4 Hal Penting Sebagai Pertimbangan Sebelum Memulai Usaha Ritel

Sebelum membuka usaha ritel

Bisnis kecil atau usaha ritel bisa menjadi pilihan yang menjanjikan saat ini. Segala akses dapat dengan mudah untuk anda yang berkeinginan untuk berbisnis.

Ditambah lagi, pemerintah dan juga swasta turut memudahkan dalam menyediakan modal melalui pinjaman-pinjaman di lembaga jasa keuangan.

Banyak sekali jenis usaha yang populer dan menjadi pilihan karena potensi keuntungannya yang menjanjikan. Salah satu usaha tersebut adalah bisnis ritel.

Bisnis ritel berasal dari retail, yang dalam bahasa Indonesianya artinya adalah eceran. Secara singkat bisnis ritel dapat didefinisikan sebagai bisnis yang usahanya adalah menjual barang dan atau jasa dalam satuan kecil atau eceran.

Tentu saja bisnis ini menjadi ladang subur. Bisnis ritel dapat menjawab kebutuhan konsumen sehari-hari karena tidak mungkin rumah tangga membeli barang keseharian dalam skala yang besar. Bisnis-bisnis ritel seperti toko kelontong, toko kecil, supermarket dan sebagainya.

Persiapan yang perlu diperhatikan sebelum membuka usaha ritel

Apabila anda ingin merintis usaha ritel, anda perlu mempertimbangkan beberapa hal. Hal-hal tersebut adalah sebagai berikut:

#1 Barang Jualan

Anda perlu mensurvey barang apa sajakah yang dibutuhkan oleh target konsumen anda. Semakin lengkap toko anda semakin baik pula.

Setelah anda mengetahui barang apa saja yang dibutuhkan dan paling dicari, kemudian anda segera memikirkan dan mencari distibutor tersebut.

Dalam sebuah toko, stock adalah bagian paling mahal dilihat dari segi harga maupun modal. Maka dari itu, usahakan anda menemukan distributor dengan harga terendah dan juga penawaran yang baik.

Sebagai pebisnis ritel, secara tidak langsung anda seperti menjadi penyalur tangan ke dua dari distributor kepada konsumen. Dengan begitu, anda harus menjalin kemitraan yang baik dan sesuai dengan kebutuhan anda dengan distributor tersebut.

Simak juga tips tentang strategi menaikkan harga barang dagangan dengan aman serta info menarik lainnya mengenai ciri ciri dan ketentuan usaha mikro kecil menengah di Indonesia.

#2 Mengenali Secara Baik tentang Pelanggan Anda

Setelah barang jualan selesai, kini anda harus memikirkan tentang konsumen anda. Tanpa adanya konsumen, tentu bisnis anda tidak akan berkembang.

Anda harus mempelajari dengan baik untuk kemudian membuat toko anda berbeda dengan toko yang lainnya. Anda sebaiknya juga mengorganisir barang anda dengan baik berdasarkan kategori-kategorinya sehingga pelanggan akan mudah untuk menemukan barang yang dicarinya.

Hal ini juga dapat anda manfaatkan untuk pembeli tertarik juga untuk membeli produk anda yang lainnya. Jangan lupa tanda harga jangan sampai terlewatkan karena ini merupakan proses memudahkan para pembeli juga.

Hal yang tidak boleh anda lupakan selanjutnya adalah pelayanan anda. Tentu anda pernah mendengar pepatah bahwa tamu adalah raja.

Bukan berarti kita menempatkan diri menjadi dibawah pembeli, tetapi lebih untuk “menghargai” serta melayani dengan baik. Apabila pelayanan yang kita berikan baik, maka dapat membuat pembeli kembali membeli kebutuhannya ditoko kita. Kunci dari pelayanan yang baik adalah sopan, ramah, dan juga informatif.

#3 Lokasi

Kemudian poin penting berikutnya adalah terkait lokasi. Lokasi penting dipertimbangkan sebelum anda membuka bisnis ritel.

Meskipun bisnis ritel tergolong bisnis yang selalu laku diberbagai kondisi dan lokasi, tetapi tentu anda ingin bisnis anda berkembang dengan pesat serta menjadi pemenang diantara pesaing-pesaingnya, bukan? Maka dari itu faktor lokasi sangat menentukan.

Sebaiknya anda melakukan penelitian kecil-kecilan untuk mengetahui seberapa banyak orang yang berlalu lalang di calon tempat toko anda? siapakah saja yang biasanya lewat?

Apa sajakah yang dibutuhkan oleh calon pembeli tersebut? Maka dapat disimpulkan faktor lokasi tidak hanya tentang lokasi secara geografis tetapi secara sosiologis pula.

Namun hal ini akan berbeda apabila anda memilih mendaftarkan toko ritel anda pada sebuah pusat pembelanjaan, yang jelas anda harus tunduk dengan segala peraturan yang ada pada pusat pembelanjaan tersebut.

Simak info selengkapnya tentang tips menentukan lokasi usaha yang strategis serta ulasan terkait mengenai contoh usaha kecil kecilan yang menguntungkan.

#4 Sistem dan Manajemen

Selanjutnya adalah mungkin anda perlu bantuan seorang manajer untuk tugas harian anda, untuk menemukan pegawai yang tepat untuk bisnis ritel anda dan sebagainya.

Yang jelas, apabila bisnis ritel anda tergolong menengah hingga besar, anda tidak dapat melaksanakan semuanya sendiri.

Untuk masalah keuangan, anda dapat mrnggunakan sistem POS ( Point Of Sale) untuk kasir anda. Semuanya harus anda fikirkan karena ini terkait hasil akhir dan pelaksanaan dari bisnis anda. Jangan lupa juga mempertimbangkan gaji serta tunjangan untuk pegawai anda.

Itulah hal yang perlu anda pertimbangkan ketika anda akan membuat usaha ritel. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, ya!

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!