Advertisement

Berkas Kelengkapan dan Syarat Yang Paling Umum Untuk Melamar Kerja

Berkas yang harus di siapkan untuk melamar kerja

Mendapatkan pekerjaan di perusahaan yang di idam-idamkan adalah suatu hal yang sangat membanggakan bagi sebagian orang. Setelah lulus sekolah dari SLTA hingga Pendidikan pasca sarjana pasti tidak terlepas dari mencari kerja. Banyak lowongan kerja yang dibuka hingga dibantu dengan job fair yang digelar di universitas sampai di sebuah gedung serbaguna.

Calon pendaftar yang saling bersaing mendapatkan pekerjaan tidaklah sedikit. Ketika melamar pekerjaan selain penampilan menarik dan kemampuan tertentu juga dibutuhkan berkas lamaran kerja yang baik dan benar sebagai syarat dalam mendaftar di instansi yang kita tuju.

Sehingga diperlukan kesiapan untuk melengkapi berkas persyaratan dari masing-masing perusahaan. Berikut akan dijabarkan item standar apa saja yang harus dipersiapkan dan dimiliki oleh calon pelamar kerja.

Surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup (curriculum vitae)

Surat lamaran kerja merupakan pembukaan dalam sebuah berkas lamaran kerja. Pembuatan surat ini harus dengan format penulisan yang benar dan formal. Banyak contoh surat lamaran kerja yang bisa anda buka di web untuk memandu dalam pembuatannya.

Curiculum Vitae atau riwayat hidup sebaikanya diisi dengan deskripsi diri secara lengkap meliputi biodata, kemampuan, organisasi, pengalaman sebelumnya, seminar dan kegiatan yang pernah di ikuti serta prestasi yang pernah dicapai.

Foto copy ijazah / sertifikat yang dilegalisir

Ijazah dan tanskrip nilai terakhir yang sudah difotokopi perlu diberikan legalisir. Ini merupakan penunjang berkas lamaran kerja wajib dilampirkan oleh pelamar kerja. Jika memiliki sertifikat kompetensi juga perlu diberikan legalisir dari pihak terkait.

Fotokopy KTP

Identitas yang dilampirkan adalah KTP dan perlu diperhatikan masa berlakunya. Apabila masa sudah berakhir, sebaiknya meminta surat keterangan dari pihak kelurahan setempat untuk digunakan sebagai lampiran sementara saat melamar kerja. KTP maupun surat keterangan sementara sebaiknya dilampirkan secukupnya.

Pasfoto

Kriteria warna background yang dipilih verwarna biru atau merah disesuaikan dengan kebijakan masing-masing instansi.

Untuk pakaian yang harus dikenakan kaum laki-laki adalah baju berkerah dengan dilengkapi dasi serta setelan jas hitam. Sedangkan untuk kaum perempuan rambut harus terlihat rapih dengan kostum berkerah setelan blazer. Besar ukuran yang harus disiapkan adalah 2×3, 3×4 dan 4×6.

Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

Nama lain dari SKCK adalah surat berkelakuan baik yang dikeluarkan dari Pihak Kepolisian. Saat melamar kerja surat ini difotokopi terlebih dahulu dan meminta legalisir. Masa berlaku cukup singkat hanya selama 6 (enam) bulan saja.

Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Dokter

Beberapa instansi membutuhkan surat keterangan ini karena dengan alasan pekerjaan tertentu. Tetapi alangkah baiknya ketika anda sudah mempersiapkannya. Berkas ini cukup mudah diperoleh hanya datang ke dokter terdekat untuk melakukan pemeriksaan kemudian apabila anda dinyatakan sehat dokter akan memberikan surat keterangan berbadan sehat tersebut.

Kartu Kuning (AK-1) Kemenakertrans

Kartu kuning (AK-1) dikeluarkan oleh Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi dan wajib dimiliki bagi pelamar kerja yang akan mendaftar terutama di instansi pemerintahan.

Fungsi kartu AK-1 sebagai monitor data kuantitas tenaga kerja di Indonesia. Apabila pemilik kartu belum mendapatkan pekerjaan, maka tiap 6 bulan sekali harus melapor dan akan diberikan informasi mengenai lembaga yang membuka lowongan pekerjaan. Jangka waktu kartu ini cukup lama yaitu 2(dua) tahun.

Simak juga ulasan terkait mengenai strategi agar lolos wawancara kerja serta artikel menarik lainnya tentang beberapa pertanyaan yang sering menjebak di saat proses interview.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!