5 Jenis Perdagangan Saham dan Mana Yang Paling Menguntungkan

Jenis dan strategi perdagangan saham untuk pemula

Membahas tentang strategi serta jenis atau macam macam perdagangana saham yang paling menguntungkan dan mudah dijalankan oleh pemula, maka pada artikel kali ini akan menerangkan tentang 5 jenis perdagangan saham yang paling populer saat ini.

Anda mungkin pernah mendengar orang menyebut istilah ‘bermain saham’. Bagaimanapun juga agaknya istilah ini tidak tepat, karena menanamkan dana anda pada saham bukanlah hal remeh dan main-main. Untuk mengolah saham diperlukan pengtahuan yang mumpuni, tidak ada istilah hoki pada dunia saham.

Apabila seseorang nekat terjun kedunia saham tanpa pengetahuan yang mencukupi, yang terjadi adalah dikemudian hari bukannya menuai untung malah anda akan mendapat kekecewaan. Bahkan tak jarang para pelaku saham yang  gagal menuduh bahwa dunia persahaman itu judi dan semacamnya.

Karena fakta tersebut seakan investasi dipasar modal memiliki konotasi negatif, ada banyak sekali orang yang menjauhi jenis investasi ini.

Banyak alasannya, ada yang berkata bahwa berinvestasi dipasar modal itu serupa dengan judi, banyak sekali berita yang mengisahkan seorang investor bunuh diri karena terkurasnya harta dipasar modal.

Tetapi disisi lain, banyak sekali contoh figur sukses yang menuai kesuksesannya pada investasi pasar modal. Warren Baffet adalah contoh nyata orang yang kaya akibat sukses pada pasar modal.

Dalam berinvestasi saham, harus memiliki pedoman sebagai parameter yang terukur jelas agar dalam mengambil keputusan sesuai dengan harapan awal. Ada beberapa parameter yang dapat dijadikan tolak ukur dalam memilih saham diperusahaan yaitu:

  • Menjanjikan keuntungan yang terus berlanjut
  • Telah teruji menghasilkan keuntungan
  • Dalam pengelolaan manajemennya dilakukan secara profesionalitas
  • Harga sahamnya dibawah harga pasar

Itulah mengapa sangat penting untuk memiliki pengetahuan dibidang terkait sebelum akhirnya memutuskan membeli saham sebagai bentuk ambil andil dalam sebuah perusahaan sebagai pemodal.

Tentu saja setiap investor memiliki tujuan mendapatkan keuntungan dimasa mendatang. Apa kelebihan lain dari berinvestasi saham? tentunya mempertahankan nilai uang kita dari laju inflasi.

Ada dua jenis saham yaitu saham biasa dan saham preferen. Pada dasarnya, para pemegang saham preferen akan diutamakan pada pembagian hasil usaha atau dividen. Tetapi, dalam hal memiliki hak suara, itu hanya dimiliki oleh pemegang saham biasa.

Pemegang saham biasa juga berpotensi mendapatkan untung yang besar, tetapi juga menanggung resiko kerugian pada perusahaan juga.

Mengenal 5 macam perdagangan saham dan devinisinya

Ada setidaknya lima jenis perdagangan saham apabila dilihat dari kinerja peradagangannya. Jenis-jenis perdagangan saham itu yakni:

#1 BlueChips Stock

Pada dasarnya ini merupakan saham biasa, tetapi disediakan oleh perusahaan yang besar dan sudah mapan. Biasanya perusahaan yang menjual saham BlueChips ini merupakan perusahaan yang menjadi pimpinan pada bidang industri, dengan pendapatannya yang stabil serta dalam kinerja perusahaannya dia konsisten.

Umumnya saham-saham yang ada sudah bernilai tinggi dan para pemegang saham jarang ada niatan untuk menjual sahamnya kembali.

Alasan inilah yang menyebabkan banyak sekali orang mencari saham BlueChips pada bursa efek, karena kredibilitasnya yang tinggi tentunya.

Keuntungan yang akan didapat seakan telah pasti. Meskipun begitu bukan berarti harga BlueChips stock selalu mahal.

Beberapa kriterianya adalah sebagai berikut:

  • Ditransaksikan pada kisaran harga yang wajar
  • Pergerakan harganya pada bursa efek relatif stabil
  • Likuiditas tinggi karena jumlah saham yang ada pada masyarakat juga tinggi

#2 Income Stock

Ini merupakan nama dari saham yang didapat dari penerbit saham atau emiten yang berani membayarkan deviden lebih tinggi ketimbang rata-rata dividen yang telah dibayarkan pada tahun-tahun dimasa sebelumnya.

Dengan kata lain, para pemegang Income stock akan mendapatkan deviden yang meningkat terus menerus pada masa mendatang.

Baca juga cara mencari laporan keuangan perusahaan melalui website BEI serta ulasan menarik lainnya tentang cara belajar investasi reksadana dengan modal kecil.

#3 Growth stock yang terdiri dari well known dan lesser known

Saham growth ialah saham yang diprediksikan akan memberikan kenaikan pada pembagian dividen. Saham jenis inipun dibagi menjadi dua macam yaitu well-known serta lesser-known.

Jadi Growth stock well-known ialah saham yang mempunyai pertumbuhan pendapatan yang tinggi karena menjadi pimpinan pada industri serta memiliki reputasi yang baik dan tinggi.

Sedangkan kebalikannya, Growth stock lesser-known adalah memiliki pertumbuhan pendapat yang tinggi meskipun perusahaannya bukan pimpinan industri dan meskipun tidak atau kurang bereputasi.

#4 Speculative stock

Seperti namanya, jadi saham ini diprediksi akan mendatangkan keuntungan yang tinggi dimasa depan dengan catatan sifatnya belum pasti.

Dengan demikian pula, tidak ada jaminan keberhasilan dimasa depan. Maka dari itulah saham ini dinamakan saham spekulasi.

Simak juga ulasan lainnya tentang cara mulai belajar investasi saham dengan modal Rp 3000 saja serta artikel terkait mengenai beberapa kesalahan umum saat memilih investasi.

#5 Counter Cyclical Stockss

Ini adalah saham dimana keberadaannya tidak dipengaruhi oleh keadaan ekonomi makro maupun situasi bisnis umum. Jadi meskipun misalnya suatu negara sedang mengalami krisis atau masalah ekonomi, dividen yang dihasilkan tetaplah tinggi.

Kini anda telah mengetahui, kan? bahwa jenis sahampun ada berbeda-beda. Anda harus mempelajarinya dengan baik serta mengetahui matang-matang setiap kelemahan dan kelebihan yang dimiliki setiap jenis saham, anda kemudian akan menentukan saham apa yang sesuai dengan tujuan anda. Semoga berhasil!

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!