Optimasi Peringkat Laman WEB: Pentingnya SEO Untuk Memenangkan Bisnis

BY AUTHOR

Centrausaha.com – Saat ini kita telah memasuki era dimana sebuah website ialah salah satu sarana penting dalam menunjang kesuksesan menjalankan bisnis.

Dengan kecanggihan perangkat smartphone dan murahnya akses internet, tentu saja masyarakat semakin mudah untuk mendapatkan informasi apa yang mereka inginkan cukup dengan bantuan teknologi mesin pencari seperti google, bing, dan masih banyak lagi.

Dari hasil pencarian tersebut akan disuguhkan pilihan berupa link yang nantinya merujuk pada sebuah halaman website yang di anggap paling releven oleh algoritma mesin pencari guna memberikan informasi secara utuh kepada penggunanya.

Relevansi SEO Peringkat Halaman Web Terhadap Kesuksesan Bisnis

Strategi SEO untuk bisnis

Advertisement

Mengapa begitu penting untuk melakukan optimasi terhadap peringkat laman web yang dibangun sebagai sarana bisnis? Tentu saja hal ini disebabkan oleh ketatnya persaingan bisnis yang serupa dan mereka selalu berlomba untuk bisa tampil di ranking teratas pada hasil pencarian.

Untuk dapat menduduki ranking terbaik pada sebuah mesin pencari, maka sangat dibutuhkan yang namanya SEO (Search Engine Optimization) yaitu suatu tindakan yang dilakukan untuk membuat halaman website menjadi pemenang sehingga bisa memperoleh kunjungan.

Dengan demikian sudah pasti apabila website yang dibangun bisa memperoleh posisi ranking peringkat laman terbaik di mesin pencari, maka potensinya akan lebih mudah dan cepat ditemukan oleh target pasar yang dibidik oleh pemilik bisnis tersebut.

Berbagai Strategi SEO Untuk Meningkatkan Peringkat Laman

Secara umum, upaya optimasi terhadap ranking sebuah halaman situs web yang bersaing pada hasil pencarian dapat di kelompokkan dalam 2 kategori yaitu:

#1 White hat SEO: Teknik optimasi legal

Sebenarnya pengertian tentang teknik optimasi legal ini tidak sepenuhnya memiliki parameter yang pasti sehingga para pengembang website atau SEO spesialis masih harus melakukan analisa terhadap banyak faktor yang dapat menjadi pendukung hasil peringkat laman web.

Sedangakan dari pengembang mesin pencari sendiri seperti Google hanya memberikan tips umum tentang bagaimana agar sebuah halaman web bisa memberikan informasi paling relevan bagi penggunanya.

Hal ini tentu saja google bertujuan agar selalu bisa memberikan pengalaman terbaik atau User Experience bagi penggunanya yang selama ini sudah banyak bergantung terhadap mesin pencari sebagai sumber informasi paling cepat.

Dari sisi pengembang web, beberapa teknik SEO yang aman untuk memenangkan peringkat laman sesuai dengan update algoritma mesin pencari diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Menggunakan TOP Level Domain (TLD) – Yaitu sebuah situs web yang dibangun menggunakan domain tingkat atas seperti .com .net .id tentu saja akan lebih profesional dibandingkan menggunakan sub domain publik sperti .blogspot.com.
  • Melakukan riset keyword – Sebuah halaman web akan memperoleh kunjungan apabila kata kunci (keyword) yang dibidik adalah sebuah frase kata atau kalimat yang benar benar ada pencarinya.
  • Konten berkualitas – Setelah pengunjung menemukan halam web, maka harus disajikan sebuah konten yang dapat memberikan mereka informasi akurat sehingga hal ini akan memberikan sinyal pada mesin pencari bahwa laman web tersebut layak untuk diberikan ranking terbaik.
  • Memberikan sumber referensi valid – Sebagai penunjang informasi yang lebih lengkap, maka seorang SEO spesialis akan lebih baik apabila dapat memberikan link rujukan lain yang bisa mendukung konten web mereka.

Dari beberapa contoh SEO ranking faktor di atas yang secara umum termasuk dalam kategori optimasi legal sebenarnya tidak memiliki aturan mutlak.

Para pengelola web bisnis yang di dukung oleh seorang SEO spesialis tentu saja masih bisa melakukan beragam teknik yang ranahnya bisa saja abu abu untuk dapat meraih peringkat laman terbaik mereka diantarnya membangun backlink secara manual dll.

#2 Black hat SEO atau juga dikenal dengan spamdexing

Pengertian black hat SEO adalah sebuah teknik yang digunakan untuk meraih peringkat ranking halaman web dengan cara ilegal atau melanggar aturan algoritma mesin pencarian.

Cara ini sebenarnya sangat berbahaya bagi website itu sendiri bahkan juga kurang baik untuk pengalaman pengguna karena biasanya sering memberikan informasi yang kurang relevan.

Meskipun demikian masih banyak para praktisi SEO yang menerapkan teknik ini untuk mengejar ranking dengan cara instan meskipun berisiko dan sangat tidak di anjurkan untuk keberlangsungan website jangka panjang.

Diantara beberapa contoh teknik Black hat SEO yang paling banyak dipakai oleh praktisi SEO adalah sebagai berikut:

  • Keyword Stuffing – Membidik kata kunci secara berulang sehingga konten web sangat tidak natural bahkan cenderung aneh rangkaian kalimat kalimatnya.
  • Cloacking – Tindakan menarget kata kunci yang sebenarnya tidak sesuai dengan isi konten web sehingga membuat pengunjung tidak bisa menemukan informasi tepat yang mereka butuhkan.
  • Content Scrapping – Sebuah cara membangun website dengan konten yang berisi informasi bajakan atau curian tanpa mencantumkan sumbernya bahkan hal ini biasanya dilakukan secara besar besaran dalam tempo yang singkat.

Teknik SEO ilegal ini masih banyak lagi jenisnya dan bahkan sudah banyak alat yang berupa sebuah program (software) yang bisa diperjual belikan untuk membantu peningkatan ranking laman web secara instan.

Kembali lagi pada poin pengalaman pengguna yang mana tujuan pembuatan website ialah untuk memuaskan mereka yang ingin memperoleh informasi valid, maka setidaknya mengisi web dengan konten berkualitas ialah salah satu faktor paling penting dalam strategi SEO.

Mungkin hal ini sangat berbeda dengan 10 tahun silam yang mana tingkat persaingan ranking pada mesin pencari seperti google tidak seketat sekarang karena hampir setiap bisnis sudah memiliki situs web sebagai media portofolio atau sarana promosi.

Sebagai pemilik bisnis yang mempromosikan usahanya baik di bidang jasa maupun sebuah produk fisik dengan menggunakan website, tentu saja saat ini mutlak dibutuhkan adanya praktisi SEO guna membantu dalam memperoleh peringkat laman terbaik di mesin pencari.

Felian Reza
Tertarik dengan dunia teknologi. Aktif mengelola web pribadi dengan topik keuangan dan bisnis.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

POST TERBARU