Advertisement

5 Keuntungan Menabung Atau Menyimpan Uang di Bank dan Beberapa Kerugiannya

Keuntungan dan kerugian menabung menyimpan uang di bank

Membahas tentang keuntungan dan kerugian menabung atau menyimpan uang di bank sebenarnya tetap harus dilihat dari berbagai sudut pandang serta tujuannya karena pada dasarnya menabung akan sangat berbeda dengan investasi.

Bank adalah salah satu Lembaga keuangan yang sudah memliki ijin sebagai tempat untuk menyimpan uang maupun transaksi lainnya serta di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan atau yang sering disebut dengan OJK.

Banyak keuntungan yang didapat ketika menabung di bank antara lain lebih aman, bisa diambil kapan saja dan melakukan transfer berbeda rekening bank bahkan telah banyak perusahaan perbankan yang memberikan hadiah kepada nasabahnya.

Banyak sekali perusahaan perbankan yang saat ini makin tumbuh pesat baik dari pemerintah maupun swasta bahkan tidak hanya bank lokal namun bank dari negara asing pun juga sudah ada di Indonesia. Misalkan saja nama bank yang saat ini sudah cukup akrap dengan masyarakat seperti BCA, Mandiri, BRI, BNI, Sinarmas, Nobu, J-Trust dan lain sebagianya.

Selain banyak keuntungan dan kemudahan menabung di bank, ternyata juga ada kerugian yang harus diketahui. Simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui lebih dalam lagi mengenai keuntungan dan kerugian menabung di bank antara lain:

Kelebihan / Manfaat Menabung / Menyimpan Uang di Bank:

#1 Mendapatkan bunga tabungan

Menabung di bank akan berbeda dengan menabung di kotak simpanan uang di rumah karena dengan menabung di bank, nasabah akan diberikan bunga bank, dimana ini merupakan daya tarik bagi calon nasabah, dari uang kecil jika terus diisi dan didiamkan dalam jangka waktu lama uang akan semakin banyak.

Namun antara bank satu dengan bank yang lainnya tidak lah sama dalam memberikan besar bunga. Anda sebagai nasabah harus lebih cermat lagi dalam menempatan uang anda di bank.

#2 Keamanan terjamin

Uang anda akan lebih terjamin di bank, karena di bank terdapat brankas yang terkunci dengan kode rahasia yang sangat aman.

Selain itu menabung di bank juga terlindungi oleh Lembaga Penjamin Simpanan atau LPS, semua bank yang ada di Indonesia sudah banyak yang dilindungi oleh lembaga ini dengan penjaminan 100%.

Jadi apabila ada kebakaran atau kerusuhan, uang yang anda simpan di bank tidak akan hilang.

#3 Transaksi keuangan lebih mudah

Jika anda tiba-tiba butuh uang mendadak, bisa anda ambil kapanpun setiap saat dan dimana saja.

Apabila tidak ada bank terdekat atau karena bank tutup hari libur, anda bisa ke ATM terdekat tanpa harus antri. Selain itu anda juga bisa menabung kapan saja selama hari dan waktu kerja

#4 Mendapat fasilitas keuangan yang lebih praktis

Dengan adanya tabungan, anda akan diberikan kartu yang simple dan ringan serta bisa anda akses dengan menggunakan internet banking untuk keperluan transaksi finansial.

Ini jelas tidak seperti pada jaman dahulu yang harus repot untuk membawa uang tunai dalam jumlah banyak ketika berpergian dan jika kurang harus pinjam ke kanan atau ke kiri.

Adanya kemudahan dan kenyaman ini membuat orang lebih banyak untuk memilih menabung di bank.

#5 Transaksi jumlah besar lebih nyaman

Tabungan di bank memudahkan anda untuk bertransaksi dalam jumlah yang besar. Semisal anda membeli rumah atau mobil anda tidak perlu membawa dan menggunakan uang tunai, tapi anda cukup menggunakan setoran rekening tabungan dan transfer antar bank atau sesama bank bisa juga menggunakan internet banking.

Dengan kemudahan seperti ini tentu saja menjadikan seorang nasabah tidak repot lagi dalam urusan keuangan dan lebih dijamin keamanannya.

Kekurangan / Resiko Menabung di Bank antara lain:

#1 Potongan setiap bulan

Biaya administrasi yang dikenakan setiap bulan dan tergantung dari kebijakan masing-masing bank.

Saat saldo di bank anda minimal, maka bank akan tetap memberikan potongan adminitrasi serta pemakaian dari kartu ATM.

Sebaiknya rekening saldo jangan sampai di angka minimal dan sampai tidak di isi sama sekali karena akan beresiko membuat rekening bank anda akan ditutup secara otomatis.

Namun masih ada juga jenis tabungan yang tanpa poyongan biaya admintrasi tiap bulannya, seperti rekening bank yang tidak mengeluarkan kartu ATM, dan tabungan haji yang tidak mendapatkan bunga sama sekali.

#2 Bunga tabungan sangat kecil

Bunga tabungan yang diberikan bank saat ini terbilang sangat kecil dan sangat jauh berbeda dengan bunga rekening deposito.

Sehingga perlu dipikirkan kembali apakah ingin menabung dalam bentuk uang di bank atau menabung dalam bentuk lain misal dalam bentuk dolar, emas atau bahkan property.

#3 Terdapat limit transaksi

Saat membutuhkan uang dalam jumlah yang cukup banyak melebihi dari limit yang sudah ditentukan di kartu ATM perhari, maka anda harus melakukan transaksi ke esokan harinya lagi.

Kemudian yang paling kurang menguntungkan ialah uang yang kita simpan di bank tidak akan berkembang karena bunga yang diberikan cukup kecil, sehingga lebih bermanfaat apabila di simpan dalam bentuk saham, dolar, emas dan lain sebagainya yang tidak akan terkena inflasi.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!