Advertisement

4 Hal Penting Sebelum Melakukan Pinjaman BPR Agar Tidak Bermasalah

Pinjaman uang di BPR terbaik bunga ringan

Ingin mengajukan pinjaman uang kepada BPR dengan menggunakan jaminan sertifikat rumah dan surat berharga lainnya maka penting bagi anda untuk memperhatikan beberapa hal agar semuanya berjalan lancar.

Semakin lama jaman juga semakin berkembang dan hal ini tentunya diikuti juga dengan bertambahnya kebutuhan manusia sehingga tidak jarang mereka yang ingin memenuhi kebutuhannya harus melakukan pinjaman kepada bank dan merelakan harta benda mereka sebagai jaminan.

Salah satu instansi yang memberikan fasilitas pinjaman adalah Bank Pengkreditan Rakyat (BPR).  Bank ini memang diperuntukkan bagi masyarakat yang kesulitan dalam hal financial bisa melakukan pinjaman di sini.

Tips untuk anda yang berniat akan menggadaikan sertifikat rumah di BPR

Lembaga keuangan termasuk BPR tidak hanya asal memberikan pinjaman saja, pihak bank ini juga melakukan pertimbangan terlebih dahulu untuk menentukan pihak pihak yang memang layak untuk diberikan pinjaman dengan memenuhi semua syarat dan ketentuannya.

Misalkan saja mereka yang tidak memiliki pekerjaan tetap ingin mengajukan pinjaman, maka ia belum tentu bisa diterima atau bahkan ditolak, karena mereka dianggap tidak memiliki penghasilan yang layak untuk bisa memenuhi angsuran tiap bulannya.

Dengan demikian sudah jelas bahwa tidak semua orang bisa mendapatkan pinjaman melalui BPR.

Di Indonesia terdapat banyak sekali jenis dari BPR. Anda sebagai calon peminjam dana sebaiknya pandai menganalisa bank mana yang cocok untuk anda pinjami tanpa adanya hal yang memberatkan nantinya.

Berikut ini adalah 4 tips agar anda tidak salah ketika memilih BPR yakni:

#1 Pilih kemudahan dalam pencairan dana

Sebelum anda melakukan pinjaman ke BPR maka alangkah baiknya anda selektif dalam memilih BPR mana yang akan memberikan kemudahan untuk anda dalam hal bunga dan pencairan dananya.

Sebab bila bank yang anda tuju memiliki proses yang lama dalam hal pencairan dana disaat kebutuhan sedang dalam keadaan terdesak, maka anda sendiri yang akan rugi waktu prosesnya.

Jangan asal memilih bank, semua yang telah menjadi keputusan anda maka resikonya juga harus siap anda terima.

#2 Perhatikan suku bunga

Sebaiknya anda pilih BPR yang menyediakan suku bunga yang kecil hal ini agar bisa memudahkan anda dalam angsuran setiap bulannya tanpa ada kendala.

Karena bila anda melakukan pinjaman lunak namun juga dibebani denggan suku bunga yang tinggi maka pinjaman ini tidak akan memberikan solusi bagi anda justru malah menambah masalah nantinya.

#3 Pertimbangkan rekomendasi dari yang berpengalaman

Sebaiknya tanyalah kepada banyak orang mengenai BPR mana yang memberikan pelayanan memuaskan sebelum anda putuskan untuk menjadi nasabahnya sebelum menyesal.

Ini bisa anda jadikan pertimbangan supaya anda tidak salah memilih jadi semakin banyak referensi yang masuk maka semakin baik untuk anda.

#4 Cari perbandingan antar BPR lainnya

Jika diperlukan anda bisa membandingkan antara BPR yang satu dengan yang lainnya sebagai bahan pertimbangan sebelum keputusan dibuat.

Jangan pernah ragu untuk menggali informasi dari pihak bank terkait mengenai semua fasilitas beserta resikonya supaya tidak ada persepsi yang salah untuk anda pahami.

Itu tadi beberapa tips yang bisa di gunakan untuk memilih BPR yang tepat sebelum melakukan pinjaman.

Selain itu anda juga perlu memperhatikan syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh BPR dalam prosedur peminjaman.

Adapun syarat dan ketentuannya adalah sebagai berikut:

  • Usia minimal bagi para peminjam adalah 21 tahun yang sudah termasuk usia dewasa. Anda bisa menunjukannya dengan memberikan Kartu Tanda Penduduk anda.
  • Usia maksimal yang masih diperbolehkan untuk melakukan pinjaman di Bank Pengkreditan Rakyat adalah 55 tahun bagi karyawan swasta dan 60 tahun bagi professional ataupun pengusaha.
  • Harus memiliki pengalaman kerja yakni minimal 2 tahun. Bagi yang tidak memilikinya tentu saja tidak diperbolehkan.
  • Tidak hanya itu anda juga harus mampu dalam membayar angsurannya beserta dengan bunga yang telah dibebankan kepada anda setiap bulannya.
  • Haruslah memiliki pekerjaan tetap yang penghasilannya bisa anda gunakan setiap bulannya untuk membayar angsurannya. Karena ini merupakan syarat mutlak agar bisa mendapatkan pinjaman¬† dari BPR.

Simak juga artikel tentang proses membeli ruko secara kredit dengan pembiayaan bank BCA dan ulasan menarik lainnya mengenai tabel pinjaman dan angsuran kredit bank BRI sesuai dengan tenornya.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!