Waspadalah, Anda Menjadi Target Penipuan Belanja Online

waspada penipuan belanja online ciri ciri nya

Gadget dan internet. Hmm, mereka memang pasangan yang serasi kan? Hampir semua orang wajib kudu harus membawa salah satu barang ini, jika tidak, hidup ini akan terasa hampa, karena hampir semua aktifitas dilakukan dibarang yang kecil namun multifungsi ini, seperti bersoasilisasi, belajar, bekerja, bahkan berbisnis, jangan lupa, gadget ini harus sepaket dengan jaringan internet yah.

Ngomong-ngomong masalah berbisnis online nih, bisnis ini sangat menjamur dikalangan masyarakat Indonesia, mulai dari kalangan anak sekolah sampai ibu-ibu rumah tangga.

Keunggulan toko online dibanding toko konvensional

Jenis barang yang dijual pun beraneka ragam, seperti properti, kendaraan, elektronik, pakaian, makanan, sampai aksesoris. Lalu apa sebab menjamurnya bisnis online ini?

Praktis

Anda tidak perlu repot mempersiapkan sumber daya dan sarana penunjang bisnis Anda. Yang perlu dilakukan hanyalah duduk di depan komputer untuk mempersiapkan foto dan mendeskripsikan spesifikasi produk dalam situs jual-beli online yang Anda gunakan. Transaksi pun bisa dijalankan hanya dalam sekali klik. Praktis sekali, Simsalabim abrakadabra.

Biaya Operasional Minim

Hampir sama dengan poin sebelumnya, berbisnis di situs jual beli online tidak memerlukan biaya operasional yang tinggi. Anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar hanya dengan bermodalkan laptop atau gadget yang Anda miliki, koneksi internet, kamera untuk memotret produk, dan rekening bank.

Biasanya bank yang digunakan untuk transaksi jual beli online adalah rekening Bank BCA atau Mandiri. Hampir semua orang atau salah satu keluarga pemilik bisnis memiliki salah satu rekening dari bank tersebut. Mudah bukan?

Nah, saking mudahnya untuk menjalankan bisnis online ini, sampai-sampai hampir tidak ada perbedaan antara penjual yang benar-benar berjualan atau hanya sekedar untuk tipu-tipu.

Seperti kasus penipuan yang pernah terjadi di Pekanbaru pada bulan november tahun 2013 lalu. Kasusnya adalah korban penipuan mentransfer uang sebesar Rp 8.600.000 ke rekening penipu untuk membeli handphone Nokia tipe 8800 di forum jual beli Kaskus.

Tetapi, setelah ditunggu beberapa pekan, barang tak kunjung datang, dan saat menghubungi sang penjual kembali, tidak ada respon, menghilang begitu saja.

Ciri ciri jualan online yang dapat di curigai penipuan

Pasti Anda tidak ingin kejadian seperti ini terjadi pada Anda bukan? Maka dari itu, agar Anda tidak terkena jebakan betmen, perhatikan ciri-ciri penipu jualan online berikut ini.

Mengirimkan Promosi Melalui SMS

Sering sekali kasus penipuan melalui SMS yang berisi produk-produk gadget yang super murah. Para penipu ini berharap dari 1000 sms yang terkirim, mungkin ada 100 orang lugu yang akan tersangkut dalam aksinya. Sungguh sasaran yang empuk.

Selain itu biasanya di dalam sms nya dicantumkan alamat web yang dimaksudkan untuk meyakinkan calan-calon tertipu. Biasanya website penipuan ini berakhiran webs.com, jimdo.com, juplo.com, wordpress.com, blogspot.com, weebly.com, vv.si, co.nf dan lain sebagainya

Tidak Menerima Cash On Delivery (COD)

Toko online penipuan tidak akan menerima fasilitas COD atau Cash On Delivery yang lebih dikenal di Indonesia adalah ada barang ada uang. Logika nya seperti ini, para penipu ini tidak mungkin bertemu langsung dengan para customer-nya, karena mereka tidak mempunyai barang. Jadi, bagaimana mau bertransaksi? Sumpah, ini asli banget penipuan.

Sudah Murah, Ditambah Diskon Pula

Ciri-ciri paling menyolok penipuan toko online adalah menawarkan barang dengan harga diskon gede-gedean. Misalnya, Blackberry Rp 5.000.000 bisa dijual seharga Rp 3.500.000, iPad Rp 7.000.000 bisa dijual seharga Rp 5.500.000, dan sebagainya.

Mungkin ini barang-barang Black Market (BM). Perlu Anda ketahui, barang-barang BM ini hanya bisa didapat di daerah yang berbatasan langsung dengan negara-negara tetangga, seperti Batam dan Tanjung Pinang yang berbatasan dengan Singapura, dan Pontianak yang berdekatan dengan Serawak, Malaysia.

Tidak Ada Alamat Toko

Walaupun tidak memiliki toko, pasti akan ada alamat tempat tinggal sang empunya usaha online. “Kami khusus jualan online. Tidak ada toko!” Tidak mungkin sekali, karena biasanya toko online itu muncul untuk mendukung toko offline yang dimiliki.

Website Terlihat Janggal

Jika diperhatikan, foto yang terdapat pada website penipuan ini telihat pasaran atau editan, tulisannya asal-asalan, dan terlalu banyak meyakinkan bahwa mereka bukan website penipuan. Rekening bank tidak tercantum, nomor handphone selalu berganti-ganti.

Selain itu, ada juga website yang menyediakan info tentang penipu yang ada di Indonesia. Silahkan Anda cek, siapa tahu salah satu oknum yang akan menipu Anda sudah terdaftar di website tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *