Jenis Jenis Strategi Promosi Dan Tarif Biaya Beriklan Di Media Televisi

Jenis promosi dan biaya tarif beriklan di media TV

Tarif biaya iklan di TV, youtube, web, sosial media instagram, facebook dan lain lain memang berbeda beda bahkan metodenya pun tidak akan sama.

Apabila anda telah melakukan launching produk anda atau anda sedang berusaha meningkatkan angka penjualan anda, salah satu strategi yang harus anda lakukan adalah promosi.

Promosi dalam KBBI ialah suatu kegiatan komunikasi yang dilakukan untuk meningkatkan volume penjualan dengan pameran, periklanan, demonstrasi, dan bentuk usaha lainnya yang bersifat persuasif.

Tanpa adanya promosi, akan kecil kemungkinan produk usaha anda akan diketahui oleh khalayak ramai atau target konsumen.

Oleh sebab itu, anda harus mempromosikan produk anda. Tapi, apa sajakah cara-cara yang dapat digunakan untuk promosi? Lalu berapa biaya atau tarif yang dihabiskan untuk itu? Apabila hal tersebut yang anda cari maka anda berada pada artikel yang tepat.

Berikut ini beberapa jenis promosi dan juga tarif yang dikenakan

#1 Periklanan

Periklanan adalah suatu bentuk promosi yang nonpersonal, dan dalam penyampaian produk di lakukan lewat berbagai macam media  yang fungsinya untuk merangsang pembelian. Ciri-ciri dari iklan adalah sebagai berikut:

  • Bentuk komunikasi yang dikenakan biaya/berbayar
  • Non-personal komunikasi (broadcast)
  • Mempergunakan media massa
  • Sifatnya adalah persuasi terhadap publik
  • Memiliki tujuan untuk mendapatkan audiens sebanyak-banyaknya

Iklan sendiri berdasarkan tujuannya terdapat tiga kategori. Kategori tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

  • Informative Advertising (Iklan Informatif)

Iklan informatif memiliki tujuan untuk menimbulkan kesadaran serta pengetahuan tentang fitur baru dari produk yang telah ada. Selain itu, iklan informatif juga memberikan informasi tentang harga dan juga kemasan dari produk yang dijual. Selain hal tersebut, juga berisi tentang cara kerja produk dan untuk melakukan koreksi produk.

  • Persuasive Advertising (Iklan Persuasif)

Ciri iklan ini ialah untuk menciptakan kesukaan dan keyakinan serta prefensi untuk konsumen agar konsumen tersebut mau untuk membeli serta memakai produk yang anda tawarkan.

Ciri lainnya adalah untuk mempengaruhi khalayak ramai untuk memilih produk tersebut. Dan yang paling utama adalah membujuk para konsumen untuk melakukan pembelian sesegera mungkin.

  • Reminder Advertisement (Iklan pengingat)

Sesuai namanya, iklan ini memiliki tujuan untuk mendorong konsumen membeli ulang barang atau jasa produk tersebut. Selain itu, iklan pengingat juga mengingatkan bahwa produk yang di iklankan tersebut akan sangat dibutuhkan pada tempo waktu dekat.

Misalnya, karena menjelang ramadhan maka sebaiknya pembeli segera membeli produk sirup untuk minuman buka puasa dan lain sebagainya.

Selain itu fungsi dari iklan pengingat adalah menjalin hubungan baik dengan para konsumennya, untuk mengingatkan eksistensi dari produk tersebut.

Berapa biaya yang dikenakan untuk memasang iklan? Untuk memasang iklan di televisi biasanya membutuhkan biaya sebanyak 5 hingga 40 juta.

Jika dikoran, biasanya berkisar antara  dari puluhan ribu untuk iklan baris dan bisa hingga jutaan rupiah . Sedangkan bila di sosial media, misalnya instagram, instagram sendiri mematok harga 1$ dolar untuk pengiklanan perhari-nya.

Untuk lebih detail tarif pemasangan iklan di Televisi Indonesia, berikut disediakan tabel tarifnya:

NoNama Stasiun TvKisaran Tarif (Tarif tergantung jam efektif penayangan TV tersebut)
1ANTV8.000.000 – 65.000.000
2Global TV20.000.000 – 65.000.000
3INDOSIAR6.000.000 – 85.000.000
4KOMPAS TV6.000.000 – 16.000.000
5METRO TV10.000.000 – 65.000.000
6MNCTV8.000.000 – 75.000.000
7NET TV8.000.000 – 25.000.000
8RCTI20.000.000 – 65.000.000
9SCTV12.000.000 – 65.000.000
10TRANS 710.000.000 – 40.000.000
11TRANS TV15.000.000 – 45.000.000
12TV ONE5.000.000 – 50.000.000

 

#2 Personal Selling (Penjualan Tatap Muka)

Jenis promosi selanjutnya adalah penjualan tatap muka. Yakni suatu promosi yang dilakukan secara personal dengan penuturan lisan dalam percakapan dengan calon pembeli yang mana bertujuan agar calon pembeli tersebut akhirnya membeli produk yang ditawarkan.

Jenis promosi ini mewajibkan orang yang promosi tersebut (biasanya disebut sales) untuk mendatangi tempat konsumen.

Untuk biaya yang dikenakan untuk jenis promosi ini cukup tinggi, tetapi tergantung dengan siasat perusahaan. Yang jelas, diperlukan uang untuk transportasi dan juga contoh produk yang diberikan (taster) kepada calon pembeli.

Simak juga ulasan terkait tentang langkah dan strategi promosi meningkatkan brand awareness serta info lainnya mengenai cara mendapatkan buyer dan pelanggan luar negeri.

#3 Publisity atau Publisitas

Melakukan publish akan produk sesederhananya adalah meletakkan sesuatu informasi yang mana dilihat oleh khalayak ramai.

Untuk promosi jenis ini memang gratis, tetapi perusahaan tetap mengeluarkan uang untuk biaya cetak atau desain poster apabila publish yang dipilih adalah menempelkan poster-poster. Publish juga bisa dalam bentuk menulis artikel yang diposting pada web.

#4 Sales Promotion

Promosi ini merupakan cara persuasif yang langsung dengan cara memberi “promo” berbentuk insentif lebih baik kepada pengecer, pembeli, ataupun distributor agar mereka akhirnya membeli atau menjualkan produk dengan lebih keras dan semangat.

Bentuk-bentuk promonya sendiri bisa berupa sampel produk gratis, potongan harga, kupon, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa jenis promosi dan juga tarif yang dikenakannya. Apakah kini anda telah menemukan jenis promosi yang akan anda gunakan? Semoga usaha anda akan semakin laris! Salam sukses.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!