Kartu ATM Tertelan, Begini Cara Cepat Mengatasinya Agar Saldo Tetap Aman

Mengurus ATM Tertelan mesin apakah saldo aman

Saat membaca artikel ini, apakah kartu  ATM anda tertelan mesin ATM? Jangan panik, dan luangkan waktu anda beberapa menit untuk membaca artikel ini hingga selesai. Berikut akan kami jabarkan langkah-langkah yang perlu anda lakukan guna mengurus kartu ATM anda yang tertelan mesin ATM.

ATMyang merupakan singkatan dari Anjungan Tunai Mandiri telah hadir dan kehadirannya amat membantu kita para nasabah dalam akses keuangan.

Akses keuangan seperti tarik tunai, memeriksa saldo, transfer antar bank, ataupun transaksi lain-lain dapat mudah dilakukan melalui mesin ATM. Anda tidak perlu mendatangi kantor cabang untuk mengakses uang anda.

Tetapi yang perlu anda ingat adalah, bagaimanapun juga ATM adalah sebuah mesin. Sebagaimana ia bukanlah manusia, ia bisa mengalami gangguan, rusak, ataupun eror. Juga anda pun sebagai manusia yang menggunakan mesin ATM juga dapat melakukan kesalahan seperti teledor, ceroboh, dan lain-lain.

Dengan dua kenyataan tersebut ada dan datang saat anda mempergunakan mesin ATM, yang terjadi adalah anda bisa mengalami tertelannya kartu ATM pada mesin.

Mengingat bahwa kejadian tertelannya kartu ATM dapat ditimpa oleh siapapun dan kapanpun, atau mungkin anda saat ini sedang mengalami hal tersebut hari ini, maka akan kami bahas beberapa tata cara untuk mengatasinya.

Anda tidak perlu khawatir karena proses mengatasi kartu ATM yang tertelan tidak sesusah yang ada di bayangan anda. Cara-caranya adalah:

#1 Meminta blokir terhadap rekening tabungan anda

Yang pertama kali harus anda lakukan adalah hubungi call center bank anda untuk segera memblokir rekening tabungan anda. Saat anda menghubungi pihak bank, anda akan mendapatkan beberapa pertanyaan. Pertanyaan yang diajukan antara lain:

  • Kelengkapan data ( nama, alamat, nama ibu kandung, no id ktp, dsb)
  • Nomor rekening
  • Jumlah saldo terakhir anda
  • Transaksi terakhir anda

Apabila rekening kartu ATM anda telah berhasil di blokir oleh pihak bank anda, kemudian selanjutnya adalah anda perlu mengamankan rekening anda. Setelah itu, anda dapat pergi menuju kantor cabang bank terdekat guna meminta bantuan agar kartu ATM anda yang tertelan segera ditindaklanjuti.

Baca juga tentang 12 macam rekening tabungan tanpa biaya administrasi bulanan serta ulasan terkait lainnya tentang 4 cara mudah transfer uang tanpa rekening bank.

#2 Mendatangi kantor cabang bank

Langkah yang harus anda lakukan selanjutnya adalah pergi ke kantor cabang bank anda. Yang perlu anda bawa sebelum menuju kesana adalah sebagai berikut:

  • Kartu identitas berupa KTP, SIM, atau yang lainnya
  • Buku Tabungan
  • Surat Keterangan Kehilangan dari Pihak Kepolisian (Pada beberapa bank meminta anda membawa dokumen ini) Untuk memastikan perlu atau tidaknya, anda perlu menghubungi call center sebelum menuju tempat cabang bank.

Yang perlu anda ketahui bahwa hampir seluruh bank rata-rata memiliki kebijakan yang serupa terkait pergantian kartu ATM anda yang tertelan. Juga pengurusan dapat dilakukan pada kantor cabang mana saja selama anda membawa persyaratan dokumen yang dibutuhkan, seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

#3 Menghadap CS (Customer Service)

Ketika anda telah sampai pada kantor cabang bank terkait, biasanya akan ada security yang akan mengambilkan nomor urut antri untuk anda.

Biasanya satpam akan menanyakan apa kepentingan anda sebelum mengambilkan nomor urut, anda cukup perlu mengatakan bahwa anda akan mengurus kartu ATM anda yang tertelan. Jadi, satpam akan memilihkan nomor antri yang sesuai dengan yang anda butuhkan.

Simak juga ulasan terkait mengenai solusi dan langkah cerdas ketika lupa nomer PIN ATM serta artikel menarik lainnya tentang Daftar kode bank lengkap untuk transfer antar bank beda rekening.

#4 Menyerahkan kelengkapan dokumen pada CS

Apabila anda telah sampai pada nomor urut anda, anda akan dipanggil. Kemudian, harap menceritakan perihal mengapa kartu ATM anda tertelan dan juga berikan segala kelengkapan dokumen yang diminta seperti yang telah dituliskan sebelumnya. Setelah itu, anda akan diminta mengisi formulir yang diberikan oleh Customer Service.

Setelah itu, CS akan memeriksanya. Apabila ternyata seluruh prosedur telah tercukupi, kemudian CS akan bertanya perihal jenis kartu ATM yang anda gunakan sebelumnya. Setelah selesai, anda akan mendapatkan kartu ATM baru dengan nomer rekening yang sama seperti ATM anda sebelumnya.

Pada langkah ini, kemungkinan bank mengenakan biaya administrasi maupun untuk biaya matrai, maka dari itu hendaknya anda membawa sejumlah uang untuk berjaga-jaga.

Cara Mendapatkan Surat Keterangan Kehilangan dari Pihak Kepolisian

Apabila ternyata anda harus menyerahkan Surat Keterangan kehilangan, maka anda wajib datang ke kantor polisi sebelum akhirnya ke kantor cabang. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Mendatangi kantor polisi pada wilayah kejadian ATM anda tertelan. Jadi meskipun anda tidak tinggal didaerah itu, tetapi anda kehilangan pada daerah tersebut, maka wajib hukumnya mendatangi kantor polisi wilayah tersebut.
  2. Bawalah Salinan halaman depan buku tabungan anda serta Kartu Tanda Penduduk anda (KTP)
  3. Serahkan kedua dokumen tersebut kepada pihak polisi kemudian mintalah dibuatkan surat keterangan kehilangan, guna untuk mengurusnya di kantor cabang bank anda.

Itulah cara serta tahapan yang perlu anda lakukan untuk mengurus kartu ATM anda yang hilang. Cukup mudah, kan? Maka apabila ternyata anda mengalami hal ini, jangan keburu panik dan lakukanlah langkah-langkah tersebut.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!