Advertisement

Keunggulan Pinjaman Kredit Pegadaian Dibanding Lembaga Keuangan Lainnya

Kelebihan mengajukan kredit pinjaman di pegadaian

Tidak sedikit orang pernah mengalami situasi keuangan yang buruk dan sulit hingga membuat mereka kebingungan dalam mencari pinjaman hingga beberapa orang memutuskan untuk melakukan pinjaman ke bank demi menutup kekurangannya.

Namun tidak jarang mereka mengalami kesulitan untuk mendapatkan dana pinjaman tersebut dari bank karena beberapa persyaratan dan kendala lainnya yang cukup sulit untuk dipenuhi. Jika hal ini terjadi maka anda tidak perlu khawatir karena masih ada kredit di pegadaian yang bisa anda coba.

Umumnya mereka yang mendengan kata pegadaian pastinya hal yang selalu terbayang adalah menggadaikan harta benda untuk mendapatkan dana.

Namun jika anda tahu lebih luas maka jenis produk di pegadaian sebenarnya sangatlah beragam. Tidak hanya melayani pegadaian saja akan tetapi mereka juga melayani kredi lain dan investasi.

Investasi  yang seringkali dilakukan di tempat pegadaian adalah investasi emas batangan dan mengenai produk kredit sebenarnya prosesnya kurang lebih sama dengan yang ada di bank.

Kelebihan melakukan pinjaman kredit di pegadaian

Perlu anda tahu bahwa pegadaian itu merupakan lembaga pembiyaan resmi yang didirikan dan dikelola oleh pemerintah oleh sebab itu tidak heran jika jumlahnya cukup banyak dan tersebar di seluruh Indonesia.

Selain prosesnya yang tidak terlalu rumit kredit di pegadaian juga memiliki beberapa keunggulan lain yakni:

#1 Persyaratan kredit yang terbilang ringan

Pastinya ketika anda melakukan pengajuan kredit di bank proses pencairan dananya membutuhkan waktu yang relative lama.

Selama dana yang anda butuhkan belum cair berarti pihak bank masih melakukan verifikasi data yang anda ajukan.

Namun jika anda mengajukan kredit di pegadaian selain cukup singkat prosesnya, persyaratan yang harus dilengkapi juga tidak terlalu banyak.

Simak juga ulasan terkait mengenai prosedur dan syarat gadai emas dipegadaian serta artikel menarik lainnya tentang cara gadai laptop di pegadaian agar dapat pinjaman dana.

#2 Tidak perlu memiliki rekening, giro, dan lain-lain

Umumnya sebuah bank sebelum menerima aplikasi kredit dari para debitur mereka lebih dulu mensyaratkan calon debitur untuk memiliki rekening di bank tersebut.

Jikapun anda belum memiliki rekening di bank yang dimaksud maka anda diharuskan untuk membuka rekening tabungan terlebih dahulu.

Namun beda halnya dengan system kredit yang diberlakukan oleh pegadaian di mana aplikasi permohonan bisa langsung diproses. Jadi ketika anda memutuskan untuk datang ke sana maka masalah keuangan anda bisa langsung teratasi tanpa harus direpotkan dengan prosedur yang rumit.

#3 Tidak ada biaya administrasi

Pada umumnya kredit di sebuah bank masih mengharuskan para debitur untuk membuka rekening, giro, tabungan dan lain sebagainya sehingga inilah yang akhirnya menimbulkan pengeluaran dana karena adanya biaya administrasi.

Biaya administrasi atau biaya lainnya tidak akan pernah dibebankan kepada debitur yang mengajukan kredit di pegadaian.

Tidak ada pungutan biaya dalam bentuk apapun di kantor pegadaian. Justru malah anda akan menerima uang dari kantor pegadaian. Dalam penerimaan uang ini tentunya akan disesuaikan dengan perjanjian antara kedua belah pihak yang tentunya dipahami dengan baik oleh semua pihak yang terkait.

#4 Besarnya angsuran disesuaikan dengan kemampuan

Umumnya cicilan yang harus dilakukan oleh debitur untuk setiap bulannya memiliki jumlah yang tetap jika mereka mengambil kredit di bank.

Namun beda halnya dengan yang ada di pegadaian di mana jumlah angsurannya tidak tetap. Jadi pembayaran angsuran yang dilakukan oleh pihak debitur setiap bulannya disesuaikan dengan kemampuan.

Hal ini tentunya sangat memudahkan para debitur sehingga cicilan yang harus ditanggung tidak terlalu mempengaruhi mereka dalam memenuhi kebutuhannya.

#5 Penetapan sistem bunga menurun

Yang paling sering berlaku dalam memberikan kredit kepada debitur maka pihak bank menerapkan suku bunga yang tetap untuk setiap tahunnya.

Maksudnya dalam hal ini adalah jumlah pinjaman berapapun maka nilai bunga akan sebanding menyesuaikan dengan besarnya nilai pinjaman.

Sehingga semakin besar pinjaman yang diajukan maka bunga yang akan ditanggung pun juga akan semakin tinggi.

Hal ini tentunya berbeda dengan yang berlaku di pegadaian di mana umumnya pihak pegadaian memberlakukan bunga menurun. Artinya perhitungan bunga disesuaikan dengan sisa pinjaman, jika sisanya sedikit maka bunga yang dikenakan pun juga turut mengecil.

#6 Bisa memperpanjang masa pengembalian pinjaman

Pegadaian merupakan tempat yang cocok dan bersahabat bagi para calon debitur. Jika anda mengalami keterlambatan dalam membayar angsuran maka masa pelunasan pun juga turut mundur.

Walaupun keterlambatan ini tetap akan diberikan bunga sebagai dendanya. Meskipun demikian anda tetap harus berupaya untuk membayar angsuran dengan tertib supaya tidak berdampak terhadap beban angsuran di bulan berikutnya.

Kesulitan ekonomi bisa terjadi kapan saja walaupun sebenarnya mereka adalah orang yang kaya.

Kebutuhan uang dalam jumlah yang cukup ini beberapa orang masih merasa sulit untuk memenuhinya karena minimnya penghasilan perbulan.

Oleh sebab itu mereka membutuhkan jalan keluar yang lebih bijak untuk mengatasi hal tersebut. Dengan memilih mengajukan kredit di pegadaian merupakan pilihan yang tepat karena bisa mendapatkan pinjaman dengan proses mudah dan cepat cair.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!