Advertisement

Agar Tidak Salah Pilih Asuransi Motor, Berikut 4 Hal Yang Perlu Dipahami

Memilih asuransi untuk motor hilang dan rusak

Kenapa begitu penting memiliki asuransi untuk motor anda dan bagaimana cara memilih produk asuransi yang paling tepat dan efektif?

Dengan menggunakan asuransi kendaraan maka kemanapun anda berada  tentu tidak perlu khawatir lagi karena akan bisa lebih nyaman dan aman untuk meninggalkan kendaraan anda.

Jika kendaraan yang anda beli secara kredit maka premi yang harus anda bayar biasanya sudah termasuk ke dalam biaya pembelian. Dengan ini maka pihak leasing pun tidak akan rugi besar jika motor anda hilang.

4 Poin penting yang perlu anda pahami dalam memilih asuransi

Pada umumnya ada dua jenis asuransi motor yaitu Total Lost Only (TLO) dan All Risk.

Kalau anda masih belum tahu mengenai kedauanya maka anda bisa menyimak penjelasannya berikut ini.

#1 All Risk

Jika motor yang anda gunakan memiliki harga di atas Rp 30 juta maka sebaiknya anda memilih asuransi jenis All Risk.

Kenapa lebih merekomendasikan asuransi ini? Alasannya adalah karena potensi kerugian yang akan dialami oleh pemilik motor relativ lebih besar, maka all risk akan memberikan perlindungan lebih baik.

Dengan menggunakan asuransi ini maka motor anda akan terlindungi dari berbagai resiko misalnya kehilangan, kerusakan akibat bencana, lecet dan lain sebagainya.

Beberapa asuransi motor juga memberikan asuransi ekstra seperti asuransi jiwa untuk perlindungan keluarga anda. Tapi jangan salah ya untuk premi yang harus anda bayarkan tentunya juga semakin besar karena adanya extra.

Jangan hanya memikirkan keuntungan saja ya ketika memilih asuransi ini maka pikirkan juga premi yang harus anda bayarkan. Supaya anda tidak merasa keberatan.

#2 Total Lost Only (TLO)

Untuk asuransi jenis kedua ini sebaiknya digunakan oleh pemilik motor dengan harga di bawah Rp 30 juta.

Asuransi ini akan menanggung kerugian anda jika motor anda hilang atau dirampas.

Kerugian karena kecelakaan pun bisa diganti oleh asuransi ini asalkan nilai kerusakannya di atas 75 persen.

Selain itu premi yang harus anda bayarkan untuk jenis asuransi ini juga cukup ringan sehingga uang anda bisa ditabung untuk kebutuhan anda yang lainnya.

Untuk yang membeli motor secara kredit biasanya sudah langsung diikutkan ke dalam asuransi jenis ini.

#4 Premi

Berikut ini adalah cara penghitungan premi dan penggantian klaim asuransi sepeda motor yang hilang untuk kedua jenis suransi di atas.

2,5persen x harga on the road (OTR) motor + bea administrasi:

2,5% x Rp 25.000.000 = Rp 625.000
Bea administrasi         =  Rp 30.000
Total premi                  =  Rp 655.000*

(* premi yang harus anda bayarkan adalah per tahun kecuali untuk premi bagi kendaraan kredit karena disesuaikan dengan jangka waktu angsuran)

#4 Klaim

Harga OTR motor – Nilaipenyusutan per tahun x harga OTR motor:

Rp 25.000.000 – (10% X Rp 25.000.000) = Rp 22.500.000

Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi pada kita ke depannya, untuk itu perlu adanya antisipasi sebagai proteksi diri anda.

Setelah mengetahui semuanya mengenai poin penting jenis asuransi motor ini maka langkah selanjutnya adalah anda perlu untuk memilih perusahaan asuransinya.

Ketika anda akan mengasuransikan motor, maka sebaiknya diskusikan dulu dengan keluarga anda untuk menyesuaikan dengan kondisi keuangan yang ada.

Pentingnya mulai memikirkan budget dan memiliki asuransi kendaraan anda

Ketika anda kehilangan sepeda motor maka itulah resiko yang harus anda tanggung. Nah, untuk bisa meminimalkan resiko ini maka anda bisa untuk mengasuransikan sepeda motor anda.

Semakin banyaknya motor di jalan maka semakin banyak pula kejahatan ataupun resiko lainnya yang mengintai anda.

Setiap hari kita mendengar berita kehilangan motor entah itu dari televisi, radio atau dari broad cast teman teman di media sosial anda. Ya kalau hilang motor saja tapi kalau sampai nyawa ikut hilang gimana?

Pastinya anda tidak menginginkan hal ini terjadi? Maka dari itu mulai sekarang rencanakanlah mengenai asuransi motor atau kendaraan anda.

Bahkan ketika anda memarkirkan motor anda di toko, supermarket, mal atau segala macam maka ada baiknya anda memperhatikan keselamatan dan keamanannya.

Tapi sialnya maling sekarang juga sangat cerdas loh. Mereka sangatlah update dengan teknologi. Bahkan ada saja alat yang mereka ciptakan untuk memuluskan aksi kejahatan mereka.

Motor memang masih menjadi benda berharga bagi kalangan masyarakat menengah kebawah karena sebagai sarana transportasi pendukung aktifitasnya. Betapa sedih jika benda tersebut hilang begitusaja.

Ketika upaya lain tidak cukup di gunakan untuk menjaga kendaraan anda, maka pilihan terakhir yang terbaik adalah dengan mengasuransikannya dengan memilih 3 produk asuransi terbaik untuk motor anda.

Namun sebelum memilih perusahaan asuransi sebaiknya pelajari terlebih dahulu seluk beluknya secara detail dan jangan hanya memiliki satu referensi saja, namun carilah referensi yang lain yang dapat anda jadikan pilihan terbaik demi kenyamanan anda sekeluarga.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!