Lulusan SMA Ingin Kerja Apa? Berikut Ini 9 Pekerjaan Yang Bisa Menjadi Referensi

Peluang kerja lulusan SMA

Apakah anda baru saja lulus dari SMA (Sekolah Menengah Atas)? Jika iya, maka selamat, kini anda telah menuntaskan wajib belajar 12 Tahun.

Tentu hal ini menjadi hal yang melegakan, bukan? Tetapi, sekarang yang menjadi permasalahan bukanlah lagi soal tryout dan ujian nasional melainkan kehidupan setelah lulus SMA.

Apakah anda berniat melanjutkan ke perguruan tinggi? Ataukah anda ingin menunda terlebih dahulu untuk melangkah ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi? Ataukah anda memang tidak berminat untuk mengeyam bangku kuliah?

Apapun alasan anda hingga menemukan artikel ini, yang jelas anda sedang bertanya-tanya kira-kira apakah bisa seorang lulusan SMA mendapatkan pekerjaan. Jika iya, maka anda berada pada artikel yang tepat.

Sebenarnya Indonesia kaya akan lapangan pekerjaan. Itu semua tergantung mau tidaknya kita untuk meraih serta menjemput lapangan pekerjaan itu.

Mungkin dengan bermodalkan ijazah SMA anda menjadi ragu, mungkinkah mendapat pekerjaan? Belum lagi banyak sekali berita yang memberitakan bahwa kenyataan dilapangan banyak sekali sarjana yang menganggur.

Hal ini membuat anda semakin was-was. Padahal, peluang karir untuk lulusan SMA tergolong banyak, bahkan beberapa diantaranya merupakan pekerjaan dengan gaji tinggi dan juga bergengsi.

Ketimbang anda semakin kalut untuk memikirkan pekerjaan apa yang bisa anda dapatkan dengan bermodalkan ijazah SMA, mari simak artikel dibawah ini. Pekerjaan-pekerjaan yang dapat dilamar bermodalkan ijazah SMA adalah sebagai berikut:

#1 Penulis

Usaha dan bisnis sampingan untuk pelajar

Jaman sekarang ini, peluang karir seorang penulis amat terbuka lebar. Bagi anda yang menyukai kegiatan menulis, karir menjadi seorang penulis menjadi pilihan yang tepat.

Selain itu, biasanya seorang penulis tidak dilihat latar belakang pendidikannya tetapi dilihat dari tulisannya. Dengan kata lain, anda yang berijazah SMA pun bisa menjadi penulis.

Dalam hal ini anda dapat menjadi seorang penulis lepas, konten writer web pribadi, wartawan, dan lain sebagainya.

Tentu hal menulis bukan hal yang terlalu susah,bukan? Mengingat bahwa dalam 12 tahun disekolahpun kita juga diajarkan menulis. Yang perlu anda lakukan untuk meningkatkan kualitas tulisan anda ialah dengan memperbanyak wawasan serta menggunakan kekreativitasan anda.

#2 Polisi

Pekerjaan selanjutnya yang bisa anda raih ketika lulus SMA adalah menjadi polisi. Tentu saja anda perlu terlebih dahulu mengikuti pendidikan polisi.

Selain termasuk abdi negara, kamu juga tidak perlu khawatir biaya karena pendidikan polisi dan dinas lainnya umumnya gratis. Selepas masa pendidikan, kamu akan langsung berprofesi sebagai polisi dan tentunya akan digaji. Menarik bukan?

#3 Tutor Les Bimbingan Belajar/ Guru Les Private

Usaha Bisnis Sampingan Ibu Rumah Tangga

Menjadi seorang tutor atau tentor pada bimbingan belajar tidak memerlukan persyaratan pendidikan seketat pendidikan formal, maka hal ini anda juga berpeluang untuk berkarir didalamnya.

Apabila anda suka anak kecil, tentu hal ini menjadi poin plus bagi anda. Anda dapat mulai mengajar siswa dari rentang sekolah dasar hingga menengah pertama. Atau, bila anda tidak ingin berada pada bimbingan belajar, anda dapat melakukannya secara privat dan atas nama pribadi.

#4 Menjadi Staf untuk Menginput Data

 

Menjadi staf penginput data berhubungan erat dengan teknologi dan juga komputer. Apabila anda adalah orang yang suka berlama-lama menatap komputer, maka pekerjaan yang satu ini dapat menjadi pilihan yang tepat bagi anda. Disini, anda akan diuji tingkat ketelitian anda utamanya dalam hal menginput data pada sistem.

#5 Operator produksi

Potongan Gaji dan biaya TKI TKW Taiwan

Karir selanjutnya yang dapat anda rintis sejak lulus SMA yakni sebagai operator produksi. Operator produksi sangat dibutuhkan oleh pabrik-pabrik.

Banyak sekali pilihan pabrik yang bisa anda pilih seperti pabrik semen, pupuk, kayu, farmasi, otomotif, dan lain sebagainya. Menjadi seorang operator produksi sangat bisa untuk segala lulusan dengan minimal ijazah SMA. Apakah anda tertarik untuk melamar pekerjaan menjadi operator produksi?

#6 Customer Service

Apabila anda adalah orang yang gemar bersosialisasi, pandai berbicara dimuka umum, mungkin pekerjaan yang satu ini akan cocok untuk anda.

Banyak perusahaan yang menerima pekerja CS dengan syarat ijazah minimal SMA. Tentu, hal ini bukan satu satunya syarat yang harus anda penuhi ketika melamar pekerjaan menjadi seorang customer service.

Umumnya, syarat untuk menjadi seorang CS adalah berpenampilan menarik, pandai bersosialisasi, pandai berkomunikasi, dan lain sebagainya.

Simak juga ulasan terkait mengenai strategi melobi orang dan negosiasi untuk melancarkan bisnis serta info menarik lainnya tentang strategi melamar pekerjaan supaya mudah diterima.

#7 Anak Buah Kapal

Bekerja sambil mengelilingi samudra dan laut? Anak buah kapal bisa menjadi pekerjaan impian anda yang baru saja lulus ataupun yang berijazahkan SMA. Anda disini dipekerjakan untuk membantu pengoperasionalan kapal agar kapal sampai ketujuan. Seru, bukan?

#8 Menjadi pramuniaga

Menjadi seorang pramuniaga juga bisa menjadi pilihan yang tepat bagi anda. Pramuniaga dalam hal ini juga mencakup menjadi kasir maupun waiterss.

Sekarang ini banyak toko retail modern yang membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya dengan gaji yang juga mumpuni.

Tidak hanya itu, restaurant dan cafe yang belakangan menjamur juga turut andil memberi lapangan pekerjaan untuk prospek kerja menjadi pramuniaga. Bahkan, untuk perusahaan kuliner yang sifatnya multinasional menawarkan karier berjenjang.

#9 Berbisnis sendiri

Selanjutnya anda juga dapat merintis bisnis sendiri. Ini mungkin menjadi menyenangkan bagi anda yang tidak suka peraturan yang ditetapkan apabila anda bekerja dengan orang lain.

Dengan berbisnis sendiri, anda akan menjadi bos dan apabila bisnis anda berkembang bahkan anda bisa menggaji orang lain! Menyenangkan, bukan?

Untuk itu, jangan lupa simak tentang peluang usaha dan bisnis UKM dengan prospek cerah serta info lainnya mengenai 9 contoh usaha modal kecil yang menjanjikan.

Itulah beberapa pekerjaan yang dapat anda lamar meskipun anda hanya berijazah SMA. Sejatinya lapangan pekerjaan itu amatlah banyak, semua itu tergantung dengan keteguhan dan ketekunan kita dalam menjemput pekerjaan tersebut. Semoga artikel ini bermanafaat!

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!