Advertisement

Prosedur Syarat dan Cara Gadai Emas di Pegadaian Untuk Mendapatkan Pinjaman Uang

Syarat prosedur dan cara gadai emas solusi pinjaman uang cepat

Ingin mendapat pinjaman uang dengan cara gadai emas di pegadaian perhatikan prosedur syarat serta berbagai ketentuan mengenai hak dan kewajiban yang harus anda pahami.

Saat ini tindakan menggadaikan emas merupakan salah satu cara yang efektif untuk bisa mendapatkan dana segar demi mengatasi masalah finansial anda.

Emas tidak hanya bisa anda gunakan sebagai instrument investasi yang sangat menguntungkan saja melainkan juga bisa anda gunakan untuk modal bisnis. Oleh sebab itu peminat emas dari hari ke hari semakin banyak. Karena nilainya yang terbilang stabil walaupun saat terjadi inflasi sekalipun.

Pegadaian adalah solusi mendapatkan pinjaman uang dengan proses cepat

Anda bisa mendapatkan dana dengan cepat juga bisa anda gunakan untuk keperluan apa saja. Beda lagi dengan pinjaman yang ada di bank, selain prosesnya yang cukup panjang jumlahnya pun terbatas dan bunga yang diberikan pun juga cukup tinggi.

Apa saja yang mesti anda perhatikan ketika akan menggadaikan barang di pegadaian, berikut ulasan selengkapnya:

  1. Siapkanlah identitas diri sepert KTP beserta dengan barang yang akan anda gadaikan beserta dengan surat suratnya untuk dibawa ke pegadaian. Setiap kantor pegadaian dan bank pasti akan meminta identitas diri anda beserta dengan emas lengkap dengan surat suratnya.
  2. Pahamilah bahwa emas anda akan melalui proses penaksiran dan dana yang bisa anda dapatkan pun berkisar 85% dari nilai taksiran tersebut.
  3. Ketahuilah besarnya biaya titipan gadai atau sewa modal beserta dengan bunganya. Umumnya besarnya bunga di tempat pegadaian akan dihitung per 15 hari dan dikenakan 1,15% dab per 30 hari dikenakan bunga sebesar 2,3%. Jadi semakin lama jangka waktu gadai yang anda pilih maka semakin besar pula bunga yang akan anda peroleh.
  4. Catatlah jangka waktu peminjam ini di pegadaian yang biasanya berlaku selama 4 bulan. Selama jangka waktu tersebut jika anda rasa sudah memiliki uang maka setorkanlah uang tersebut di kantor pegadaian. Hal ini tentunya bisa mengurangi jumlah hutang dan bunganya di akhir periode jatuh tempo.
  5. Pahamilah besarnya biaya pelunasan gadai emas. Ketika anda memutuskan untuk menggadaikan emas maka anda memilki kewajiban untuk melunasi hutang tersebut kepada kantor pegadaian pada akhir periode jatun tempo sesuai dengan perjanjian. Jadi ketika akhir periode anda harus membayar hutang tersebut beserta dengan bunganya dan tentunya biaya administrasi yang sudah dikenakan sesuai dengan sewa modal.
  6. Ketahuilah dan selalu ingatlah waktu jatuh tempo. Jika pada saat jatuh tempo anda belum bisa melunasi hutangnya maka anda bisa memperpanjang waktu tersebut.
  7. Ketauilah masa tenggang. Jika anda tidak melakukan perpanjangan gadai emas kepada pihak pegadaian maka emas anda akan dilelang. Sehingga untuk mengantisipasi hal ini maka jangan sampai anda melewatkan tanggal jatuh tempo tersebut supaya anda tetap bisa menjadi milik anda.

Sebenarnya ketika anda memutuskan untuk menggadaikan emas di tempat pegadaian pastinya telah melakukan berbagai pertimbangan.

Anda pasti akan mempertimbangkan apakah perusahaan pegadaian tersebut sudah terpercaya dan berkompeten atau belum. Selain itu proses gadai barang di pegadaian pun terbilang cukup cepat sehingga dana yang anda butuhkan pun akan segera tersedia.

Simak juga ulasan terkat mengenai cara gadai laptop di pegadaian untuk mendapat pinjaman uang serta artikel menarik lainnya tentang investasi emas di pegadaian mulai Rp 5 ribu saja.

Tips menggadaikan emas agar aman dan hasilnya lebih menguntungkan

Emas adalah barang yang cukup mudah untuk digadaikan. Nah, untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal maka pahamilah beberapa ketentuan dalam proses gadai emas berikut ini:

#1 Pahami segala syarat yang dibutuhkan

Setiap kantor pegadian maupun lembaga keuangan pastinya membuthkan persyarata formal untuk menyetujui permintaan anda.

Persyaratan yang harus anda penuhi adalah Kartu Identitas (KTP), emas yang anda gadaikan beserta dengan surat surat lengkapnya.

Hal ini tentunya sebagai acuan mutlak bagi lembaga pembiayaan supaya tidak menerima barang bermasalah. Jika syarat yang dimaksud telah anda penuhi maka langkah selanjutnya anda tinggal datang langsung ke kantor cabang pegadaian yang ada di kota anda.

#2 Perhatikan mengenai biaya gadai

Pada umumnya tempat pegadaian atau lembaga pembiayaan memberlakukan sistem gadai biaya flat pada 15 hari pertama pada masa gadai.

Jadi jumlah yang harus anda bayarkan mulai dari hari pertama masa gadai hingga hari ke 15 biaya yang dikenakan akan sama.

Namun jika masa pegadaian telah melewati waktu tersebut maka biaya gadai akan bertambah. Hal inipun berlaku seterusnya, semakin lama waktu yang terlewatkan maka biayanya akan semakin mahal.

#3 Perhatikan tanggal jatuh tempo gadai

Biasanya pegadaian menerapkan system gadai selama 4 bulan. Dengan adanya waktu ini anda masih bisa melakukan perpanjangan waktu setiap 4 bulan sekali.

Hindarilah melewati masa tenggat karena biaya sewa akan melonjak. Maka solusinya anda bisa mencicil hutang anda supaya ketika sudah mencapai waktu jatuh tempo maka anda tidak akan terbebani dengan jumlah hutang anda beserta dengan bunga dan biaya administrasinya.

#4 Biaya administrasi

Dikutip dari sumber resmi PT. Pegadaian (Persero), ketika anda melakukan gadai pastinya anda akan dikenakan biaya administrasi.

Besarnya biaya ini tergantung dengan nominal uang yang anda pinjam. Biaya administrasi ini pastinya akan berlipat ketika dana yang anda pinjam semakin banyak. Berikut penjelasannya:

  1. Kisaran pinjaman Rp 100.000,00 hingga Rp 5.000.000,00 dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 15.000,00.
  2. Kisaran pinjaman Rp 5.100.000,00 hingga Rp10.000.000,00 dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 25.000.
  3. Kisaran pinjaman Rp 10.100.000,00 hingga Rp 20.000.000,00 maka Anda akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 40.000,00.

#5 Perbedaan nilai gadai dan taksiran

Seluruh tempat pegadaian yang ada di Indonesia selalu memberikan pinjaman sebesar 85% dari harga emas yang digadaikan.

Misalnya nilai taksiran harga emas anda Rp 2.500.000,00 maka jumlah maksimal pinjaman yang anda peroleh adalah sekitar RP 1.250.000,00.

Hal ini tentunya perlu anda ketahui supaya nantinya anda tidak kecewa dengan nilai yang diberikan jika harganya di bawah harga asli emas anda.

#6 Biaya titip gadai serta pelunasan

Gadai menerapkan sistem sewa titip dengan pinjaman yang diberikan kepada pihak yang memberikan pinjaman untuk menggunakan barang jaminan tersebut maka jika pihak yang berhutang tidak mampu melunasi hutangnya pada waktu jatuh tempo maka perjanjian hutang sudah berakhir.

Singkatnya sistem gadai ini merupakan sewa titip barang selama pihak yang berutang belum bisa melunasi pinjamannya. Model perkalian di dalam pegadaian menggunakan sistem kalkulasi berikut ini:

Taksiran atau biaya administrasi x 120. Angka 120 ini merupakan angka yang dipergunakan untuk taksiran yang muncul di pegadaian konvensional sedangkan angka perkalian dan perhitungan biaya titip gadai di pegadaian syaraiah adalah 79 bisa 73 dan bahkan lebih kecil lagi tergantung jumlah pinjaman yang diminta.

Ilustrasinya sebagai berikut:

Rp 2.500.000,00 : Rp 15.000,00 x 120 = Rp 20.000,00 per 15 hari

Jadi jika anda ingin menggadaikan emas demi bisa mendapatkan nilai maksimal dengan masa gadai 15 hari maka ilustrasi penghitungannya adalah:

Rp 15.000,00 (dibayarkan di awal proses gadai) + Rp 2.125.000,00 (nilai pinjam gadai maksimal) + (2 x Rp 20.000,00) = Rp 2.180.000,00

Jadi semakin lama masa gadainya maka akan semakin besar pula biaya titip gadainya. Hal ini tentunya biaya peluansan pun juga akan semakin jauh.

Pilihan anda untuk melakukan investasi emas ini bukanlah hal yang salah. Selain nilainya yang stabil emas juga bisa anda gunakan untuk mendapatkan dana darurat dengan cepat. Saat ini perusahaan pegadaian merupakan salah satu lembaga pembiyaan mikro yang memiliki kredibilitas terbaik.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!