Advertisement

Gaji TKW Di Hongkong 2017: Standar Upah Minimum Buruh Migran

Upah minimum gaji TKW hongkong

Berapa besarnya gaji TKW Hongkong tahun 2017 menurut standar upah minimum buruh migran yang telah disepakati oleh pemerintah ternyata sedikit memberikan angin segar karena telah memperoleh kenaikan.

Hal yang paling ditunggu tunggu oleh para Tenaga Kerja Indonesia yang berada di Hongkong akhirnya tercapai juga.

Di tahun 2017 ini gaji atau upah minimum buruh migran Hongkong akan naik HK$ 100 untuk kontrak yang ditandatangani pada atau setelah 1 Oktober 2016. Dengan demikian berarti termasuk upah untuk buruh migran yang termasuk MAW (Minimun Allowed Wage) naik 4,2% dari tahun lalu dari HK$ 4210 menjadi HK$ 4310.

Kemudian berita terbaru naik menjadi HK$ 4410 Mulai 30 September 2017 meskipun kenaikan upah ini sebenarnya masih jauh dari tuntutan yang mencapai HK$ 5000 dan HK$ 1,600 untuk tunjangan makan. Meskipun begitu hal ini patut untuk disyukuri karena sudah terkabulkan walaupun jumlahnya masih jauh dari yang diinginkan.

Aspek ekonomi yang menjadi acuan kenaikan gaji TKW di Hongkong

Menurut pendapat dari juru bicara pemerintah yang mengatakan bahwa pemerintah telah secara seksama melihat situasi ekonomi dan pasar tenaga kerja umum Hongkong selama satu tahun terakhir termasuk pergerakan pendapatan yang relevan dana perubahan harga.

Selain itu ia juga mengatakan bahwa pemerintah mempertimbangkan prospek ekonomi jangka pendek Hongkong serta kebutuhan untuk keseimbangan antara keterjangkauan bagi pengusaha di satu sisi dan kehidupan para pekerja rumah tangga asing di sisi lain.

Dalam diskusi tersebut juga dibahas mengenai upah minimum bagi para pekerja di Hongkong. Ketua The Minimum Wage Comission, Jat Jahit To mengatkan bahwa perdebatan konstruksi telah terjadi antara pengusaha dan perwakilan pekerja tapi mereka membutuhkan lebih banyak waktu.

Upah minimum ditijau setiap  2 tahun sekali yang saat ini mencapai HK$ 32,50 per jam. Ketentuan uang makan untuk buruh migran naik 4,2% dari HK$ 995 menjadi HK$ 1600 per bulan.

Namun jika majikan telah memberikan makan gratis maka uang makan sudah tidak diberikan lagi. Selain itu aturan yang diberlakukan di Hongkong bagi seluruh Pembantu Rumah Tangga migran untuk tinggal gratis di rumah majikan.

“Pemerintah selalu mengulas MAW untuk PRT migrant secara reguler. Sesuai dengan standar yang ada, kami dengan hati hati mempertimbangkan kondisi ekonomi Hong Kong secara umum dan juga situasi pasar tenaga kerja sejak tahu Jurun lalu, dan berdasarkan indicator ekonomi, termasuk kenaikan pendapatan dan kenaikan harga barang tahun ini,” kata  pembicara Pemerintah Hong Kong.

Bahkan Pemerintah Hongkong telah mempertimbangkan kemungkinan perkembangan ekonomi Hutan Beton kedepannya dan merasa perlu menyeimbangkan kemampuan majikan dan juga keperluan PRT migran saat memutuskan jumlah kenaikan upah MAW tersebut.

Simak juga ulasan terkait mengenai proses dan syarat jika ingin kerja diluar negeri serta artikel menarik lainnya tentang peluang bisnis dan usaha UKM dengan prospek menjanjikan.

Jika anda tahu bahwa potongan gaji itu sebenarnya tidak diberlakukan, bedanya hanya ketika menggunakan jasa agen maka pihak pekerja hanya membayar 10% dari gaji bulan pertama.

Ketentuan potongan gaji itu sebenarnya adalah peraturan dari pemerintah Indonesia yang dana aslinya hanya berkisar Rp 12 jutaan. Namun hal ini sangat berbeda dengan praktek di lapangan.

Pihak pekerja bahkan sampai dikenakan potongan gaji selama 5 bulan. Inilah yang saat ini sering menjadi polemic di kalangan para pekerja Indonesia di luar negeri.

Solusi untuk bisa mengatasi hal ini adalah tanda tangan surat perjanjian. Akan tetapi ketika proses keberangkatan calon TKI ke Hongkong selama berada di PJTKI mereka selalu disodori dengan surat perjanjian yang jumlahnya cukup banyak sehingga mereka tidak sempat untuk membacanya satu per satu.

Bahkan kadang surat tersebut menggunakan bahasa inggris yang padahal tidak semua calon TKI itu paham dengan bahasa inggris. Jika di dalam surat tersebut tertulis potongan gaji selama 12 bulan maka itu semua adalah resiko dari para calon tenaga kerja.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!