Bisnis Jual Beli Mobil Bekas: 5 Strategi Jitu Agar Bisa Untung Puluhan Juta Rupiah

Strategi usaha bisnis jual beli mobil bekas

Rahasia sukses dan strategi paling jitu dalam menekuni usaha bisnis jual beli kendaraan bermotor khususnya mobil bekas memang memerlukan pengalaman panjang.

Di jaman yang penuh dengan teknologi ini ada banyak jenis pekerjaan yang bisa dikerjakan untuk mendapatkan penghasilan yang tinggi. Baik yang berbasis online ataupun tidak, keduanya sama sama menguntungkan bila anda jeli dalam memanfaatkan peluang.

Salah satu bisnis yang saat ini cukup menguntungkan adalah bisnis jual beli mobil bekas. Tidak selamanya yang namanya bekas itu buruk. Perlu diketahui bahwa bisnis ini cukup menjanjikan keuntungan yang lumayan besar. Salah satu faktor pendorongnya yaitu semakin banyaknya kebutuhan masyarakat terhadap kendaraan bermotor terlebih lagi bagi penduduk kota.

Dari waktu ke waktu harga dari kendaraan bermotor terutama mobil cenderung meningkat, sehingga banyak masyarakat yang memilih mobil bekas sebagai alternatifnya.

Kondisi seperti inilah yang akhirnya membuat bisnis semacam ini menjadi ramai. Bisnis ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan bisnis property. Modal yang perlu anda persiapkan pun terbilang relative tinggi. Karena mobil merupakan salah satu barang mewah, jadi tidak setiap hari barang ini bisa laku dijual.

Sehingga anda perlu untuk memiliki kesabaran ekstra. Penting juga untuk anda ingat bahwa target konsumen anda itu adalah orang yang berada pada kelas menengah ke atas, sehingga anda pun juga perlu untuk memperhitungkan lokasi tempat anda membuka bisnis tersebut. Terlalu sulit memang untuk menjalankan bisnis ini, jika lokasi yang anda pilih kurang tepat.

Beberapa faktor yang menjadi strategi sukses bisnis usaha jual beli mobil bekas lebih menguntungkan

Nah, untuk bisa menjalankan bisnis ini dengan mudah maka anda perlu memperhatikan beberapa tips berikut ini.

#1 Memilih tempat strategis sebagai showroom mobil

Tidak mudah untuk menjalankan bisnis ini, terlebih lagi jika anda belum memiliki lokasi yang cukup. Mengingat bisnis ini membutuhkan showroom sebagai tempat menjual mobil maka anda perlu memikirkan lokasi mana yang sekiranya cocok dengan bisnis ini.

Tak perlu membeli lahan untuk membuatnya, cukup dengan menyewa tempat saja. Asalkan lokasi yang anda pilih cukup untuk menampung mobil mobil tersebut dan tentunya strategis. Seperti dekat dengan jalan raya dan bisa dijangkau dengan mudah oleh banyak orang.

Pemilihan tempat bisnis akan sangat mempengaruhi minat konsumen dan keberlangsungan usaha anda. Umumnya masyarakat tidak suka bila lokasinya terlalu sulit untuk ditemukan. Simak ulasan lebih detail mengenai tips memilih tempat usaha yang strategis.

#2 Memilih jenis mobil bekas yang paling laku dan laris banyak peminat dipasaran

Ketika anda telah memiliki bisnis ini maka pikirkanlah jenis mobil apa yang sekiranya banyak diminati oleh masyarakat. Jangan sampai salah pilih, karena hal ini akan menentukan cepat tidaknya mobil tersebut dibeli oleh konsumen.

Mobil mobil yang memiliki merk dagang yang bagus maka akan membuat usaha anda semakin lancar selain itu anda perlu untuk memperhatikan tahun pembuatannya.

Mobil yang terlampau tua sama sekali tidak disenangi masyarakat. Kecuali memang orang orang yang ingin mengoleksi mobil kuno. Periksa pula kondisi dari mobil usahakan masih dalam keadaan bagus dan tentunya layak pakai. Hal ini untuk menghindari kekecewaan konsumen saat bertransaksi dengan anda.

#3 Perbaiki penampilan fisik kendaraan supaya lebih menarik dan tampak original

Sebelum menjual mobil tersebut pastikan keadaan dan tampilan dari mobil tersebut. Kondisi fisik akan sangat menentukan minat dari konsumen.

Percantik mobil tersebut supaya terlihat baru. Dengan begini maka harga jual mobil tersebut bisa meningkat dan tentunya konsumen aka merasa puas.

Periksa juga kondisi mesin apakah masih dalam keadaan baik atau tidak. Kalau perlu perbaiki semua interior dan eksterior mobil yang sekiranya kurang bisa menarik minat konsumen.

Simak juga ulasan terkait mengenai BCA Finance tempat kredit mobil baru dan bekas DP 30% serta artikel menarik lainnya tentang perhitungan kredit mobil untuk bisnis taksi online.

#4 Pemeriksaan terhadap kelengkapan surat surat atau dokumen kendaraan

Walaupun mobil tersebut bekas tetapi surat suratnya tetap harus ada. Oleh sebab itu ketika akan mendatangkan mobil tersebut maka pastikan kelengkapan dan keaslian dokumen dokumennya.

Bisnis seperti ini sangat rentan dengan tindak kejahatan penipuan. Tidak ada salahnya jika anda memeriksa semuanya dengan teliti.

Kelengkapan surat surat kendaraan ini membuktikan bahwa mobil tersebut dalam keadaan legal. Dengan begini maka citra perusahaan anda semakin baik sehingga konsumen akan semakin percaya dengan anda.

#5 Membangun relasi atau jaringan sesama penjual dan broker (makelar) mobil bekas

Bisnis seperti ini sangat membutuhkan jaringan yang cukup luas. Karena tidak mungkin anda hanya akan terpaku dengan konsumen yang dari dalam daerah itu saja.

Semakin banyak konsumen yang datang maka akan semakin bagus pula bagi usaha anda. Untuk memperluasnya maka anda bisa mempromosikan bisnis ini lewat media sosial.

Selain itu berikan pelayanan yang memuaskan bagi konsumen sehingga pihak konsumen secara tidak langsung bisa merekomendasikan bisnis anda kepada teman temannya.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!