Cara Agar Proposal Sponsorship Anda Diterima Oleh Investor

Contoh proposal usaha untuk diajukan ke investor

Ketika anda mengadakan sebuah event, maka tentu anda tidak dapat mengandalkan keuangan dari segi internal saja.

Terlebih, apabila event anda adalah event yang membutuhkan banyak dana. Sudah hal yang wajar dalam sebuah kepanitiaan event terdapat sie Sponsorship yang mana tugasnya adalah untuk mencari sponsor yang mau mendanai event tersebut.

Tetapi sayangnya, tidak semua proposal yang diajukan kemudian diterima oleh pihak sponsor.

Mengapa demikian? tentu ketika pihak sponsor memberikan dananya untuk membiayai event, ia harus merasa bahwa dana yang dikucurkan memang “worth”.

Dana yang dibutuhkan untuk membuat event biasanya memang cukup besar seperti biaya untuk akomodasi, menyewa tempat, mengundang guest star, konsumsi, dan masih banyak lagi.

Tanpa adanya dana dari dukungan pihak sponsor, maka mustahil event akan berjalan dengan lancar.

Lalu bagaimanakah caranya agar proposal sponsorhsip anda dilirik oleh pihak sponsor? Terutama apabila pihak sponsor yang akan anda ajukan memiliki nama di Indonesia.

Meskipun terlihat agak susah, kabar baiknya dana yang dikucurkan oleh pihak sponsorship akan banyak apabila proposal anda akan diterima. Penasaran bagaimana caranya? Simak artikel berikut ini!

Tips Agar Proposal Agan Diterima Investor Atau Sponsor

#1 Meletakkan Proposal pada Pihak Sponsor yang Sesuai dengan Tema yang Ada di Event Anda

Ini merupakan hal dan faktor penting yang perlu anda lakukan karena jangan sampai anda meletakkan proposal anda yang tidak sesuai dengan tema acara yang anda buat.

Wajar saja apabila kemudian pihak sponsor menolaknya dikarenakan anda salah meletakkan proposal.

Misalnya, acara yang anda buat adalah seminar pendidikan SMA tentang pentingnya menjaga kesehatan tetapi sponsor yang anda ajukan adalah ke perusahaan rok*k.

Bukan berarti mustahil, tetapi hal tersebut kecil kemungkinanya. Oleh sebab itu, anda harus meletakkan proposal yang anda buat pada perusahaan yang sekiranya masih relevan dengan tema acara anda.

Misalnya, anda bisa mengajukan proposal anda tentang produk minuman kesehatan atau suplemen makanan maka hal tersebut lebih relevan.

#2 Buat Proposal Anda Ringkas dengan Menghilangkan Poin yang Tidak Penting

Contoh bisnis untuk mahasiswa sambil kuliah

Ini yang kadang dilupakan oleh para pengaju proposal. Menuliskan poin yang bahkan tidak ada hubungannya untuk pihak sponsor sebaiknya tidak perlu ditulis karena hanya akan memperbanyak halaman yang ada.

Yang terpenting yang mana harus ada pada proposal anda yakni terkait tema acara, waktu, wish list dari bintang tamu, target penonton, serta keuntungan apa saja yang akan didapatkan pihak sponsor apabila mau memberikan dana untuk sponsor.

Hal yang tersebut lebih ringkas dan tepat sasaran apabila dibandingkan dengan harus menuliskannya berlembar-lembar.

Simak ulasan terkait mengenai panduan cara membuat proposal usaha serta info menarik lainnya tentang tips memilih tempat magang yang di gaji.

#3 Menggunakan Desain yang Menarik

Menawarkan produk pada konsumen

Bukan hanya isinya yang sebaiknya ringkas, desain atas proposal anda juga harus anda perhatikan dengan baik.

Sebaiknya anda menggunakan paduan warna dan juga konsep yang menarik sehingga nantinya akan menarik perhatian pihak sponsor untuk membuka dan membaca ajuan proposal anda.

Desain proposal yang menarik juga akan menambah nilai lebih terhadap acara yang anda buat karena menimbulkan kesan bahwa acara yang anda buat bukanlah acara yang ecek-ecek.

#4 Mempertimbangkan Pengiriman Proposal Secara Digital dibandingkan dengan Proposal fisik

Jaman sekarang dimana jaman serba digital, maka kecanggihan ini sebaiknya dimanfaatkan untuk mengajukan proposal secara digital.

Selain menghemat waktu dan biaya seperti ketika kita harus mengirimkan proposal langsung kepada pihak sponsor, menggunakan proposal digital akan menambah nilai lebih terhadap proposal yang anda ajukan.

Yang perlu anda perhatikan adalah usahakan mengirim proposal dengan ukuran yang tidak terlalu besar dan juga jangan lupa untuk menuliskan terkait identitas anda sebagai pengirim.

Anda juga sebaiknya memperhatikan waktu pengiriman proposal anda, yang mana harus dilakukan ketika berada pada jam kerja.

#6 Rajin Melakukan Follow Up

Follow up artinya anda menanyakan terkait diterima atau tidaknya proposal yang anda ajukan secara berkala.

Mengapa demikian? karena yang perlu anda ingat biasanya pada perusahaan besar banyak sekali yang mengajukan propsal sponsor sehingga takutnya email anda akan tertumpuk. Itulah mengapa pentingnya anda melakukan follow up.

Sekian artikel tentang bagaimana agar proposal sponsor yang anda ajukan diterima oleh pihak sponsor. Semoga dengan adanya artikel ini, dapat memberikan pencerahan kepada anda bagian sponsorship untuk mendapatkan sponsor yang anda dapatkan.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!