Macam Jenis Kartu ATM BCA: Jumlah Limit & Besar Biaya Yang Dibebankan

Jenis jenis kartu atm bca dan fitur fiturnya

Kartu ATM (Debit BCA) banyak macam nya menurut jumlah limit dan besarnya biaya transaksi serta jenis-jenis yang ada juga mengikuti kebijakan setiap bank di tambah dengan memiliki fitur yang berbeda beda pula.

Pada kartu debit BCA yang selama ini telah diluncurkan terdapat tiga jenis yang paling umum dipakai atau di gunakan oleh nasabah.

Tiga jenis kartu ATM tersebut adalah Silver, Gold, dan juga Platinum. Perbedaan yang ada di ketiganya tidak hanya terbatas pada warnanya saja, tetapi juga fitur yang disematkan meliputi biaya administrasi yang dikenakan setiap bulan, serta batasan atau limit transaksi tiap harinya.

Sebenarnya masih ada 5 jenis kartu lain yang diluncurkan oleh BCA dan ini memang sangat jarang dipakai oleh nasabah secara umum yaitu:

  1. Kartu ATM Xpresi
  2. Kartu ATM SimPel
  3. Kartu ATM TabunganKu
  4. Kartu ATM LAKU, dan
  5. Kartu ATM BCA Dollar

Ketentuan yang berlaku pada jenis jenis kartu debit BCA meliputi limit transaksi & biaya administrasi

Lalu apa saja perbedaan dari kedelapan macam macam kartu ATM BCA tersebut? Berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai fitur masing masing jenisnya beserta biaya dan limit yang di tetapkan.

#1 Kartu ATM BCA Sliver atau ATM BCA Blue

jenis kartu atm bca SILVER BLUE

Advertisement
Untuk ATM BCA Blue ini dapat dimiliki oleh nasabah dengan rekening tahapan BCA, Tahapan Gold, maupun Tapres BCA.

Sebenarnya pemilik rekening tabungan ini juga dapat memilih untuk menggunakan kartu jenis GOLD dan PLATINUM.

Tetapi dengan alasan biaya administrasi perbulan yang sedikit lebih besar maka banyak nasabah tahapan BCA lebih memilih kartu BCA SILVER dengan biaya admin perbulan yang lebih ringan.

Untuk warna kartu ATM ini sesuai dengan namanya yakni berwarna silver atau perak. Namun ada beberapa orang yang juga menyebutnya berwarna abu-abu.

Dan ternyata untuk penerbitan kartu baru jenis silver sekarang justru menjadi berwarna biru atau blue dengan fitur tahapan BCA biru sebagai berikut:

Baca juga  Keunggulan dan Kelemahan Produk Pinjaman KTA Kredit Tanpa Agunan Dari Bank
Biaya pembuatan kartu ATM Rp 10.000
Biaya penggantian kartu ATM Rp 10.000
Biaya administrasi (per bulan) Rp 15.000
Limit penarikan tunai (per hari) Rp 7.000.000
Limit Transfer antar BCA Rp 25.000.000
Limit Transfer antar bank Rp 10.000.000

Baca juga tips tentang cara kredit mobil baru dan bekas di BCA Finance serta info menarik lainnya mengenai Klik BCA Individual Internet Banking: Solusi PIN dan Key BCA Terblokir.

#2 Kartu ATM BCA Gold (Paspor BCA Gold)

jenis kartu atm bca GOLD

Advertisement
Selanjutnya adalah jenis kartu debit yang diluncurkan oleh bank central asia dan paling banyak dipilih oleh nasabah yakni ATM BCA GOLD.

Tidak berbeda dengan jenis silver (blue) yang mana kartu ini bisa dimiliki oleh semua nasabah pemegang rekening Tahapan BCA, Tahapan Gold, dan Tapres BCA.

Kartu jenis gold ini lebih tepat apabila digunakan untuk individu yang membutuhkan transaksi harian dengan jumlah limit sedikit lebih besar dari kartu silver.

Untuk warna yang digunakan yaitu emas atau gold meskipun banyak pula yang menyebutnya dengan warna kuning. Fitur serta biaya yang ditetapkan untuk kartu Gold ini adalah sebagai berikut:

Biaya pembuatan kartu ATM Rp 15.000
Biaya penggantian kartu ATM Rp 15.000
Biaya administrasi (per bulan) Rp 17.000
Limit penarikan tunai (per hari) Rp 10.000.000
Limit Transfer antar BCA Rp 50.000.000
Limit Transfer antar bank Rp 15.000.000

#3 Kartu ATM BCA Platinum Debit

jenis kartu atm bca PLATINUM

Advertisement
Masih dengan jenis tabungan yang sama dengan dua kartu ATM diatas, tetapi kartu BCA Platinum ini memiliki biaya administrasi setiap bulannya yang paling mahal.

Walaupun demikian hal tersebut masih sesuai dengan fitur limit transaksi yang juga besar. Kartu ATM BCA Platinum sangat cocok digunakan untuk para pebisnis yang mana membutuhkan transaksi setiap hari dengan jumlah yang jauh lebih besar.

Untuk warna yang digunakan ialah platinum bahkan cenderung bisa di katakan berwarna hitam. Lalu apa saja fitur yang dimiliki jenis kartu ATM BCA Platinum ini simak pada tabel berikut.

Biaya pembuatan kartu ATM Rp 20.000
Biaya penggantian kartu ATM Rp 20.000
Biaya administrasi (per bulan) Rp 20.000
Limit penarikan tunai (per hari) Rp 10.000.000
Limit Transfer antar BCA Rp 100.000.000
Limit Transfer antar bank Rp 25.000.000
Baca juga  Uang Tidak Keluar Dari Mesin ATM Saat Ambil Tunai atau Penarikan

#4 Kartu ATM Tahapan Xpresi BCA

jenis kartu atm bca - Gambar ATM BCA Xpresi

Advertisement
Untuk kartu debit BCA yang satu ini dapat dimiliki oleh nasabah bank BCA dengan rekening Tahapan Xpresi yang mana jenis rekening tahapan Xpresi sangat ideal untuk anak anak muda yang energik.

Dengan target pasar kawula muda maka bank BCA juga menyediakan desain gambar atm BCA ini dengan berbagai macam karakter bahkan totalnya mencapai sekitar 50 desain.

Apabila anda ingin membuat ATM ini pada kantor cabang utama BCA maka akan diberikan keistimewaan yaitu dengan desain gambar foto pribadi berada pada kartunya.

Kemudian bagaimana terkait fitur yang dimiliki kartu ATM Tahapan Xpresi BCA adalah sebagai berikut:

Biaya pembuatan kartu ATM Rp 25.000
Biaya penggantian kartu ATM Rp 25.000
Biaya administrasi (per bulan) Rp 5.000
Limit penarikan tunai (per hari) Rp 7.000.000
Limit Transfer antar bank Rp 25.000.000

#5 Kartu ATM TabunganKu BCA

jenis kartu atm bca BCA tabunganku

Advertisement
Jenis kartu ATM selanjutnya adalah TabunganKU, yang merupakan program pemerintah yang diluncurkan mulai dari febuari 2010 oleh presiden SBY yang mana saat itu menjadi presiden NKRI.

Program ini dicetuskan untuk membuat rakyat Indonesia sadar akan pentingnya menabungsehingga rekening TabunganKu ini dilaksanakan kepada setidaknya 70 bank nasional dan juga bank pembangunan daerah.

Untuk setiap nasabah rekening TabunganKU akan mendapatkan buku tabungan beserta kartu ATM nya dengan memiliki ciri khusus sendiri. Warnanya adalah putih bercorak batik kuning keemasan. Sedangkan fiturnya antara lain adalah sebagai berikut:

  • Biaya pembuatan kartu ATM      : Rp. 0
  • Biaya penggantian kartu ATM    : Rp. 0
  • Biaya administrasi (per bulan)   : Rp. 0
  • Limit penarikan tunai (per hari): Rp. 7.000.000
  • Limit Transfer antar BCA            : Rp. 25.000.000
  • Limit Transfer antar bank           : (tidak dapat dilakukan oleh ATM TabunganKU BCA)

Simak juga info terkait tentang 12 jenis tabungan bebas biaya administrasi bulanan serta ulasan menarik lainnya mengenai cara transfer uang berbeda rekening bank.

#6 Kartu ATM Simpel (Simpanan Pelajar)

Jenis ATM yang satu ini serupa dengan kartu ATM yang dimiliki rekening TabunganKU yang mana keduanya merupakan penerbitan dari program yang dibuat oleh pemerintah. Tetapi ATM SimPel ini dicanangkan oleh presiden Joko Widodo pada 2015 silam.

Baca juga  Masalah Kartu ATM Tidak Terbaca Selalu Di Tolak Mesin, Chip Tidak Terdeteksi

Sasaran nasabah yang paling utama untuk kartu SimPel adalah dikhususkan bagi para pelajar dan berbeda dengan produk TabunganKu yang ditujukan untuk masyarakat umum.

Semua yang berstatus pelajar baik dari TK hingga SMA boleh menggunakannya dengan catatan masih berusia dibawah 17 Tahun.

Untuk beragam fitur dan besarnya limit transaksi yang dimiliki kartu ATM SimPel adalah sebagai berikut:

  • Biaya pembuatan kartu ATM      : Rp. 0
  • Biaya penggantian kartu ATM    : Rp. 0
  • Biaya administrasi (per bulan)   : Rp. 0
  • Limit penarikan tunia (per hari): Rp. 7.000.000
  • Limit Transfer antar BCA            : Rp. 25.000.000
  • Limit Transfer antar bank           : (Tidak dapat dilakukan oleh ATM SimPel)

#7 Kartu ATM LAKU BCA

Agar pelayanan Bank BCA kepada masyarakat bisa menjangkau hingga ke pelosok, maka BCA membuat suatu agen yang mana melayani pembuatan rekening dengan tidak perlu datang ke bank BCA langsung yang mungkin letaknya sangat jauh dari jangkauan masyarakat.

Agen tersebut ialah bernama agen LAKU BCA. Untuk biaya administrasinya sendiri adalah 0 rupiah alias gratis dan kartu ATM tersebut dapat digunakan pada mikro atm yang tersedia di setiap agen LAKU. Untuk limit atm BCA ini saat penarikan bisa mencapai hingga 5.000.000 setiap bulannya.

#8 Kartu Jenis ATM BCA Dollar

jenis kartu atm bca BCA DOLLAR

Advertisement
Jenis ATM BCA ini adalah ditunjukkan untuk nasabah bank BCA pemilik rekening BCA dollar yang mana nasabahnya membutuhkan transaksi dalam bentuk mata uang asing.

Seperti pada umumnya seorang pebisnis atau mungkin orang yang hobi melancong ke luar negeri atau bahkan seorang yang suka melakukan jual beli produk online dengan kurs Dollar.

Ada dua jenis mata uang dollar yang tersedia yakni dollar Singapura dan dollar AS. Untuk kartu ATM nya sendiri berwarna hijau dan terdapat tanda logo $ pada bagian depan ATM sebagai simbol bahwa kartu ini dapat digunakan untuk transaksi Internasional.

Jenis kartu ATM BCA Dollar dapat digunakan pada semua mesin ATM diseluruh Indonesia walaupun isi atm tersebut adalah mata uang Rupiah. Untuk biaya administrasi setiap bulan adalah 1 USD atau setara dengan 2 SGD.

Itulah beberapa jenis kartu debit yang dimiliki oleh Bank BCA. dan apabila anda berencana akan membuat kartu ATM sebaiknya menyesuaikan fitur yang tersedia dengan kebutuhan transaksi keuangan anda.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *