Beberapa Kebiasaan Buruk Yang Memicu Seseorang Sulit Berkembang

Penyebab seseorang sulit berkembang dan tidak sukses

Setiap orang yang mau dan mampu untuk mengatasi segala macam problema dihidupnya bisa dipastikan ia adalah orang yang optimis dimana ia selalu berfikiran yang positif dan bisa mengembangkan setiap potensi yang ia miliki.

Siapapun seharusnya mampu mengendalikan diri sendiri, dengan demikian setiap aspek pribadinya dapat menyesuaikan tempat dan porsinya.

Apabila orang telah memiliki kontrol terhadap dirinya, maka ia akan semakin mudah untuk mencapai sesuatu dalam hal ini termasuk mencapai tujuan-tujuan yang ada dihidupnya.

Bagaimana caranya menjadi orang yang berfikiran dan bersikap positif? tentunya dengan cara membuang dan menyingkirkan aspek negatif pada dirinya. Tetapi faktanya, menyingkirkan hal negatif bukanlah sepenuhnya mudah untuk dilakukan.

Hal ini akan semakin diperparah apabila ternyata selama ini anda tidak mengerti aspek apa yang sebenarnya negatif pada diri anda?

Bisa saja beberapa tindakan dan pengambilan keputusan yang selama ini anda buat menjadi penyebab anda menjadi orang yang negatif. Tanpa disadari pula, sisi negatif tersebut tidak hanya merugikan anda tetapi bahkan juga dapat merugikan orang yang ada disekitar.

Aspek aspek yang dapat mempengaruhi seseorang sehingga kesulitan untuk lebih maju dan berkembang

Identifikasilah sisi negatif yang kemungkinan masih terdapat pada diri anda. Ada beberapa ciri ciri negatif seperti yang disebutkan dibawah ini, bisa saja anda memiliki salah satunya.

#1 Takut keluar dari comfort zone (zona nyaman)

Sesuai namanya, anda akan merasa aman dan nyaman serta tenang dalam menjalankan hidup anda. Mungkin nampaknya ini baik, tapi sebetulnya juga tidak.

Hal ini sering menjadi perangkap tersendiri bagi seseorang, karena bisa menyebabkan keengganan untuk keluar dari zona nyaman.

Padahal ini amat diperlukan terutama apabila anda kemudian ditempatkan pada tempat yang asing dan baru.

Dengan sikap dan sifat yang tidak mau serta takut keluar dari zona nyaman, anda tidak akan berkembang dan jadilah anda termasuk orang-orang yang negatif.

#2 Senantiasa merasa khawatir terhadap banyak hal (overthinking)

Mungkin sikap antisipasi terhadap kemungkinan terburuk yang akan terjadi adalah hal yang perlu dilakukan. Tapi apabila hal tersebut dilakukan secara berlebihan, maka akan menganggu jalannya hidup anda sehingga arus kehidupan anda tidaklah lancar.

Apabila ini terjadi, anda hanya akan banyak menghabiskan waktu untuk memikirkan dan mengkhawatirkan segala sesuatu yang sebenarnya tidak perlu.

Terkadang malah anda banyak mengkhawatirkan sesuatu tanpa sebab dan alasan yang jelas.

Nampaknya, akibat dari overthinking ini tidaklah berdampak pada kehidupan nyata selain keruwetan pada pikiran anda. Otomatis anda pun hanya akan diliputi gelisah dan tanpa pergerakan yang nyata.

#3 Takut mengambil resiko

Alur kehidupan akan selalu membawa anda terhadap suatu kondisi baik yang telah di antisipasi sebelumnya ataukah tidak.

Kondisi kondisi tersebut mewajibkan kita untuk mengambil keputusan yang tepat. Dan perlu di ingat bahwa setiap keputusan pasti menimbulkan resiko.

Ada keputusan yang beresiko tetapi juga bila berhasil hasilnya akan baik. Maka dari itu diperlukan keberanian mengambil resiko tentu saja dengan pertimbangan yang matang.

Memiliki sikap takut mengambil resiko akan membuat anda kehilangan berbagai kesempatan yang bisa anda dapatkan ketika anda lebih berani.

#4 Banyak mengeluh ketimbang bersyukur

Apakah anda telah bersyukur hari ini? Apakah anda lebih banyak mengeluhkan apa yang anda terima dari pada mensyukurinya?

Apabila keluhan anda lebih banyak ketimbang rasa syukur anda, bisa dipastikan bahwa anda adalah orang yang negatif.

Disisi lain, keluhan adalah indikasi bahwa anda merasa tidak puas akan apa yang telah anda capai. Hal ini seharusnya mendorong anda untuk lebih giat lagi untuk mencapai cita-cita anda.

Tetapi apabila anda hanya mengeluh setiap hari tanpa mau berusaha, maka itu tidak akan merubah apapun.

#5 Suka memberi kritik orang lain

Orang-orang negatif seringkali mendapat kesenangan tersendiri ketika mengkritik orang lain, meskipun dengan alasan yang tidak jelas dan tidak membantu bagi yang dikritiknya.

Ingatlah bahwa apabila kritik yang dilontarkan kepada orang tersebut tidak membawa dampak baik bagi yang dikritik, maka kritik tersebut adalah hal yang sia-sia.

Anda harus mengerti kritik apa yang perlu disampaikan dan belajarlah cara menyampaikannya. Apabila kritik tersebut tidak mendatangkan manfaat, sebaiknya jangan dikatakan.

#6 Sulit move on dari masa lalu

Orang yang sulit move on ialah orang yang memilih hidup di masalalu dan tidak bisa menerima kenyataan bahwa waktu lampau telah tertinggal sangat jauh dan ia tetap meratapinya.

Ini merupakan sebuah kesalahan, bagaimana orang bisa menikmati apa yang terjadi hari ini apabila ia terus menerus membawa dirinya hidup di masa lalu.

Jadi anda perlu hidup untuk hari ini untuk menjalani serta menikmati hari-hari yang sedang berjalan dan mulai move on. Biarkanlah yang lalu menjadi cerita untung dikenang, bukan untuk diratapi.

#7 Kebiasaan Berprasangka yang buruk

Apabila anda terus menerus melihat segala sesuatu itu buruknya saja, anda tidak akan pernah bahagia tentunya.

Anda tidak seharusnya berlebihan dalam memberi nilai atau melihat sesuatu, sehingga yang terlihat di mata anda adalah sisi buruknya.

Di sisi lain memiliki suatu prasangka buruk memanglah diperlukan, tetapi harus pada porsi yang pas dan juga di kondisi yang tepat.

#8 Tidak dapat menikmati hidup

Bagi orang-orang negatif, sulit rasanya untuk sekedar menikmati hidup. Berbagai masalah akan selalu hadir pada pikiran anda, bahkan untuk hal yang sekiranya sangat tidak perlu untuk difikirkan.

Apa yang anda fikirkan dan sikap yang anda lakukan akan membawa dampak pada keresahan hidup dan itu nyata, hidup akan terasa susah dinikmati. Padahal pada dasarnya hidup itu mudah untuk dinikmati.

#9 Mudah menyerah dan pesimis

Pada dasarnya tidak ada hidup yang mudah untuk siapapun, maka dari itu anda harus senantiasa memperjuangkan hidup anda.

Tetapi bagi seseorang negatif yang mudah menyerah dan pesimis pada keadaan akan kesulitan untuk hal ini. Bagi orang-orang pesimis dan mudah menyerah, proses perjuangan bukanlah suatu kebahagiaan. Hal ini sangat berbanding terbalik dengan orang yang optimis.

#10 Tidak dapat menaruh kepercayaan pada orang lain

Ada orang yang sangat sulit untuk percaya kepada orang lain, kepada temannya sekalipun. Apabila sudah memiliki sikap yang sulit untuk mempercayai orang lain seperti ini, yang terjadi ialah kesusahan mencapai kesuksesan.

Seringkali dalam meraih kesuksesan kita perlu bekerjasama atau menjalin kemitraan dengan orang lain, tetapi dengan sulitnya menaruh kepercayaan maka hal ini akan sangat sulit terjadi.

Simak juga ulasan terkait mengenai cara belajar berpikir positif dan kreatif untuk mencapai sukses serta artikel menarik lainnya tentang cara meraih sukses tidak harus dengan kuliah.

Kini anda sudah mengetahui bahwa dengan menjadi orang yang negatif jelas akan kesulitan untuk merasakan kebahagiaan dan sulit pula dalam mencapai kesuksesan. Identifikasilah sisi-sisi negatif yang anda miliki dan segera buang jauh jauh sikap dan sifat tersebut. Semoga sukses, ya!!

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!