang baik.

Itulah beberapa ciri usaha yang baik. Bagaimana dengan usaha yang akan anda jalanlan? Apa ia mencakup poin-poin diatas?

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!