Advertisement

7 Strategi Menjadi Pengusaha dan Pebisnis Tanpa Perlu Modal Besar

Strategi pengusaha dan pebisnis tanpa modal

Ingin menjadi pengusaha dan pebisnis tapi tidak mempunyai modal besar tampaknya bukan hal yang sulit untuk dilakukan sekarang ini dengan syarat anda memiliki kompetensi yang patut di andalkan.

Saat ini menjadi seorang pengusaha merupakan pilihan karir yang cukup diminati oleh para kaula muda. Dari tahun ke tahun orang kian kreatif hingga lebih memilih untuk membuka usaha sendiri dari pada bekerja dengan orang lain di mana semua hal yang berkaitan dengan uang sudah bisa diukur dan dipastikan.

Minat masyarakat terhadap sebuah bisnis saat ini bisa dikatakan sangat luar biasa karena di mana mana ada banyak usaha baru yang berdiri entah itu di bidang bisnis online, jasa, usaha kuliner, design dan lain sebagainya.

Hal ini patut untuk kita apresiasi dan tentunya terus didukung karena dengan adanya hal ini pastinya membawa dampak positif bagi bangsa Indonesia sehingga ekonominya bisa terangkat.

Membangun bisnis dan usaha tanpa modal besar ialah bagi yang mau bekerja keras

Tidak jarang masyarakat masih bingung mengenai usaha apa yang ingin mereka rintis sehingga akhirnya tidak pernah terealisasi.

Memang dalam mendirikan sebuah usaha tidak bisa dipisahkan dengan yang namanya modal. Karena ketika sebelum usaha terwujud saja anggaran untuk modal sudah harus kita keluarkan.

Memang kesannya mustahil kalau berusaha tanpa memiliki modal, namun bukan berarti tidak ada bisnis yang bisa anda lakukan untuk bisa menjadi seorang pengusaha dengan modal yang terbatas atau bahkan tanpa modal.

Berikut ini ada beberapa tips dan jurus yang bisa anda terapkan untuk menjadi pebisnis dengan modal terbatas.

#1 Temukan dahulu potensi dari diri anda sendiri

Jika anda merupakan salah satu orang yang kreatif maka anda bisa mencoba untuk menciptakan produk baru yang sesuai dengan keahlian dan kreatifitas anda.

Dengan menggunakan seluruh tenaga dan kemampuan anda maka modal yang seharusnya keluar bisa ditekan seminimal mungkin sehingga bukan tidak mungkin akan menjadi usaha yang menguntungkan.

Alangkah baiknya jika anda segera mendaftarkan merek produk anda supaya memiliki hak paten sehingga kreatifitas ada akan tetap terjaga dan tentunya mendapatkan apresiasi.

Jika anda rasa sangat kreatif dalam membuat sebuah produk akan tetapi kurang mampu dalam hal pemasaran maka anda bisa bekerjasama dengan distributor.

#2 Bisnis reseller

Jika anda tidak memilki jaringan yang cukup luas maka anda bisa menjadi reseller dengan menjual kembali barang barang produk orang lain. Pekerjaan ini cocok bagi anda yang memiliki banyak relasi sehingga dengan begini maka anda akan mudah mendapatkan konsumen.

#3 Menjadi broker (Makelar)

Atau jika tidak memiliki hal hal seperti di atas maka anda bisa membantu orang lain untuk menemukan orang yang membutuhkan produk dengan orang yang kreatif dalam membuat produk.

Keuntungan yang akan anda peroleh cukup memuaskan walaupun pembagiannya hanya beberapa persen dari jumlah penjualan.

#4 Menawarkan jasa

Tidak hanya barang saja yang dibutuhkan oleh konsumen melainkan jasa pun saat ini sedang banyak dicari oleh masyarakat.

Jika anda memiliki kemampuan dalam bidang jasa seperti memasak, mengajar, ataupun yang lainnya maka anda bisa membuatnya menjadi sesuatu yang bermanfaat dan tentunya menghasilkan keuntungan.

#5 Dekati investor

Jika anda merupakan salah satu orang yang memiliki keterbatasan modal namun mempunyai ide yang cemerlang maka tidak ada salahnya anda mencari investor.

Kesulitannya di sini hanyalah membangun kepercayaan antara anda dengan investor, bagaimana caranya supaya mereka mau membiayai usaha anda dan tentunya mereka tetap mendapatkan keuntungan dari bantuannya tersebut.

Kemampuan yang perlu anda miliki untuk bisa membangun kepercayaan ini adalah komunikasi dan strategi negosiasi atau melobi orang.

#6 Bisnis dropship

Jalankan usaha dengan system dropship. System ini sebenarnya hampir sama dengan reseller bedanya anda tidak perlu menyediakan tempat untuk menampung barang dagangan.

Tugas yang harus anda lakukan di sini adalah mendapatkan konsumen kemudian memberikan pesanan tersebut kepada pemilik barang untuk kemudian dikirim langsung ke alamat konsumen. Pekerjaan ini paling cocok sebagai peluang bisnis ibu rumah tangga yang memiliki banyak waktu luang.

#7 Spekulasi mengajukan pinjaman modal

Tips terakhir adalah dengan melakukan pinjaman ke bank. Melakukan pinjaman modal usaha ke bank tergolong gampang gampang susah, akan mudah jika semua persyaratannya telah anda penuhi dan akan sulit jika semua persyaratannya tidak bisa anda penuhi.

Di setiap bank menerapkan kebijakan yang berbeda beda terkait syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh calon peminjam.

Anda bisa bebas memilih pinjaman mana yang anda rasa sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan untuk mengembalikan pinjaman nantinya.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!