Membuka Usaha Cafe Dengan Modal Minim, Berikut Ini 5 Tips Menjalankannya

Membuka usaha cafe sederhana dengan modal kecil

Jaman Sekarang keberadaan kafe menjadi sesuatu yang amat penting dan bahkan sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat perkotaan.

Biasanya mereka mengunjungi kafe untuk melepaskan lelah akibat berutinitas seharian penuh seperti kuliah, kerja, dan lain sebagainya untuk mendapatkan tempat yang nyaman.

Fakta tersebutlah yang membuat bisnis kafe sebuah usaha yang berpotensi mendatangkan banyak benefit, dengan modal yang relatif kecil.

5 Tips cerdas memulai bisnis usaha cafe sederhana dengan modal kecil

Apabila anda adalah orang yang ingin berbisnis dibidang ini, tetapi memiliki modal yang sedikit, jangan khawatir! Telah kami rangkumkan beberapa tips yang dapat membantu anda untuk segera memulai bisnis kafe amda tanpa modal yang sangat besar. Tips-tips nya yaitu:

#1 Sewa tempat bisnis anda dengan anggaran tepat

Salah satu bagian yang menghabiskan modal terbesar dalam bisnis kafe yakni menyewa tempat. Terlebih bagi anda yang masih tergolong pebisnis baru yang mana memiliki modal seadanya, persoalan sewa tempat ini cukup membuat stres.

Apabila ternyata modal yang telah anda miliki terbatas, maka anda dapat mendirikan bisnis ini pada rumah anda sendiri.

Selain rumah sendiri, anda juga bisa mendirikannya pada rumah partener bisnis anda, atau mungkin pada halaman depan rumah orang lain untuk tempat sementara kafe anda.

Umumnya, harga sewa tempat berupa teras atau paviliun lebih murah dibandingkan kios ataupun ruko. Atau ide lain yang bisa anda gunakan adalah menggunakan taman rumah.

Apabila anda menggunakan ide ini, anda dapat membuat konsep outdoor bagi kafe anda. Bukan hanya berfungsi sebagai penekan biaya, kenyataannya menggunakan taman rumah, teras, ataupun paviliun sebagai tempat berdirinya kafe anda malah membuat kafe anda menjadi unik.

Simak juga tips tentang Cara memilih dan menentukan tempat usaha yang strategis dan ulasan menarik lainnya mengenai Prosedur dan tata cara menyewa tempat usaha.

#2 Mempekerjakan pegawai dengan sistem PartTime

Apabila anda mempekerjakan pegawai dengan sistem paruh waktu, maka beban pengeluaran bisnis anda akan menjadi lebih kecil.

Anda dapat melakukan pekerjaan di kafe anda sendiri saat kafe mulai dibuka kemudian sisa jam kerja anda akan ditangani oleh pekerja paruh waktu.

Mempekerjakan pegawai dengan sistem paruh waktu akan memberikan anda benefit berupa keringanan gaji yang harus dikeluarkan.

Sistem paruh waktu memungkinkan anda menggaji pegawai dengan gaji perjam sesuai dengan pekerjaan yang dikerjakannya. Sehingga, apabila kafe amda sedang mengalami penurunan, anda tidak perlu mengeluarkan gaji secara full.

#3 Mendapatkan bahan baku dari tempat grosir

Dalam mendirikan sebuah kafe, tentu ada produk yang dijual berupa makanan ataupun minuman.

Demi menghemat biaya pengeluaran untuk produk yang dijual di kafe, sebaiknya anda membeli bahan baku untuk menu anda pada para pedagang grosir.

Mengapa demikian? membeli bahan baku di tempat grosir memungkinkan anda mendapatkan harga yang jauh lebih murah dibandingkan apabila anda membeli bahan baku di tempat non grosir/eceran.

Tetapi meskipun anda dapat mendapatkan harga bahan baku yang murah, yang perlu anda ingat adalah apabila membeli bahan di tempat grosir maka anda diwajibkan membeli dengan jumlah yang cukup banyak.

Ini memanglah hal yang lumrah apabila anda membeli ditempat grosir, dan hampir semua tempat grosir menerapkan hal tersebut.

#4 Menerapkan strategi marketing yang minim budget

Dalam menjalankan bisnis, pemasaran atau marketing perlu dilakukan guna memperkenalkan bisnis anda pada masyarakat luas. Terlebih, bisnis kafe anda.

Dalam menjalankan bisnis kafe anda, kafe anda perlu diketahui banyak orang agar jumlah pelanggan yang datang pada kafe anda dapat meningkat. Tetapi, masalah strategi marketing ini biasanya menjadi batu sandungan bagi para pebisnis.

Para pebisnis/pengusaha ini biasanya melakukan pemborosan dana saat memperkenalkan produknya. Maka dari itu, anda perlu menggunakan strategi marketing yang pas dengan budget yang minim.

Contoh strategi yang dapat anda terapkan seperti mendapat minuman gratis atau snack apabila pengunjung mengupload review tentang kafe anda pada sosial media.

Keuntungan startegi marketing ini adalah bisnis anda semakin tersebar luas, selain itu para pembaca review akan menjadi yakin karena ulasan yang diberikan berasal dari pembeli, bukan pemilik bisnis itu sendiri.

Baca juga ulasan terkait tentang tips memulai usaha warung kopi yang menguntungkan serta beberapa contoh usaha kecil kecilan yang paling menjanjikan saat ini.

#5 Memberikan pelayanan maksimal

Sifat dari pelayanan adalah usaha tanpa mengeluarkan biaya. Maka anda perlu memaksimalkan dibidang pelayanan kafe anda.

Bersikap ramah serta baik membuat para pelanggan anda nyaman mengunjungi kafe anda. Apabila mereka nyaman, mereka akan secara tidak langsung menganjurkan pada teman-temannya untuk mengunjungi kafe anda sebagai tempat bersantai yang menyenangkan. Pelayanan kafe yang baik akan memberikan kesan yang baik pula.

Itulah lima tips yang dapat anda perhatikan dan lakukan untuk memulai bisnis kafe anda dengan modal yang relatif sedikit.

Apabila bisnis anda telah berjalan dengan mulus, anda perlu juga mulai membuat laporan keuangan. Adanya laporan keuangan memudahkan anda melihat arus keuangan, yang mana dapat memudahkan anda pula untuk membuat keputusan bisnis.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!