Banyak Alasan Positif Mengapa Rumah Adalah Investasi Paling Menguntungkan

Keuntungan dan keunggulan investasi properti rumah

Ada berabagai macam investasi yang ada di dunia ini. Tentu semuanya memiliki plus minusnya tergantung sudut pandang dari setiap orang.

Secara umum ada dua jenis investasi yaitu investasi jangka pendek dan investasi jangka panjang. Dengan pembagian investasi berdasarkan waktunya ini maka anda bisa menghitung seberapa besar resiko dan keuntungannya.

Semakin besar keuntungan yang ingin anda dapatkan maka semakin besar pula resiko yang harus anda tanggung. Menurut beberapa orang investasi itu susah susah gampang. Mengapa demikian? Tentunya susah bagi yang belum pernah berkecimpung di dunia investasi namun berbeda jika yang melakukannya adalah orang yang sudah terbiasa dengan dunia ini.

Mereka pasti sangat mudah untuk memprediksi hal hal yang berkaitan dengan investasi, karena kegiatan ini membutuhkan pengetahuan yang cukup untuk bisa terjun langsung ke dunia investasi.

Salah satu jenis investasi yang saat ini mulai sangat diminati oleh masyarakat adalah investasi rumah. Karena setiap tahunnya harga property selalu meningkat, jadi wajar kalau masyarakat sangat suka dengan bisnis ini.

Perlu anda tahu bahwa saat ini rumah sudah menjadi kebutuhan mewah bagi manusia, hal ini dikarenakan tidak semua orang bisa memiliki rumah apalagi dengan semakin banyaknya populasi manusia.

Memiliki rumah pribadi akan semakin sulit dirasakan bagi orang orang kecil menengah yang hidup di daerah perkotaan, untuk satu petak rumah saja harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Simak juga ulasan terkait mengenai tips agar bisa memiliki rumah sebelum menikah serta artikel menarik lainnya tentang proses dan syarat membeli rumah dengan cara KPR.

Jadi tidak heran jika pendatang baru yang tinggal di kota seringkali hanya membuat rumah rumah semi permanen di lahan miliki pemerintah.

Sangat miris memang melihat keadaan seperti ini. Di daerah perkotaan memang sangat terlihat jelas kesenjangan sosial antara kaum kelas atas dengan kelas bawah, di sana yang kaya akan semakin kaya dan yang miskin akan semakin miskin. Itulah kehidupan.

Namun bila anda pandai dalam memanfaatkan lahan yang walaupun hanya sedikit, maka anda bisa mendapatkan penghasilan yang cukup besar dari itu. Anda bisa mencoba untuk investasi rumah atau property. Ada banyak keuntungan yang akan anda dapatkan. Misalnya:

  1. Menyewakan rumah seperti kos kosan atau kontrakan, maka sudah pasti setiap bulan anda akan mendapatkan penghasilan tetap dari usaha tersebut. Bisnis ini memang cukup menjanjikan apalagi yang berada di dekat universitas.
  2. Dengan memimiliki rumah sendiri maka sewaktu waktu anda ingin mengajukan kredit ke bank maka akan semakin mudah, dengan menjaminkan sertifikat rumah anda.
  3. Nilai jual rumah dari tahun ke tahun selalu meningkat apalagi jika rumah tersebut berada di tempat yang strategis dan memiliki dekorasi yang cantik.
  4. Sekarang rumah sudah menjadi objek kredit (KPR). Masyarakat yang ikut KPR akan melakukan pencicilan rumah tersebut dalam jangka waktu tertentu. Ketika masa kredit telah berakhir maka rumah akan menjadi milik sendiri.
  5. Rumah yang berada di daerah umum dinilai cukup aman, karena lingkungan sekitar ramai dengan orang.
  6. Rumah bisa menjadi bahan penyalur hobi. Bagi orang orang yang memiliki hobi desain rumah (arsitektur) maka bisa mengeksplor ide idenya dengan lebih leluasa.
  7. Dapat dijadikan sebagai tabungan masa depan. Karena nilainya selalu mengalami peningkatan tanpa terpengaruh adanya inflasi.

Berinvestasi rumah merupakan salah satu pilihan yang tepat jika dibandingkan dengan investasi lain. Selain nilainya yang terus meningkat, dampak inflasi pun tidak bisa mempengaruhinya.

Untuk memulai investasi properti rumah memang membutuhkan dana yang besar, namun keuntungan yang akan anda peroleh pun juga akan berlipat lipat nantinya. Nah, untuk bisa mendapatkannya maka anda harus memperhatikan beberapa tips berikut ini:

  1. Pilihlah lokasi yang strategis. Maksudnya bila berencana membeli rumah maka pilihlah yang dekat dengan tempat kerja anda, sekolah, jalan raya dan bandara. Hal ini untuk memudahkan anda melakukan mobilisasi.
  2. Pengembang terpercaya bila anda membeli rumah baru.
  3. Belilah rumah yang sekiranya sesuai dengan anggaran anda. Hal ini tentunya tidak akan mempersulit anda untuk mencari pinjaman. Asalkan rumah tersebut layak dan cukup untuk keluarga anda kami rasa itu sudah lebih baik.
  4. Ketika melakukan tawar menawar lakukanlah dengan cara yang sopan dengan mempertimbangkan kelengkapan surat suratnya, kondisi bangunan, lokasi dan hal hal lainnya.
  5. Ketika membeli rumah carilah informasi mengenai rencana masa depan di wilayah itu. Apakah nantinya kawasan itu akan diadakan proyek yang bisa mengganggu kenyamanan dan ketenangan anda atau tidak. Hal ini penting untuk anda lakukan mengingat rumah merupakan tempat tinggal untuk selamanya.
  6. Pilihlah rumah yang memiliki fasilitas yang mendukung. Maksudnya tempat di mana rumah anda berada terdapat infrastruktur yang baik atau tidak. Bisa menjamin keamanan rumah anda atau tidak.

Untuk warga kawasan kota yang padat penduduk seperti Jakarta dan kota besar lainnya mungkin masih bisa memilih alternatif lainnya selain investasi properti yang berupa rumah.

Yaitu dengan membeli apartemen yang mana ini juga menjadi salah satu bentuk invetasi properti yang sudah pasti akan terus menigkat harganya. Jangan lupa baca juga tentang biaya apa saja yang harus dikeluarkan jika hidup di apartemen.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!