Membeli Rumah Bekas Sebenarnya Lebih Menguntungkan Dengan 5 Alasan Ini

Keuntungan membeli rumah second bekas dengan KPR atau cash

Menyimak tips membeli rumah bekas di perumahan dengan KPR maupun cash sebenarnya memiliki lebih banyak keuntungan dibandingkan dengan rumah baru.

Tak bisa dipungkiri kalau rumah baru dengan lokasi di pusat kota memiliki harga yang sangat fantastis. Bahkan dengan memakai kredit KPR pun seseorang masih belum mampu untuk memiliki rumah tersebut.

Namun meskipun demikian anda tak perlu khawatir, karena anda masih punya harapan untuk memiliki rumah sendiri walaupun kondisinya tidak baru paling tidak masih layak untuk anda tempati. Dengan membeli rumah bekas yang masih dalam kondisi bagus bisa anda jadikan untuk alternative solusinya.

Salah satu penyebab dari harga rumah yang semakin mahal di pusat kota adalah karena semakin sempitnya lahan di daerah perkotaan, sehingga membuat harganya dari tahun ke tahun semakin meningkat.

Hal ini tentunya tidak selaras dengan adanya permintaan manusia terhadap sebuah hunian semakin tinggi, alhasil masyarakat yang mempunyai keadaan ekonomi yang pas-pasan semakin disulitkan untuk memilikinya.

5 Keuntungan membeli rumah second (bekas) secara KPR maupun cash

Jika anda salah satu orang yang sedang berencana untuk memiliki tempat tinggal sendiri maka tidak ada salahnya jika anda mempertimbangkan untuk membeli rumah bekas.

Ada banyak keuntungan yang bisa anda peroleh ketika membeli rumah bekas. Salah satunya yakni harganya yang lebih murah.

#1 Mendapatkan unit rumah yang siap huni

Ketika membeli rumah bekas anda tidak perlu khawatir menunggu lama untuk bisa menempatinya, karena biasanya pemiliknya sudah siap untuk melepas rumahnya ketika pembayaran telah selesai dengan disertai serah terima berkas-berkasnya.

Tentunya keadaan ini akan sangat berbeda ketika anda membeli rumah baru yang biasanya pengembang akan menerapkan system indent dan clustering yang pembuatan rumah hanya akan dimulai ketika sudah mencapai nilai ekonomis. Tentunya hal ini akan membuat anda semakin menunggu lama untuk bisa menempatinya.

#2 Nominal harga yang lebih fleksibel

Salah satu keuntungan ketika membeli rumah bekas adalah harganya yang relative lebih murah dan bahkan masih bisa dinego.

Penetapan harga rumah tersebut pastinya disesuaikan dengan pasaran dan lingkungan tempat rumah tersebut berada. Sehingga bisa anda sesuaikan dengan keuangan anda saat itu. Pastinya hal-hal tersebut akan semakin sulit anda dapatkan ketika membeli rumah baru dari pengembang.

Selain harganya yang jauh lebih tinggi waktu tunggu anda untuk bisa menempatinya pun akan semakin lama. Untuk itu membeli rumah bekas memanglah solusi yang tepat bagi anda yang sedang menginginkan hunian pribadi.

#3 Nilai pajak bangunan lebih murah

Selain beberapa hal di atas yang perlu anda pertimbangkan ada faktor lain yang juga perlu anda pikirkan sebelum membeli rumah yakni nilai pajak.

Perlu anda tahu bahwa nilai pajak bangunan untuk rumah bekas lebih murah jika dibandingkan dengan rumah baru.

Tentu penyebabnya karena bangunan telah mengalami depresiasi, sehingga nilai bangunan mengalami penurunan. Dengan adanya depresiasi tersebut tentunya nilai objek pajak bangunan tersebut jauh lebih murah.

Baca juga ulasan terkait mengenai cara menghitung pajak bumi dan bangunan serta artikel menarik lainnya tentang cara dan proses membeli rumah seken dengan KPR.

#4 Fasilitas dan lingkungan yang sudah jelas

Ketika membeli sebuah rumah tentunya ada banyak hal yang anda pertimbangkan, selain dari bentuk fisiknya tentunya anda juga memikirkan kondisi dari lingkungan sekitar rumah seperti apa.

Beberapa rumah baru biasanya mengalami sedikit permasalahan dari segi pengelolaan kegiatan sosial, tentunya hal ini disebabkan karena adanya pembatasan kegiatan dari pihak pengembang.

Namun berbeda halnya jika anda membeli rumah bekas yang kondisi lingkungannya lebih baik sehingga anda akan merasa lebih nyaman ketika menempatinya.

Anda tidak perlu khawatir tentang keamanan lingkungannya karena sudah barang tentu system keamanannya sudah terjamin.

#5 Lebih mudah di setujui untuk pinjaman KPR

Dalam membeli rumah bekas tak banyak biaya yang harus anda keluarkan, bahkan ketika anda akan mengajukan KPR pun tentunya anda akan lebih diprioritaskan mengingat harga rumah, kepemilikan dan bentuk fisik yang sudah pasti.

Pada umumnya pihak bank akan mempertimbangkan ketiga faktor tersebut dalam memberikan KPR kepada para pemohonnya.

Perlu anda ketahui bahwa fasilitas kredit untuk rumah baru hanya akan diberikan kepada perumahan dari pengembang yang sudah bekerjasama dengan bank tertentu.

Tentunya hal ini akan memberikan kesulitan bagi anda jika rumah yang anda incar ternyata memiliki masalah yang berbeda. Alternative lain untuk bisa mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan kredit tanpa agunan. Fasilitas ini memberikan banyak manfaat bagi anda yang ingin membeli rumah.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!