Advertisement

10 Peluang Bisnis dan Usaha Saat Bulan Ramadhan Yang sangat Menguntungkan

Peluang usaha dan bisnis saat bulan ramadhan

Ragam peluang usaha dan bisnis di bulan Ramadhan yang paling menguntungkan adalah dengan memanfaatkan moment dimana saat seluruh umat muslim sedang giat beribadah puasa sampai merayakan hari raya.

Selain menjadi bulan yang penuh berkah, tentunya ada beberapa jenis peluang bisnis baru yang bisa dijalankan untuk menambah penghasilan.

Karena ini termasuk jenis peluang usaha musiman maka sifatnya juga sementara yaitu akan trending dan booming hanya pada bulan Ramadhan saja hingga menjelang hari raya lebaran.

Beberapa jenis usaha dan bisnis sampingan paling laris dibulan Ramadhan

Siap dan yakin akan melakukan usaha sampingan di bulan puasa, berikut ini adalah beberapa referensi jenis bisnis yang dapat anda pilih dan tentunya cukup menggiurkan keuntungannya.

#1 Jualan hidangan berbuka puasa yang laris manis

Tentunya yang satu ini merupakan tradisi yang tidak akan pernah terlewatkan ketika memasuki bulan puasa.

Dimanapun tempatnya apabila mayoritas masyarakatnya adalah kaum muslim maka peluang bisnis berjualan takjil atau makanan berbuka puasa akan tetap laris manis diserbu oleh pembeli.

Ini adalah kesempatan yang cukup bagus dan bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan karena menu takjil sudah menjadi kebutuhan untuk berbuka puasa.

Tidak perlu memiliki kios atau warung bahkan anda bisa menjajakan hidangan takjil ditepi jalan atau diteras rumah anda.

Dengan menyediakan modal sekitar 500 ribu saja anda sudah dapat untuk membuat hidangan takjil yang murah meriah asalkan bisa laris sudah jelas keuntungan menanti didepan mata.

#2 Berjualan kue kering hidangan hari raya

Masyarakat muslim umumnya sudah biasa mempersiapkan beragam kebutuhan untuk hari raya seperti cemilan atau kue kue hidangan jauh jauh hari sebelum lebaran tiba.

Karena menyediakan hidangan adalah sebuah tradisi yang tidak bisa ditinggalkan maka tidak heran jika saat bulan ramadhan permintaan konsumen akan jajanan lebaran cukub besar.

Dengan hal ini maka bisa menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan bagi anda yang bisa berkreasi membuat jajanan kue kering untuk hari raya.

#3 Usaha catering

Peluang usaha yang menguntungkan saat bulan ramadhan berikutny adalah bisnis catering makanan untuk menyediakan orang yang tidak sempat memasak karena kesibukannya bekerja.

Sehingga tidak jarang mereka lebih memilih order dari catering untuk menyediakan makanan berbuka dan makan sahur.

Dengan demikian anda juga bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk menambah penghasilan dengan cara menjual makanan yang sudah siap dan memberikan jasa antar makanan.

#4 Moment paling tepat berjualan perlengkapan ibadah

Bagi seluruh umat muslim didunia akan melaksanakan ibadah dengan sangat giat ketika memasuki bulan suci ramadhan.

Ini juga mempengaruhi minat mereka untuk membeli perlengkapan ibadah yang baru sebagai kebutuhan pribadi maupun akan disumbangkan kepada pihak yang lebih memerlukan.

Perlengkapan ibadah seperti mukena,  kain sarung, peci, sajadah dan lainnya akan cukup laris dijual saat bulan puasa dan ini tentu saja merupakan lahan bisnis yang pantas untuk diliirik sambil menjalankan ibadah puasa.

#5 Menjual busana muslim

Kebiasaan dan tradisi lainnya menjelang lebaran adalah orang selalu ingin memiliki pakaian baru dan perlengkapan ibadah  yang baru.

Ini juga kesempatan yang tepat untuk memulai bisnis dengan menjual busana muslim dan keperluan beribadah lainnya. Busana Muslim dan perlengkapan shalat yang bagus sangat dicari pada masa menjelang lebaran, terutama oleh para ibu yang ingin dirinya dan keluarga tampil lebih fresh dengan penampilan baru.

Memulai bisnis ini bisa dibilang membutuhkan modal yang cukup besar, namun anda jangan khawatir karena masih banyak sistem berjualan yang bisa dilakukan dengan tanpa modal dan minim resiko.

Salah satu cara paling mudah yaitu dengan cara sistem dropship atau bayar yang laku jika anda bisa melobi toko grosir ataupun supplier baju muslim di kota anda.

Memliki akun sosial media, maka ini kesempatan anda untuk bisa mendapatkan uang dari facebook, instagram dan lain sebagainya dengan cara bisnis dropship busana muslim.

#6 Berkreasi dengan membuat parsel

Parsel adalah barang yang tidak asing lagi dan cukup bnayak dijumpai menjelang Hari Raya Lebaran.

Tradisi masyarakat adalah menjadikan parsel sebagai hadiah atau bingkisan pada hari lebaran yang dikirimkan kepada teman, kerabat atau keluarga.

Memiliki ide ide kreatif dan memiliki bakat seni yang tinggi untuk mendekorasi parsel, maka anda bisa jadikan moment ini sebagai peluang bisnis yang sangat mengutungkan di bulan ramadhan.

Modal yang dibutuhkan cukup berfariasi tergantung dari paket atau isi parsel itu sendiri. Namun anda juga bisa menjalankan usaha khusus membuat atau merakit parselnya saja.

Sementara apabila anda mampu berkreasi sendiri tentunya ini bisa menjadi sebuah peluang bisnis yang cukup menjanjikan karena sudah jelas keuntungannya sangat besar.

Tetapi untuk menjaga kualitas dan kepercayaan konsumen sebaiknya tetap membuat parsel dengan produk produk yang berkualitas dan jangan menghalalkan cara untuk meraup keuntungan dengan menjual produk kadaluarsa.

#7 Jualan kembang api

Jenis usaha musiman ini juga menjadi peluang bisnis di bulan ramadhan yang sangat menjanjikan.

Menyalakan kembang api sudah menjadi tradisi masyarakat bukan hanya disaat pergantian tahun baru, hari raya imlek ataupun dihari kemerdekaan.

Khususnya dibulan puasa justru sepanjang bulan sampai hari raya semaraknya orang bermain kembang api hampir tidak pernah terhenti.

Meskipun kadang tampak seperti dangangan kecil, namun modal untuk menjajakan kembang api bisa dibilang sangat besar.

Meskipun demikian biasanya keuntungan penjaja kembang api sampai 2 kali lipat dari harga grosirnya.

#8 Panen rejeki pengusaha rental mobil

Sudah pasti saat mendekati hari lebaran musim mudik adalah tradisi dan kebiasaan masyarakat yang merantau diluar kota untuk kembali pulang berkumpul dengan keluarga.

Karena tidak semua orang memiliki mobil, dan sudah jelas angkutan umum juga akan penuh sesak pada moment ini maka banyak dari mereka yang akan lebih memilih untuk menyewa mobil untuk acara mudiknya.

Memang hari ini adalah saat panen nya para pengusaha rental mobil yang pada hari biasa dipatok kisaran 300 ribu perhari untuk sekelas avanza dan xenia maka saat musim mudik bisa sampai 500 ribu perharinya.

#9 Usaha nyeleneh yang tidak di anjurkan

Kenapa saya bilang bisnis nyeleneh, karena moment bulan ramadhan ada juga beberapa orang yang menggunakan kesempatan ini untuk mendapatkan keuntungan dengan cara yang sebenarnya sangat tidak dianjurkan.

Entah benar atau tidak, menurut informasi dari beberapa media ada kelompok orang orang dari daerah tertentu yang beramai ramai menjalankan profesi meminta minta.

Mereka mengharap belas kasihan dari orang yang sedang menjalankan ibadah karena sudah jelas bagi yang memberikan akan memperoleh amalan ibadah yang jauh lebih besar dari hari biasa diluar bulan ramadhan.

Namun alangkah baiknya untuk tidak menjalani profesi ini karena sudah termasuk dalam kategori penipuan meskipun memang secara hukum meminta minta itu tidak dilarang.

Advertisement

1 Comment

  1. wachid

    May 17, 2017 at 1:02 am

    sangat informatif gan artikelnya. Kedepannya saya juga ingin buka usaha meskipun saat ini saya masih bekerja di kantoran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!