Kartu ATM BCA: Jenis Jenis Kartu Debit Dengan Limit Serta Biaya Yang Dibebankan

Jenis dan fitur ATM BCA

Kartu ATM itu banyak jenisnya, jenis-jenis yang ada itu tergantung dengan kebijakan setiap bank dan setiap macamnya memiliki fitur yang berbeda. Pada kartu ATM BCA, selama  ini ada tiga yang paling umum diketahui.

Tiga jenis kartu ATM itu adalah Silver, Gold, dan juga Platinum. Perbedaan yang ada pada ketiga jenis ATM tersebut tidak hanya terbatas dengan warna yang ada, tetapi juga biaya administrasi yang dikenakan setiap bulan dan juga batasan untuk transaksi tiap harinya.

Ternyata, jenis kartu ATM BCA tidak hanya itu saja. Berdasarkan informasi yang diperoleh, masih ada lima jenis lagi kartu ATM dari total delapan kartu ATM yang dimiliki Bank BCA. Lima jenis kartu ATM sisanya antara lain:

  1. Kartu ATM Xpresi
  2. Kartu ATM SimPel
  3. Kartu ATM TabunganKu
  4. Kartu ATM LAKU, dan
  5. Kartu ATM BCA Dollar

Ketentuan yang berlaku pada jenis jenis kartu debit BCA meliputi limit transaksi dan biaya administrasi

Lalu apakah perbedaan dari kedelapan kartu ATM tersebut? Apabila anda penasaran dengan penjelasan dari ke-delapan ATM tersebut, maka anda berada pada artikel yang tepat.

Berikut dijelaskan fitur-fitur yang dimiliki dari berbagai macam jenis atm yang dimiliki Bank Central Asia tersebut.

#1 Kartu ATM BCA Sliver atau Blue

Untuk kartu ATM jenis ini dapat dimiliki oleh nasabah dengan rekening tahapan BCA, Tahapan Gold, maupun Tapres BCA.

Sebenarnya, pemilik rekening ini dapat mempunyai warna lainnya seperti gold ataupun platinum. Tetapi, biasanya nasabah kemudian memilih ATM jenis ini karena biaya administrasi yang ditanggung tiap bulannya paling murah diantara ketiganya.

Untuk warna kartu ATM ini sesuai dengan namanya, yakni berwarna silver atau perak. Kebanyakan orang juga menyebutnya berwarna abu-abu. Untuk sekarang, warna ATM BCA satu ini menjadi berwarna biru atau blue. Untuk fitur kartu ini sendiri antara lain:

  • Biaya pembuatan kartu ATM          : Rp. 10.000
  • Biaya penggantian kartu ATM        : Rp. 10.000
  • Biaya administrasi (per bulan)       : Rp. 15.000
  • Limit penarikan tunai (per hari)    : Rp. 7.000.000
  • Limit Transfer antar BCA                : Rp. 25.000.000
  • Limit Transfer antar bank               : Rp. 10.000.000

Baca juga tips tentang cara kredit mobil baru dan bekas di BCA Finance serta info menarik lainnya mengenai Klik BCA Individual Internet Banking: Solusi PIN dan KeyBCA Terblokir.

#2 Kartu ATM BCA Gold

Selanjutnya adalah jenis kartu atm yang dimiliki bank PT Bank Central Asia yakni Gold. Sama dengan nasabah kartu silver kartu ini dapat dimiliki oleh seorang nasabah yang memiliki rekening Tahapan BCA, Tahapan Gold, dan Tapres BCA.

Kartu jenis gold ini tepat apabila digunakan untuk individu yang membutuhkan transaksi harian yang jumlahnya cukup besar.

Untuk warna dari kartu ATM ini warnanya adalah emas atau gold. Tetapi, meskipun begitu, banyak pula yang menyebutnya warna kuning. Untuk fitur serta biaya yang dimiliki kartu Gold ini adalah sebagai berikut:

  • Biaya pembuatan kartu ATM        : Rp. 15.000
  • Biaya penggantian kartu ATM      : Rp. 15.000
  • Biaya administrasi (per bulan)     : Rp. 17.000
  • Limit penarikan tunai (per hari)  : Rp. 10.000.000
  • Limit Transfer antar BCA              : Rp. 50.000.000
  • Limit Transfer antar bank             : Rp. 15.000.000

#3 Kartu ATM BCA Platinum

Dengan jenis tabungan yang sama dengan dua kartu ATM diatas, kartu ATM BCA Platinum memiliki biaya administrasi setiap bulannya yang paling mahal.

Walaupun demikian, hal tersebut sesuai dengan fitur limit yang juga besar. Kartu ATM BCA Platinum sangat cocok digunakan untuk pebisnis yang mana membutuhkan transaksi setiap hari dengan jumlah yang besar.

Untuk warna yang dimiliki oleh ATM Platinum adalah warna cenderung hitam. Lalu bagaimanakah fitur yang dimiliki kartu ATM BCA Platinum? berikut adalah fitur-fiturnya:

  • Biaya pembuatan kartu ATM      : Rp. 20.000
  • Biaya penggantian kartu ATM    : Rp. 20.000
  • Biaya administrasi (per bulan)   : Rp. 20.000
  • Limit penarikan tunai (per hari): Rp. 10.000.000
  • Limit Transfer antar BCA            : Rp. 100.000.000
  • Limit Transfer antar bank           : Rp. 25.000.000

#4 Kartu ATM Tahapan Xpresi BCA

Untuk kartu ATM yang satu ini, dapat dimiliki oleh nasabah bank dengan rekening Tahapan Xpresi. Untuk informasi, rekening tahapan Xpresi memiliki sasaran untuk anak muda yang energik.

Dengan fakta begitu, bank BCA menyediakan desain kartu ATM BCA dengan berbagai macam desain, yang totalnya mencapai 50 desain.

Apabila anda membuat ATM ini pada cabang utama BCA, anda bahkan bisa menggunakan atm BCA dengan desain foto anda pribadi. Lalu bagaimana terkait fitur yang dimiliki kartu ATM Tahapan Xpresi BCA? rinciannya adalah sebagai berikut:

  • Biaya pembuatan kartu ATM      : Rp. 25.000
  • Biaya penggantian kartu ATM    : Rp. 25.000
  • Biaya administrasi (per bulan)   : Rp. 5.000
  • Limit penarikan tunai (per hari): Rp. 7.000.000
  • Limit Transfer antar bank           :  Rp. 25.000.000

#5 Kartu ATM TabunganKu BCA

Jenis kartu ATM selanjutnya adalah TabunganKU, yang merupakan program pemerintah yang diluncurkan mulai dari febuari 2010 oleh presiden SBY yang mana saat itu menjadi presiden NKRI.

Program ini dicetuskan untuk membuat rakyat Indonesia sadar akan pentingnya menabung, Rekening TabunganKu ini dilaksanakan kepada setidaknya 70 bank nasional dan juga bank pembangunan daerah.

Untuk setiap nasabah rekening TabunganKU akan mendapatkan buku tabungan beserta kartu ATMnya. Untuk kartu ATM sendiri, memiliki ciri khusus sendiri. Warnanya adalah putih bercorak batik kuning keemasan. Untuk fiturnya antara lain adalah sebagai berikut:

  • Biaya pembuatan kartu ATM      : Rp. 0
  • Biaya penggantian kartu ATM    : Rp. 0
  • Biaya administrasi (per bulan)   : Rp. 0
  • Limit penarikan tunai (per hari): Rp. 7.000.000
  • Limit Transfer antar BCA            : Rp. 25.000.000
  • Limit Transfer antar bank           : (tidak dapat dilakukan oleh ATM TabunganKU BCA)

Simak juga info terkait tentang 12 jenis tabungan bebas biaya administrasi bulanan serta ulasan menarik lainnya mengenai cara transfer uang berbeda rekening bank.

#6 Kartu ATM Simpel (Simpanan Pelajar)

Jenis kartu ATM ini sejenis dengan kartu ATM yang dimiliki TabunganKU, yang mana keduanya merupakan sama yakni program yang dibuat pemerintah. Tetapi, untuk SimPel ini dicanangkan oleh presiden Joko Widodo pada 2015 silam.

Perbedaan antara TabunganKu dengan SimPel adalah khusus pelajar, berbeda dengan produk TabunganKu yang ditujukkan pada semua orang.

Untuk semua pelajar baik dari TK hingga SMA boleh menggunakannya dengan catatan usianya dibawah 17 Tahun. Lalu bagaimana dengan fitur yang dimilikinya? Fitur yang dimiliki kartu ATM SimPel adalah sebagai berikut:

  • Biaya pembuatan kartu ATM      : Rp. 0
  • Biaya penggantian kartu ATM    : Rp. 0
  • Biaya administrasi (per bulan)   : Rp. 0
  • Limit penarikan tunia (per hari): Rp. 7.000.000
  • Limit Transfer antar BCA            : Rp. 25.000.000
  • Limit Transfer antar bank           : (Tidak dapat dilakukan oleh ATM SimPel)

#7 Kartu ATM LAKU BCA

Agar pelayanan Bank BCA kepada masyarakat bisa menjangkau hingga ke pelosok, kemudian bank BCA membuat suatu agen yang mana melayani pembuatan rekening tetapi rakyat tersebut tidak perlu datang ke bank BCA yang mungkin letaknya jauh dari jangkauan dalam rangka ingin menabung atau melakukan transaksi perbankan.

Agen yang disebutkan tadi bernama agen LAKU BCA. Untuk biaya administrasinya sendiri adalah 0 rupiah alias gratis dan kartu ATM tersebut dapat digunakan pada mikro atm yang tersedia disetiap agen LAKU. Untuk penarikan, hingga 5.000.000 setiap bulannya.

#8 Kartu ATM BCA Dollar

Kartu ATM ini adalah ditunjukkan untuk nasabah pemilik kartu rekening ATM dollar, yang mana nasabahnya membutuhkan transaksi dalam bentuk mata uang asing.

Siapakah misalnya? misalnya adalah seorang bussinessman atau mungkin orang yang hobi melancong ke negara lain.

Ada dua jenis dollar yang tersedia, yakni dollar singapura dan dollar AS. Untuk kartu ATM nya sendiri berwarna hijau dan terdapat tanda $ pada bagian depan ATM yang merupakan simbol dari dollar itu sendiri.

Kartu ATM BCA Dollar dapat digunakan pada ATM BCA diseluruh Indonesia walaupun isi atm nya adalah uang rupiah. Untuk biaya adminsitrasinya setiap bulan adalah 1 USD atau setara dengan 2 SGD.

Itulah beberapa jenis kartu ATM yang dimiliki Bank BCA. Apabila anda berencana membuat kartu ATM, sebaiknya anda menyesuaikan dengan kebutuhan yang anda miliki dengan fitur yang tersedia disetiap jenis ATM nya. Semoga bermanfaat!

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!