Strategi Cara Menawarkan Produk Agar Calon Konsumen Tertarik Membeli

Menawarkan produk pada konsumen

Pada umumnya, masalah yang kerap dihadapi oleh orang yang sedang membangun bisnis atau sebuah produk yang baru adalah kesulitan untuk mempromosikan produknya.

Apabila masalah terkait menawarkan produk ini tidak segera diatasi, tentu saja ini dapat menjadi awal kegagalan atau colapsnya sebuah bisnis dalam rentang waktu 2 hingga tiga bulan peluncuran produk.

Mengapa demikian? karena gagalnya memperoleh angka penjualan yang tinggi, yang mana menyebabkan biaya produksi jadi tidak tertutupi atau tercover.

Untuk mengatasi masalah tersebut, tentu saja diperlukan beragam strategi penjualan yang tepat untuk dijalankan.

Salah satu strategi penjualan yang dapat dilakukan guna meningkatkan angka penjualan adalah lewat penawaran produk yang baik.

Meskipun harga serta kualitas dari produk tentunya amat berpengaruh pada daya tarik konsumen, tetapi apabila tidak disertai dengan cara penawaran produk yang tepat, maka tetap saja akan mempengaruhi pada daya beli masyarakat.

5 Tips cara ampuh menawarkan produk supaya konsumen tertarik

Jadi apakah anda ingin tahu kiat untuk menawarkan produk anda? berikut telah kami rangkumkan tips-tipsnya:

#1 Percaya diri tetap menjadi modal awal

Sebelum anda terjun untuk melakukan cara menawarkan produk yang baik, anda harus memastikan bahwa anda telah memiliki kepercayaan diri yang tinggi.

Dengan memiliki kepercayaan diri, anda dapat menawarkan produk dengan yakin serta jelas, sehingga calon pelanggan dapat memahami produk anda dengan baik serta mempercayai apa yang anda tawarkan.

Untuk membuat poin pertama ini lebih maksimal, anda sebaiknya mencoba terlebih dahulu produk yang anda tawarkan sehingga anda telah memiliki pengalaman pribadi tentang produk serta berpengetahuan yang cukup tentang hal tersebut.

Dalam poin ini anda perlu untuk belajar cara melatih mental menumbuhkan rasa percaya diri.

#2 Menunjukkan keunggulan produk yang anda tawarkan

Supaya produk anda dapat mudah diterima oleh calon pembeli, maka anda harus menuturkan apa saja kelebihan atau keunggulan produk tersebut saat anda menawarkannya.

Anda perlu menunjukkan detail kelebihan produk secara benar dan natural. Tidak perlu berlebihan dalam menjelaskan kelebihan produk karena biasanya ini malah membuat calon pembeli curiga, apalagi apabila nada bicara anda terlalu provokatif.

Apabila produk anda memiliki kekurangan, maka jangan ragu untuk mengutarakannya dan sampaikan bahwa sedikit kelemahan tersebut tidakperlu dikawatirkan mengingat keunggulan lainnya yang sangat besar.

#3 Tidak merendahakan produk lain

Saat anda menjalankan bisnis, terdapat kompetitor atau pesaing yang memiliki produk sejenis adalah wajar. Saat anda menawarkan produk yang anda jual, lebih baik anda menghindari kata-kata yang merendahkan produk lain.

Walaupun misalnya kenyataan memang berkata demikian, tetapi lebih baik anda tidak menyingung hal tersebut. Hal ini perlu anda lakukan untuk menjaga hubungan usaha anda dengan semua pihak, yaitu para pelanggan anda bahkan juga klien bisnis anda.

Selain itu, perilaku yang merendahkan produk yang lain akan membuat masyarakat menjadi ragu.

Banyak pembeli yang akhirnya menjadi tidak yakin dengan keunggulan produk tersebut yang mana dikarenakan sales produk tersebut nampak terlalu merendahkan produk pesaing sejenis, yang mana menyebabkan ia terlihat kurang objektif.

#4 Memberi kesan pertama yang bagus

Kesan pertama yang bagus di mata pelanggan saat anda menawarkan barang akan menyebabkan timbulnya respon positif untuk memiliki kepercayaan dan akhirnya membeli produk anda.

Kesan pertama yang baik juga membuat produk anda susah untuk dilupakan juga. Dengan fakta tersebut, kesan pertama dapat menjadikannya ajang pencitraan yang dinilai efektif.

Anda dapat menimbulkan kesan pertama yang bagus dengan menggunakan cara yang sedikit persuasif tapi sebaiknya hindarilah kesan memaksa. Anda perlu memberi penjelasan terkait detail produk dengan rinci dan sopan sehingga pelanggan anda merasa senang dan memahai keunggulan produk anda tanpa merasa tertekan atau terintimidasi.

#5 Memberi pelayanan terbaik

Kunci utama dalam menawarkan produk anda terletak pada pelayanan konsumen. Anda perlu memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen anda, baik apakah itu merupakan konsumen lama anda ataupun konsumen baru.

Anda perlu melayani setiap konsumen dengan baik serta sopan, juga melayaninya dengan sepenuh hati dan ketulusan.

Apabila ini anda lakukan, maka konsumen baru anda akan merasa senang dan nyaman untuk kembali lagi, dan besar kemungkinan mereka akan mengajak rekan mereka. Maka, biasakanlah memperlakukan konsumen dengan adil.

Simak juga ulasan terkait mengenai tips ampuh mendapatkan kepercayaan konsumen serta artikel menarik lainnya tentang 6 strategi jitu untuk meningkatkan omzet penjualan

Jika lima tips diatas telah anda lakukan seluruhnya dan telah mendatangkan keuntungan yang tinggi bagi anda, jangan lupa untuk mulai melakukan pengelolaan keuangan perusahaan dengan baik.

Anda perlu membiasakan diri untuk mencaat setiap arus baik pemasukan atau pengeluaran. Lakukanlah secara rutin serta analisislah catatan keuangan tersebut guna mengetahui langkah bisnis yang tepat lainnya.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!