Advertisement

5 Macam Fasilitas Transaksi E-Payment Beserta Keunggulan dan Kelemahannya

Jenis Jenis Fasilitas E Payment dan Contohnya

Kecanggihan technologi yang disajikan pada era saat ini sangat bermanfaat tidak hanya dalam bidang komunikasi namun juga memberikan dampak positif bagi perekonomian negara. Salah satunya yang bisa dirasakan khususnya di Indonesai sendiri adalah kemudahan dalam melakukan segala macam transaksi seperti pembayaran, mutasi, transfer dll.

Jika dibandingkan antara jaman dahulu dengan jaman digital memang sangatlah berbeda, dahulu orang bertransaksi harus bertatap muka dan harus membawa uang dalam jumlah banyak sehingga membuat tidak efektif dan efisien.

Untuk mengatasi hal semacan ini dibuatlah terobosan baru yang bisa mempermudah transaksi yaitu munculnya fasilitas E-Payment yang bisa digunakan secara online maksudnya adalah salah satu sistem untuk melakukan pengiriman uang atau pembayaran-pembayaran melalui fasilitas jaringan internet atau secara elektronik digital.

Selain dalam berdampak dalam bidang keuangan ternyata juga berdampak pada bidang ekonomi yaitu dengan munculnya E-commerce atau sistim perdagangan yang dilakukan secara elektronik atau virtual.

Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan dimana semuanya menunjang segala aspek kehidupan manusia dalam melakukan segala hal yang berkaitan dengan ekonomi dan keuangan maka E-payment digunakan sebagai sarana untuk melakukan pembayaran.

Beberapa contoh fasilitas e-payment yang sudah populer dan banyak digunakan masyarakat

Payment Card

Payment card adalah kartu yang digunakan untuk sarana bertransaksi (melakukan pembayaran) berupa kartu elektronik. Contohnya adalah pada saat orang berbelanja ketika melakukan pembayaran dia hanya cukup mengeluarkan kartu kredit atau kartu debit (ATM) untuk digesek ke mesin EDC.

Keuntungan yang didapatkan dari bertransasksi menggunakan E-payment adalah tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah banyak, cukup membawa kartu dengan saldo yang cukup untuk bertransaksi selain itu ringan dan mudah dibawa kemana-mana.

Keunggulan dari penggunaan kartu kredit dalam pembayaran adalah banyaknnya promo-promo yang ditawarkan dari pihak bank yang menerbitkan kartu kredit namun kelemahannya adalah saldo yang ada di dalam kartu tersebut adalah milik bank yang dipinjamkan kepada pengguna.

Sedangkan kartu debit merupakan uang sendiri yang ada di dalam tabungan, sehingga pada saat menggunakan tidak perlu khawatir akan hutang seperti yang ada dalam penggunaan kartu kredit, namun sayangnya tidak banyak promo yang ditawarkan.

Simak juga ulasan terkait mengenai tips memanfaatkan promo kartu kredit secara efektif serta artikel menarik alinnya tentang cara transfer berbeda bank tujuan melalui ATM.

E-wallet

E- wallet adalah dompet elektronik yang merupakan salah satu jenis dari E-Payment dan merupakan alternative lain untuk pembayaran secara elektronik atau non-cash.

Adanya E-wallet akan memudahkan penggunanya dalam melakukan segala bentuk transaksi karena ini adalah bentuk lain dari dompet yang biasanya kita bawa kemana-mana, hemat dan pembayaran bisa dilakukan melalui media elektronik yang anda miliki seperti gadget, smartphone maupun computer atau laptop.

Melalui fasilitas ini anda dapat menyimpan uang anda secara virtual dan pada saat penggunaanya sudah hampir menguras isi dari dompet elektronik ini maka anda perlu metop-up saldo anda.

Untuk bisa memiliki dompet elektronik ini anda hanya perlu mendaftar melalui aplikasi online yang saat ini sudah banyak ditawarkan di dunia maya. Setelah aplikasi selesai di isi maka anda sudah memiliki akun untuk akses masuk maupun menggunakan E-Wallet.

Smart Card

Smart card adalah salah satu bentuk E-payment jenis yang lain. Dalam proses penggunaan kartu ini hampir mirip dengan kartu ATM dimana pada saat melakukan transaksi uang yang ada di dalam kartu akan di debet melalui mesin khusus.

Keunggulan dari kartu ini adalah selain bisa digunakan untuk bertransaksi juga penerima uang dapat mengetahui data informasi mengenai pembeli tentunya pada saat terjadi transaksi pembayaran atau pembelian.

Baca juga artikel lainnya tentang beberapa manfaat uang elektronik dan biaya yang harus dibayar serta ulasan terkait mengenai tips aman melakukan transaksi menggunakan internet banking.

E-cash

E-cash merupakan uang elektronik yang memang khusus digunakan untuk transaksi jual beli online maupun untuk pengiriman uang yang tentunya untuk tujuan yang disesuaikan dengan penggunanya.

Kelebihan dari fasilitas E-Cash ini adalah nomor rekening yang tercantum merupakan nomor handphone yang digunakan sehingga ini akan meminimalisir orang lupa dengan digit nomor rekening yang dimiliki.

Salah satu bentuk E-cash yang terkenal digunakan masyarakat Indonesia adalah E-cash yang dikeluarkan oleh Bank Mandiri.

E-check

Adalagi invovasi terbaru dalam bidang perbankan yakni E-check. Ini adalah cek yang dibuat dalam bentuk digital atau elektronik dan dapat digunakan sebagai pembayaran dan bisa juga untuk pencairan secara tunai melalui bank yang besar didapat sesuai dengan angka yang tertera di E-Check tersebut.

Banyak keunggulan yang diberikan dengan memiliki fasilitas ini diantaranya adalah paperless atau tidak menggunakan kertas sama sekali, hanya dalam genggaman anda dan bisa dilakukan kapanpun dalam pembuatannya sehingga membuat lebih efektif dan efisien.

Kemudian mengenai data yang anda miliki juga tetap terlindung oleh pihak lembaga keuangan karena dalam penggunaan E-check tetap semuanya diatur dan dilindungi sama seperti penggunaan cek secara fisik.

Tetapi ada kekurangannya yaitu fasilitas ini belum diberlakukan di negara Indonesia. Namun, kemungkinan besar untuk kedepannya nanti pasti Indonesia pun juga akan memberlakukan fasilitas ini.

Selain dari jenis-jenis dan contoh di atas, seperti teknologi-teknologi yang lainnya pun nyatanya keberadaan E-Payment atau pembayaran secara elektronik ini juga memiliki kelebihan-kelebihan serta kekurangan.

Jenis pembayaran atau transaksi secara elektronik selain memiliki berbagai kelebihan dan juga kekurangan. Di bawah ini akan dijelaskan yang tentunya akan lebih memberikan gambaran mengenai dampak penggunanaanya, yaitu :

Beberapa keunggulan atau kelebihan sistem pembayaran e-payment

  • Pada saat anda melakukan segala bentuk transaksi pembayaran akan sangat mudah dan tidak perlu antri, semua langsung dapat berjalan dalam sekejap dan bisa langsung di cek sehingga membuat lebih efektif dan efisien waktu.
  • Banyak jenis-jenis E-payment yang bisa anda gunakan sesuai dengan kebutuhan anda.
  • Dengan menggunakan fasilitas ini tentunya anda akan terhindar dari tindak kriminal, tidak perlu membawa uang banyak kemana-mana, setiap penggunaanya harus kemasukkan kode rahasia terlebih dahulu, sehingga sangat memberikan kenyamanan bagi penggunanya.

Kelemahan dan kekurangan dari sistem e-payment

  • Infrastruktur dibidang telekomunikasi yang ada di negara kita masih belum terlalu maksimal dan harga untuk bisa terkoneksi dengan jaringan internet masih terbilang mahal.
  • Untuk sosialisasi penggunakan kartu pembayaran secara elektronik belum menyebar rata sehingga masih ada sebagian masyarakat yang belum bisa menikmati berbagai kemudahan dari fasilitas yang ditawarkan ini.
  • Karena terkoneksi dengan internet maka banyak membuat penjahat tidak hanya secara fisik saja namun di dalam dunia maya pun juga terdapat penjahat cyber yang biasanya mereka akan membobol uang elektronik anda.

Demikianlah penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan dalam penggunaan fasilitas secara elektronik. Tetaplah bijak dalam menggunakan transaksi ini dan semua berada di tangan anda untuk segala keputusan yang akan di ambil. (centrausaha.com)

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!