Advertisement

Hemat Belanja Kebutuhan Rumah Tangga Dengan 6 Tips Sederhana Berikut Ini

Hemat belanja kebutuhan rumah tangga

Belanja kebutuhan rumah tangga merupakan kegiatan rutin dan bagaimana cara agar lebih hemat maka ibu rumah tangga wajib mengetahui strateginya.

Yang paling umum mereka sekalinya belanja dipergunakan untuk keperluan satu bulan. Namun terkadang kebutuhan rumah tangga juga tidak bisa diprediksikan sehingga bisa saja ada hal mendadak membutuhkan sesuatu dan kadang juga tidak.

Sebenarnya banyak ibu yang sudah menekan kebutuhan mereka setiap bulannya namun karena ada keperluan mendadak seringkali mereka harus menambah pengeluaran demi terpenuhinya kebutuhan keluarga.

Tips agar bisa menghemat belanja kebutuhan rumah tangga

Berikut ini ada 6 tips untuk menghemat belanja kebutuhan rumah tangga yang patut untuk diperhatikan bagi anda yang sudah berkeluarga.

#1 Membuat daftar belanja

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan membuat daftar belanja tiap harinya. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari lupa selain itu juga supaya bisa fokus dengan barang yang semestinya di beli saja.

Jika daftar belanja ini anda patuhi maka tidak ada lagi acara untuk menghabiskan waktu untuk melihat barang lain yang tidak dibutuhkan.

Anda pun bisa tepat waktu untuk pulang ke rumah dan bisa segera menyiapkan kebutuhan keluarga. Misalnya saja menyiapkan segala bekal anak ke sekolah dan menyiapkan sarapan mereka.

#2 Kebutuhan vs Keinginan

Setelah membuat daftar belanja maka anda juga perlu untuk mengklasifikasikan kebutuhan mana yang termasuk ke dalam kebutuhan primer, sekunder dan tersier.

Usahakan untuk memenuhi terlebih dahulu semua kebutuhan primer anda dan keluarga. Kemudiann bila masih anda anggaran yang tersisa maka anda bisa menggunakannya untuk membeli barang yang lain.

Bertindaklah dengan bijak untuk membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Hal ini untuk menghindari pengeluaran yang tidak penting sehingga uang anda bisa di tabung untuk kebutuhan masa depan keluarga anda.

Jangan lupa simak juga artikel terkait mengenai tips mengelola keuangan keluarga serta ulasan lainnya tentang cara mengatur keuangan pribadi.

#3 Cek dan bandingkan harga

Ketika anda telah memilih barang yang anda perlukan, maka sebaiknya perikasalah terlebih dahulu berapa harganya dan bandingkan harga barang yang satu dengan yang lain.

Umunya saat ini supermarket telah memberikan private label dengan harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan merek yang ada. Hal ini pada akhirnya bisa membantu anda untuk bisa menghemat pengeluaran.

#4 Jangan ragu menawar

Pada umumnya ibu rumah tangga lebih memilih untuk berbelanja di pasar teradisional dari pada di supermarket karena mereka menganggap kalau harga di pasar itu jauh lebih murah.

Dengan begitu maka mereka bisa mendapatkan barang yang lebih banyak. Selain itu harga di pasar masih bisa ditawar sehingga akan lebih menguntungkan mereka para ibu rumah tangga.

Nah, jika anda ingin mendapatkan barang yang banyak dengan harga yang murah maka pasar tradisional bisa menjadi pilihan paling tepat.

#5 Update promo

Ketika anda sudah pergi ke pasar namun barang yang anda cari tidak ada di sana dan hanya tersedia di supermatket maka untuk bisa mendapatkannya anda perlu untuk update promo yang diselenggarakan oleh supermarket supaya bisa menghemat pengeluaran.

Dengan adanya promo ini anda juga bisa membeli dengan jumlah lebih sehingga bisa digunakan untuk persediaan di rumah sehingga bulan depan tidak perlu untuk membelinya lagi karen di rumah sudah ada persediaan.

#6 Menabung

Ketika semua kebutuhan telah terpenuhi maka sisa uangnya bisa anda tabung. Kalaupun tidak sisa sebaiknya setiap bulannya tetap berusaha menyisihkan uang untuk ditabung.

Hal ini tentunya untuk membantu anda mengontrol pengeluaran setiap bulannya. Kegiatan ini akan sangat bermafaat bagi anda jika suatu saat ada kebutuhan mendadak sehingga masih ada dana untuk digunakan.

Baca juga ulasan mengenai tips mengelola gaji setiap bulan dan artikel menarik lainnya tentang nasehat keuangan agar anda sukses secara finansial.

Semoga dengan beberapa tips tadi bisa membantu anda dalam mengontrol pengeluaran belanja anda setiap bulannya.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!