Advertisement

12 Negara Yang Memiliki Standar Membayar Gaji Buruh Paling Tinggi Di Dunia

Negara dengan standar upah gaji buruh tertinggi di dunia

Negara dengan standar gaji buruh tertinggi di dunia pada umumnya ialah yang telah memiliki peradapan cukup maju bahkan bisa dibilang yang sudah sangat makmur baik dalam pemerintahan hingga kesejahteraan rakyatnya.

Mendapatkan pekerjaan di perusahaan dengan gaji yang tinggi memang merupakan impian banyak orang. Namun sungguh menyedihkan di negara kita sendiri untuk gaji buruh terbilang masih jauh dari cukup dibandingkan dengan negara lain yang mampu memberikan upah yang sangat tinggi bagi para buruh.

Sebenarnya sampai pada saat ini sudah banyak warga negara Indonesia yang bisa bekerja di luar negeri seperti Taiwan, TKI di Korea Selatan bahkan tidak sedikit pula kaum wanita yang berbondong bondong bekerja sebagai TKW Hongkong dan lain sebagainya.

Daftar negara dengan standar gaji buruh tertinggi di dunia

Berikut ini adalah daftar negara yang telah memiliki kebijakan tentang standar upah gaji buruh paling tinggi dibandingkan dengan negara negara lainnya.

#1 USA – Amerika Serikat

Negara adidaya terbesar Amerika Serikat merupakan negara terkaya dan terkuat di dunia sebab selain memiliki sumber daya alam yang melimpah juga sebagai negara importir terbesar dan untuk barang eksportir berada di peringkat kedua dunia.

Besar pendapatan kotor tahunan bagi buruh di As adalah kurang lebih US $ 55.000 apabila dikurs menjadi rupiah adalah Rp 731 juta per tahun atau tiap bulannya adalah Rp 60 juta.

Jam kerja rata-rata di AS adalah 44 jam dalam seminggu. Nominal yang sangat besar bagi seorang buruh perusahaan.

Disana pun juga dikenakan pajak penghasilan yang besarnya adalah 23%. Sebanding dengan lama bekerja, besar pajak dan upah yang diterima.

Baca juga ulasan terkait mengenai syarat dan tips yang harus diperhatikan untuk bisa kerja ke luar negeri serta artikel menarik lainnya tentang tata cara mencari pekerjaan melalui event job fair.

#2 Swiss

Siapa yang tidak kenal dengan negara Swiss yang terkenal dengan coklatnya. Negara ini termasuk dalam daftar negara yang memberikan upah buruh per tahunnya hingga sebesar US $ 50.000 atau setara dengan Rp 666,5 juta per tahun atau Rp 55.4 juta per bulan.

Pajak yang dikenakan juga terbilang cukup besar yaitu 30%. Swiss merupakan negara yang paling kuat di bidang manufaktur seperti penghasil bahan kimia, spesialis kesehatan dan farmasi, instrument alat musik.

#3 Australia

Benua Australia memiliki perekonomian paling kuat di dunia serta merupakan negara eksportir besar untuk bahan makanan, mineral serta minyak.

Upah yang diberikan bagi buruh yang bekerja di negara ini setiap tahunnya adalah US $ 44.983 sebanding dengan Rp 599 juta tiap tahun atau Rp 49 juta per bulan.

Standar jam kerja negara ini cukup pendek jika dibandingkan dengan negara lain yaitu 25 jam setiap minggu dan pajak yang dibebankan hanya 23% saja.

#4 Luksemburg

Masih berada di kawasan Benua Eropa, negara yang memberikan upah tertinggi bagi buruh adalah Luxemburg yang merupakan pusat keuangan di Eropa.

Selain itu negara ini merupakan negara utama yang menyediakan baja dan terbukti dari market ekspor yang sangat luas.

Komoditi eksport lainnya seperti karet, bahan kimia, dan mesin industry. Pendapatan kotor setiap tahun bagi buruh adalah Rp 705 juta atau setara dengan Rp 58.7 juta setiap bulan dengan pajak yang dikenakan lebih tinggi dibandingkan dengan AS yakni 28%.

#5 Irlandia

Irlandia adalah negara yang memiliki pusat pertanian di Inggris dengan memberikan upah kepada karyawan sedikit lebih rendah di bawah dari AS.

Pendapatan kotor per tahun yang diterima buruh adalah kurang lebih US $ 51.000, jika diubah ke mata uang Indonesia adalah Rp 679 juta per tahun atau sama dengan Ro 56.5 juta perbulan.

Untuk pajaknya sendiri termasuk paling rendah jika dibandingkan dengan negara Eropa lainnya yaitu hanya sebesar 18.9%.

#6 Kanada

Negara Kanada merupakan salah satu negara yang kaya akan stok minyak dan berada pada peringkat kedua setelah Arab Saudi.

Selain itu negara ini memiliki sumber daya alam yang sangat besar berupa uranium, seng, nikel, emas dan alumunium serta kekayaan di bidang pertanian. Oleh sebab itu negara ini dikatakan salah satu negara yang sangat makmur dan kaya raya.

Berbicara mengenai pendapatan buruh per tahun yang diberikan adalah sebesar US $ 42.000 atau Rp 560 juta.

Sehingga setiap bulannya adalah sebesar Rp 46 juta dengan besar pajak yang dikenakan hanya 23%. Jam kerja pokok di Kanada juga tidak terlalu panjang hanya 32 jam selama seminggu.

#7 Inggris

Inggris memberikan pendapatan setiap tahun kepada buruh sebesar US $ 45.000 jika di rupiahkan adalah sebesar Rp 599 juta atau Rp 49 juta perbulan dengan jam wajib kerja 42 jam selama seminggu. Beban pajak yang dikenakan adalah sebesar 25% .

Simak juga artikel menarik lainnya tentang strategi sukses memulai karir menjadi seorang freelancer serta ulasan terkait mengenai tips ampuh agar bisa meraih beasiswa kuliah di luar negeri.

#8 Belanda

Belanda yang terkenal dengan Bendungan Amsterdam dan sebagai negara kincir angin juga memberikan upah tertinggi bagi para buruh yaitu sebesar US $ 29.000 atau Rp 386 juta tiap tahun yang berbarti sama dengan Rp 32 juta setiap bulannya dengan jam kerja 35 jam perminggu.

Negara ini memiliki pelabuhan terbesar di kawasan Eropa dan merupakan negara sosialis demokratis yang mewajibkan warganya untuk memberikan 38% dari pendapatan yang diterima kepada negara untuk meningkatkan kesehatan serta pendidikan warganya.

#9 Norwegia

Peringkat berikutnya sebagai negara pemberi upah tertinggi yaitu berkisar US $ 31.101 atau Rp 414 juta per tahun dan per bulannya berarti Rp 34.5 juta dengan beban pajak sebesar 30% adalah Norwegia.

Negara ini mampu memberikan upah sebesar itu karena merupakan salah satu negara yang memiliki sumber daya alam cukup melimpah.

Hasil alam tersebut adalah minyak, perikanan pembangkit listrik tenaga air, serta pertambangan. Tinggal di negara ini pun akan selalu terjamin karena pemerntah sangat memperhatikan kesehatan masyarakatnya dengan memanfaatkan potongan pendapatan yang cukup besar.

#10 Korea Selatan

Negara yang paling cepat berkembang di asia yakni Korea Selatan merupakan negara importir di urutan ke sepuluh dan urutan ke enam untuk eksportir peringkat dunia.

Masyarakat mereka terkenal dengan karakternya yang bekerja keras, dan di negeri ini mewajibkan untuk para karyawan bekerja selama 45 jam dalam seminggu dengan upah pertahunnya sebesar US $ 35.406 setara dengan Rp 471 juta per tahun atau Rp 39.2 juta tiap bulan dengan beban pajak yang dikenakan cukup rendah yakni hanya 12%. (centrausaha.com)

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!