Mengajarkan Cara Berusaha Kepada Anak Supaya Siap Untuk Mandiri dan Sukses

Mengajari dan mendidik anak tentang bisnis

Anda mungkin perlu mengenalkan, mengajarkan dan mendidik tentang dunia bisnis kepada anak anda sejak usia dini sebagai pembekalannya untuk masa depan.

Hal ini bertujuan supaya ketika anak anda saat dewasa nanti dapat menjadi seorang pebisnis yang berhasil. Sebab tidak dapat dipungkiri bahwa bisnis adalah suatu kegiatan yang berpeluang bisa memberikan keuntungan.

Jika kelak anak sudah mampu menjalankan bisnis, selain bisa mendapatkan penghasilan sendiri bahkan juga dapat membuka kesempatan lapangan pekerjaan untuk orang lain.

7 Tips supaya anak mulai belajar dan mengerti tentang bisnis dan usaha

Untuk mengajari anak anda tentang bisnis sebenarnya bisa dimulai dari hal hal yang cukup sederhana dalam aktifitas sehari hari diantaranya aialah:

#1 Mengajarkan anak memahami tentang nilai uang

Anak-anak umumnya telah mengetahui bahwa uang adalah sesuatu yang harus diberikan apabila kita menginginkan sebuah benda atau barang.

Tetapi, kebanyakan mereka belum mengetahui perbedaan dan kurang mampu menghargai nilai uang dari nominal paling kecil hingga terbesar.

Maka dari itu anda perlu mengajarkan terkait nilai mata uang rupiah. Anda dapat mengajarkan uang koin seratus rupiah hingga uang kertas terbesar yakni seratus ribu rupiah. Anda juga bisa mengajari pecahan uang dan belajar untuk menghitungnya.

Simak juga ulasan terkait mengenai tanda tanda orang berkualitas menjadi pengusaha serta artikel menarik lainnya tentang tips melatih dan menumbuhkan rasa percaya diri.

#2 Roleplay penjual dan pembeli dipasar

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga

Untuk anak anda yang duduk dibangku sekolah TK ataupun SD bisa diajak bermain peran sebagai penjual dan pembeli.

Anda bisa bergantian dengan anak anak dalam memainkan perannya. Dalam bermain pasar-pasaran ini, anda secara langsung mengenalkan dunia perdagangan.

Tentu saja didalam permainan tersebut termasuk tawar-menawar harga, merayu pembeli, dan bertransaksi menggunakan uang. Permainan ini tampak sederhana tapi sangat baik untuk mengenalkan anak terhadap dunia bisnis.

#3 Memberikan hadiah uang saku setelah ananda menolong anda

Anda sebaiknya tidak berkebiasaan memberikan uang kepada anak anda secara cuma-cuma. Sesekali anda perlu membuat dia melakukan sesuatu untuk anak anda agar ia mendapat uang jajan tambahan.

Dengan hal semacam ini anda mengajarkan bahwa untuk mendapat atau mencapai sesuatu diperlukan usaha ekstra.

Contohnya, anda bisa menyuruh ia pergi ketoko kecil untuk membeli kebutuhan dapur, setelah itu anda memberikan kembaliannya untuk anak anda.

#4 Mengajari anak anda mencatat pemasukan dan pengeluaran

Anda bisa mengarahkan anak anak agar mencatat setiap uang dari pemberian serta mencatat keluarnya uang tersebut.

Mintalah anak anda melaporkan tentang pengeluaran dan pemasukan mereka secara berkala. Mengajari anak melalui pembuatan pembukuan sederhana dapat melatih anak menjadi bijak dalam mengatur keuangan nantinya.

Dengan pencatatan ini, anda juga dapat mengamati kemana perginya uang yang anda berikan sebagai bentuk pengawasan.

#5 Mengajari anak menyimpan uang

Belajar Menabung Tidak Terasa Berat

Anak anak umumnya cenderung menghabiskan uang mereka untuk hal yang mereka senangi. Apabila ia sedang memegang uang, ia akan membelanjakan uangnya untuk membeli mainan, eskrim, coklat, dan lain sebagainya. Mereka belum menyadari pentingnya menabung untuk masa depan.

Anda dapat membelikan anak anda sebuah celengan. Celengan tersebut digunakan untuk menyisihkan sedikit uang saku yang anda berikan. Ajarkan bahwa uang yang disisihkan tersebut akan dikumpulkan dan akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang lebih penting.

#6 Mengajari anak agar menetapkan target

Seorang pengusaha pasti mempunyai visi misi pada hidup maupun usahanya. Ajarkan anak anda memiliki rencana dan target sejak usia dini.

Anda dapat mengajarinya dari tingkat yang paling sederhana, misalnya dengan cara meminta anak anda menetapkan target jumlah tabungan dalam celengannya.

Jangan lupa untuk mengajari anak anda cara menabung yang baik agar jumlah tabungannya semakin banyak. Selengkapnya simak tentang cara cerdas supaya dapat mulai menabung sedini mungkin.

#7 Mengajak anak untuk terlibat langsung dengan bisnis yang anda jalani

Jika anda kebetulan memiliki sebuah toko, tidak ada salahnya mengajak anak anda terlibat disana. Anda dapat mengarahkan anak anda membantu hal-hal sederhana yang bisa ia lakukan seperti menyapa pelanggan yang datang, mengambil barang ringan, dan mengambilkan uang kembalian.

Dengan mengajarkan hal-hal tersebut, anak anda bisa mengetahui tentang bagaimana terbiasa berkomunikasi dengan konsumen, susahnya orang tua dalam mencari uang, serta mengerti cara bertransaksi.

Otomatis dengan cara ini akan menambah pengetahuan anak anda terkait dunia bisnis semakin banyak dan luas.

Itulah hal-hal yang dapat anda lakukan untuk menanamkan atau melatih anak anda mengerti tentang dunia bisnis sejak dini. Apabila anak sudah terbiasa dengan dunia bisnis sejak kecil, maka potensinya saat dewasa menjadi pebisnis yang sukses akan semakin besar.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!