Begini Tips Mengajukan KPR Bagi Karyawan Kontrak dan Freelancer Biar Lebih Mudah

Cara mudah mengajukan KPR untuk karyawan kontrak dan freelancer

Bagaimana cara mudah mengajukan permohonan KPR untuk karyawan perusahaan ataupun freelancer agar bisa diterima oleh pihak bank?

Memiliki rumah sendiri memang impian semua orang, terlebih lagi dengan lokasi yang indah dan rumah yang besar. Mungkin untuk sebagian orang memiliki rumah sendiri bukanlah masalah yang besar namun berbeda halnya bagi seorang karyawan yang keadaan ekonominya relative tidak stabil.

Namun sekarang mereka tidak perlu khawatir lagi, karena produk produk kredit sudah banyak bertebaran di mana  mana.

Salah satunya yaitu KPR yang mungkin bisa jadi solusi bagi mereka. Paling tidak harapan mereka untuk memiliki rumah sendiri sudah bisa tercapai, walaupun bukan dengan cara tunai paling tidak fasilitas ini sudah sedikit membantu.

Produk ini terbilang cocok bagi para karyawan yang memiliki penghasilan pas pasan selain cicilan ringan proses pengajuannya pun terbilang cukup mudah.

Walaupun prosesnya mudah tetapi tetap saja pihak bank menghendaki adanya dokumen pendukung sebagai syarat mutlak yang harus dipenuhi oleh semua calon penerima.

Hal tersebut memang wajar adanya mengingat jumlah dana yang akan diberikan tidak sedikit bahkan bisa mencapai milyaran rupiah. Namun perlu anda tahu bahwa besar kecilnya dana yang diberikan akan disesuaikan dengan ukuran rumah, lokasi serta fasilitas yang ada di rumah tersebut.

Tidak semua bank akan memberikan kemudahan kepada para pemohon KPR ini, di beberapa bank mereka menerapkan peraturan yang ketat terkait pengajuan aplikasi KPR ini. Oleh sebab itu anda perlu untuk mencari tahu mengenai kelengkapan informasi ini dan sesuaikanlah dengan kemampuan anda.

Umumnya para calon penerima KPR yang berstatus karyawan akan lebih diprioritaskan oleh pihak bank, mengingat mereka memiliki gaji yang tetap setiap bulannya.

Sehingga pihak bank akan merasa lebih terjamin terkait jumlah cicilannya. Semakin lama seseorang bekerja sebagai karyawan tetap di sebuah perusahaan dan memiliki jabatan tertentu maka pihak bank akan semakin memudahkan ia dalam memperoleh dana KPR.

Pihak bank tidak semata mata hanya melihat seseorang dari statusnya saja melainkan dari riwayat kredit yang pernah ia ambil juga turut menjadi bahan pertimbangan. Oleh sebab itu bagi mereka yang pernah mengalami kredit macet berhati hatilah ketika akan mengajukan kredit ini.

Pihak bank sangat menjunjung tinggi faktor kepercayaan dari para calon penerima KPR entah itu dari segi kemampuan finasialnya ataupun juga alasan alasan lainnya.

Namun bukan berarti yang bukan berstatus karyawan tidak bisa mendapatkan kredit ini, pihak bank tetap memberikan peluang bagi meraka yang hanya berstatus sebagai karyawan kontrak atau freelancer.

Dengan memperhatikan kemampuan finasial mereka dan juga riwayat kredit yang pernah mereka ambil. Di jaman sekarang ini seseorang bisa mendapatkan begitu banyak peluang kerja yang mungkin bisa membantu keadaan ekonominya entah itu sebagai karyawan kontrak atau bahkan sebagai freelancer.

Tidak banyak orang tahu kalau bekerja sebagai seorang freelancer itu bisa mendapatkan gaji puluhan juta rupiah dalam waktu satu bulan. Hal ini tidak mustahil terjadi mengingat semua hal sudah berbasis online jadi semua pekerjaan bisa dilakukan melalui jaringan internet tanpa perlu bolak balik kesana kemari. Inilah yang seringkali menjadi bahan pertimbangan tersendiri oleh pihak bank dalam memberikan dana KPR.

Berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk bisa memperoleh dana KPR dengan cara yang mudah. Silahkan simak ulasannya berikut ini.

Strategi untuk karyawan kontrak yang ingin mengajukan permohonan KPR

Seperti pada jenis kredit pada umumnya, KPR bagi karyawan kontrak atau freelancer juga memerlukan beberapa persiapan seperti halnya dokumen dokumen yang dipersyaratkan oleh bank yang bersangkutan sebagai pelengkap pengajuan yang anda lakukan.

Jangan sampai permohonan anda ditolak begitu saja oleh pihak bank hanya karena sejumlah persyaratan yang belum anda penuhi. Untuk itu sebagai calon penerima KPR yang baik anda sebaiknya memperhatikan beberapa hal berikut ini:

#1 Lolos BI checking dan bebas dari riwayat kredit yang buruk

Umumnya masalah kredit macet akan menghambat kredit kredit lain yang mungkin akan anda lakukan suatu saat nanti. Namun tidak sedikit orang menyepelekan hal ini, yang pada akhirnya memberikan masalah besar pada urusan anda selanjutnya.

Penyelesaian kewajiban hutang memang perlu anda perhatikan dan anda lakukan secara disiplin. Mengingat bahwa pihak bank selalu mempunyai data data terkait apa yang sudah anda lakukan.

Hal pertama yang musti anda lakukan ketika akan mengajukan kredit KPR adalah selalu lunasi kredit anda dengan tepat waktu. Jika tidak maka semua bank akan langsung menolak aplikasi KPR anda.

Sistem Informasi Debitur (SID) yang dijalankan oleh Bank Indonesia akan selalu mencatat riwayat kredit siapapun. Jadi segala informasi anda terkait hutang ataupun permasalahan perbankan akan sangat mudah diketahui. Oleh sebab itu sebelum mengajukan aplikasi KPR pastikan bahwa anda tidak mempunyai masalah masalah tersebut, apalagi sampai masuk ke dalam daftar blacklist.

Simak juga ulasan terkait mengenai cara mengurus dan mengatasi masalah BI checking serta artikel menarik lainnya tentang katergori penggolongan kasus kredit macet dan cara mengatasinya.

#2 Mempersiapkan uang muka atau DP

Pihak bank juga akan mempertimbangkan jumlah uang muka yang anda miliki, oleh karenanya menjadi sangat penting bagi anda untuk mempersiapkannya terlebih dahulu.

Jika seorang pemohon memiliki kemampuan beasr dalam membayar uang muka di atas yang sudah ditetapkan oleh pihak bank maka peluang untuk mendapatkan dana KPR akan lebih luas.

Dengan begini maka jumlah hutang anda kepada bank menjadi berkurang begitu pula dengan besarnya bunga yang akan anda tanggung. Baca juga ulasan tentang strategi mempersiapkan uang muka untuk KPR.

#3 Memperhitungkan rasio hutang yang realistis

Satu lagi yang perlu anda tahu bahwa jika anda tidak memiliki masalah terkait riwayat kredit yang pernah anda ambil, namun jika rasio hutang yang anda miliki terlampau besar maka bisa saja aplikasi yang anda ajukan ditolak begitu saja oleh pihak bank.

Sebaiknya ikutilah anjuran dari ahli keuangan yang memberikan saran terkait rasio keuangan yang boleh dimiliki seseorang adalah sebesar 30% hingga 40% dari total penghasilan.

Jadi jika yang anda miliki melebihi angka yang ditetapkan maka besar kemungkinan aplikasi anda tidak akan disetujui mengingat kemampuan anda untuk membayar hutang selanjutnya adalah nol. Sehingga sangat beresiko bagi pihak bank untuk menyetujuinya.

#4 Ajukan kredit rumah yang memiliki harga sesuai dengan kemampuan

Ketika akan mengajukan permohonan KPR kepada bank maka pastikanlah bahwa rumah yang anda inginkan harganya masih terbilang normal dan sesuai dengan kemampuan finansial anda.

Jangan memaksakan diri untuk membeli rumah dengan harga selangit karena jika tidak sesuai dengan kemampuan yang anda miliki maka pihak bank bisa langsung menolak permohonan anda.

Hal ini tentunya harus anda pertimbangkan dengan matang mengingat jumlah gaji yang anda peroleh tiap bulannya. Karena bisa saja hal tersebut menimbulkan sejumlah hutang dan tunggakan.

Nah, untuk bisa mengetahui kemampuan financial sampai mana anda bisa melakukannya dengan cara simulasi awal. Pikirkan pula jumlah cicilan yang tepat yang mampu anda penuhi.

Ingatlah bahwa pihak bank akan lebih memprioritaskan pemohon dana KPR yang berstatus karyawan tetap karena mereka dinilai lebih mampu dalam melunasi hutangnya.

Namun bukan berarti yang berstatus karyawan kontrak atau freelancer tidak bisa mendapatkan KPR ini, tetap saja bisa namun anda perlu untuk mempersiapkan segala sesuatunya demi disetujuinya permohonan anda.

Dan yang paling penting pahami terlebih dahulu kebijakan dari masing masing bank. Jika anda lakukan sesuai dengan apa yang dipersyaratkan oleh bank maka proses pengajuan kredit anda akan berjalan lancar.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!