4 Alasan Menguntungkan dan Tujuan Memberikan Dana Sponsorship

Keuntungan perusahaan saat memberikan dana sponsor

Ketika memiliki suatu perusahaan, baik perusahaan anda tergolong perusahaan kecil, besar, atau menengah, seringkali perusahaan anda didatangi oleh pihak sponsorship dari suatu lembaga atau acara untuk menyerahkan proposal permohonan dana sponsor.

Pihak-pihak tersebut datang dengan tujuan untuk meminta permohonan dana untuk mendanai acara yang terdapat pada proposal tersebut. Pemohon proposal biasanya berasal dari komunitas-komunitas sosial, mahasiwa, bahkan pihak swasta penyedia acara.

Proposal yang diserahkan sendiri berisi acara serta kebutuhan yang diperlukan berupa rincian dananya. Jenis permohonan sponsor pun biasanya dibedakan menjadi dua.

Yang pertama, pihak pengaju sponsor menawarkan sewa stan untuk kita menjual produk disana. Yang kedua adalah permohonan dana secara langsung atau pemberian produk yang kita miliki secara gratis atau berupa potongan.

Sebenarnya bentuk sponsor yang diberikan perusahaan anda kepada pihak pengaju sponsor adalah kesepakatan antara perusahaan dengan mereka.

Keduanya tentu menawarkan feedback atau umpan balik yang diberikan kepada perusahaan pemberi dana. Biasanya, feedback yang ditawarkan adalah munculnya logo perusahaan anda di pamflet, penyebutan secara langsung oleh MC saat acara, dan lain sebagainya.

Barangkali anda masih bimbang bagaimana menyikapi ketika ada pihak yang mengajukan proposal permohonan sponsor dari perusahaan anda.

Keuntungan perusahaan saat memberikan dana sponsor

Berikut kami sajikan beberapa alasan mengapa anda sebaiknya memberikan dana sponsor anda kepada pihak yang mengajukan proposal peromohonan dana di perusahaan anda!

#1 Kesempatan Promosi

Meningkatkan penjualan melalui promosi online

Advertisement
Ketika anda memberikan dana atau sponsor kepada pihak penyelenggara acara, tentu saja anda mendapatkan feedback berupa kesempatan mempromosikan perusahaan anda.

Entah itu berupa membuka stan di tempat acara, penyematan logo di backdrop/background/pamflet acara, atau mungkin berupa produk anda yang diberikan untuk melancarkan acara.

Ini merupakan ajang promosi yang baik karena umumnya acara acara tersebut akan dihadiri oleh banyak orang. Tentu promosi dengan metode ini jauh lebih murah ketimbang anda harus menggunakan media cetak, televisi, dan lain sebagainya.

Teknik promosi ini juga dapat melengkapi promosi yang telah perusahaan anda lakukan sendiri sehingga promosi yang anda lakukan akan semakin maksimal.

#2 Peningkatan Eksistensi Perusahaan

Gaji 5 Sampai 10 Juta Perbulan

Advertisement
Eksistensi perusahaan sangatlah penting. Dengan memberikan dana sponsor kepada pihak yang mengajukan, maka menunjukkan bahwa perusahaan anda tetap eksis dan mampu untuk ikut berkontribusi dalam acara tersebut.

Biasanya, ketika perusahaan anda telah menyetujui pemberian dana maka informasi bahwa perusahaan anda mampu memberikan sponsor akan menyebar kebanyak kalangan untuk meminta hal serupa kepada perusahaan anda.

Ini artinya, eksistensi perusahaan anda pun meningkat. Perusahaan yang eksis tentunya akan berdampak baik kepada jalannya perusahaan.

#3 Menunjukkan Bahwa Perusahaan Kooperatif

Yang selanjutnya menjadi pertimbangan bahwa anda sebaiknya memberikan dana sponsor adalah karena ini akan menunjukkan bahwa perusahaan anda dapat kooperatif.

Meskipun tujuan awalnya perusahaan tentu adalah untuk mencari keuntungan yang sebesar-besarnya, tetapi perusahaan mampu bekerjasama untuk mendanai suatu acara yang mana tidak ada profit yang didapatkan secara langsung.

#4 Citra Perusahaan

Citra perusahaan juga akan semakin bagus ketika anda mau mendanai suatu kegiatan, terutama apabila acara yang diajukan berupa acara sosial. Ini menunjukkan bahwa perusahaan tidak hanya meningkatkan keuntungan pribadi tetapi juga memiliki tanggungjawab sosial dan juga moral untuk membantu orang-orang yang ada disekitar.

Untuk citra perusahaan sendiri, sebaiknya anda juga memilah kegiatan yang seperti apa yang akan anda danai demi tujuan awal perusahaan sendiri agar citra perusahaan semakin baik.

Misalnya, perusahaan anda bergerak dibidang kesehatan maka tidak cocok apabila anda mendanai acara disuatu klub malam.

Mungkin akan lebih tepat apabila anda mendanai suatu acara kegiatan sosial yang bertajuk menjaga kesehatan atau membantu korban bencana alam. Dengan demikian tujuan perusahaan akan memperbaik citrapun akan terwujud.

Itulah beberapa alasan yang dapat anda pertimbangkan ketika ada proposal pengajuan dana untuk membiayai suatu kegiatan atau acara muncul di kantor anda.

Meskipun nampaknya anda akan mengurangi kas keuangan perusahaan, nyatanya mendanai proposal yang ada juga memberikan banyak keuntungan secara tidak langsung yang bisa dirasakan oleh perusahaan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *