Advertisement

Solusi Keuangan Untuk Mahasiswa: Tempat Meminjam Uang Tanpa Jaminan

Pinjaman Uang Untuk Mahasiswa

Dimana tempat paling tepat meminjam uang tanpa menggunakan jaminan khusus untuk mahasiswa? Kadang kondisi finansial yang buruk kerapkali melanda seorang mahasiswa sehingga memaksanya harus memperoleh pertolongan keuangan dengan cara hutang.

Mendapatkan pinjaman tanpa adanya jaminan memanglah sangat diinginkan oleh orang orang yang membutuhkan uang dalam situasi tertentu.  Salah satu contohnya adalah mahasiswa, karena seorang mahasiswa tidak selamanya berkecukupan untuk memenuhi kebutuhannnya.

Bahkan ketika mereka membutuhkan uang yang lebih untuk bisa memenuhi kebutuhannya, sehingga tidak jarang mahasiswa juga memiliki kerja sampingan untuk menambah pendapatan mereka. Namun yang terpenting pekerjaan apapun yang dilakukan haruslah pekerjaan yang positif.  Jangan karena memburu uang yang banyak sehingga mereka mengambil pekerjaan apapun tanpa memikirkan resikonya.

Mungkin kebanyakan dari mereka tinggal sendiri di kota tempat ia menuntut ilmu dari pada tetap tinggal dengan orang tua, inilah mungkin salah satu penyebab mereka sering membutuhkan dana yang lebih.

Tempat meminjam uang yang paling direkomendasikan untuk mahasiswa

Pinjaman yang diberikan tanpa jaminan merupakan salah satu keuntungan tersendiri bagi para mahasiswa untuk mendapatkan dana lebih seperti Kredit Tanpa Agunan atau yang biasa disebut dengan KTA dan berikut ini adalah beberapa alternatif yang patut untuk dicoba.

#1 Meminjam kepada saudara

Sebelum anda memutuskan untuk meminjam uang di bank atau tempat lain yang menyediakan pinjaman, maka sebaiknya anda coba terlebih dauhulu meminjam kepada saudara.

Misalkan saja meminjam kepada saudara kandung atau saudara sepupu tentunya akan lebih mudah dan tanpa perlu takut proses yang ribet. Pastinya mereka akan memberikan pinjaman kepada anda walaupun jumlahnya tidak terlalu besar.

#2 Meminjam kepada teman

Alternative yang kedua yaitu coba diskusikan dahaulu kepada teman. Jika anda mempunyai teman dekat yang sangat baik dan sedang memiliki uang lebih, maka bukan tidak mungkin anda akan diberikan pertolongan.

Namun alangkah baiknya ketika anda akan mengembalikan uang tersebut maka sesuaikanlah dengan waktu yang telah anda tetapkan dengan teman anda. Hal ini anda lakukan supaya tidak membuat teman anda kecewa sehingga tidak merusak hubungan persahabatan.

#3 Meminjam di Samdede ( Tempat Gadai Ijazah Untuk Mahasiswa )

Tempat yang ketiga yaitu di tempat gadai ijazah. Ketentuannya jika kelulusan anda dari SMA terbilang baru maka dana yang akan anda dapatkan pun juga akan semakin banyak.

Misalkan saja anda lulus tahun 2015 maka uang yang bisa anda dapatkan dari tempat gadai ini kurang lebih sebesar Rp 450.000 beda lagi jika anda lulus pada tahun 2016 maka uang yang akan anda dapatkan bisa mecapai Rp 500.000.

Ketika anda mengambil peminjaman dengan cara ini maka sebaiknya di lakukan dalam waktu yang tidak terlalu lama, karena semakin lama anda meminjam maka akan semakin besar pula bunga yang akan anda dapatkan.

Namun sayang sekali untuk pinjaman uang dengan jaminan ijazah ini masih terbatas hanya diwilayah Jogja dan sekitarnya menurut sumber www.facesiana.com

#4 Meminjam dana secara online

Jika anda tidak mau meminjam melalui beberapa tempat di atas, maka alternative selanjutnya yakni meminjam uang melalui situs online penyedia jasa keuangan dan yang seperti ini sudah banyak ditawarkan di internet.

Peminjaman metode ini banyak memberikan kemudahan bagi para calon debitur untuk meminjam dalam waktu yang singkat saja yakni sekitar satu sampai enam bulan saja.

Apabila anda memilih peminajaman jenis seperti ini maka bunga yang akan anda dapatkan pun juga relative besar yakni 2%, hal ini sebenarnya sudah wajar saja karena proses yang cukup mudah pastinya memiliki resiko yang juga sangat tinggi.

Berikut ini 2 tempat peminjaman online yang bisa anda kunjungi dan bandingkan satu sama lain mana sekiranya yang lebih mudah dan mengguntungkan:

  • Uangteman.com – Situs ini merupakan jenis lembaga peminjaman dengan jangka waktu yang pendek. Sehingga anda tidak akan bisa meminjam dana sampai puluhan juta dalam jangka waktu beberapa tahun. Batas atau jumlah nominal yang diberikan yaitu sekitar Rp 2 juta hingga Rp 10 juta. Jumlah itu haruslah anda selesaikan dalam waktu bebrapa bulan saja dengan bunga yang juga cukup tinggi yakni 2% setiap bulannya.
  • Duitpintar.com – Untuk yang kedua yakni duitpintar.com yang merupakan salah satu jenis biro peminjaman uang dalam jangka waktu pendek. Banyak beragam produk pinjaman yang ditawarkan oleh situs keuangan ini dan anda bisa menyesuaikan dengan kemampuan. Untuk lebih detailnya bisa disimak pada artikel tempat meminjam uang online yang terpercaya.

Persyaratan pinjam dana untuk mahasiswa

Beberapa persyaratan yang paling umum untuk melakukan proses pengajuan pinjaman bagi yang masih berstatus mahasiswa diantaranya adalah:

  1. Fotocopy KTP beserta dengan KTM (KartuTanda Mahasiswa)
  2. Fotocopy Kartu Keluarga
  3. Warga Negara Indonesia
  4. Pada saat peminjaman minimal berusia 21 Tahun

Satu hal lagi yang perlu diingat oleh para mahasiswa yaitu tidak semua tempat peminjaman akan memberikan kemudahan. Pastinya ada persyarata lain yang bisa menjadi kendala anda dalam proses melakukan pinjaman.

Sebenarnya hal semacam ini wajar karena para pihak pemberi pinjaman harus mengantisipasi jika anda sebagai pihak peminjam ada kelailan dalam membayar angsurannya.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!