Advertisement

Cara Daftar (Internet Banking) IB BRI dan BRI Mobile Dengan Mudah Cepat Aman

Cara daftar internet banking IB BRI dan m-banking

Bagaimana cara daftar internet banking IB BRI dan BRI Mobile agar bisa melakukan transaksi finansial dengan mudah dari mana saja dan kapan saja? Simak ulasan kali ini sampai tuntas karena telah kami rangkum dengan jelas mengenai tahap tahapnya.

Kedua fasilitas yang diberikan BRI kepada nasabahnya berupa IB BRI dan BRI Mobile memang tampak serupa namun sesungguhnya memiliki perbedaan.

Internet Banking BRI adalah fasilitas perbankan yang dapat diakses melalui website resmi BRI, https://ib.bri.co.id. Kemudian nasabah membutuhkan mTOKEN sebagai sarana keamanan berlapis ketika melakukan transaksi finansial.

Sedangkan BRI Mobile adalah fasilitas perbankan yang sangat praktis sebagai metode transaksi menggunakan perangkat mobile (telepon seluler) yang sudah mendukung aplikasi m-banking BRI yang bisa diunduh melalui market aplikasi.

Yang perlu diperhatikan adalah untuk memperoleh kedua fasilitas tersebut, nasabah perlu melakukan pendaftaran sehingga perlu datang langsung ke kantor cabang BRI diwilayah anda.

Panduan Mudah Daftar Layanan e-Banking dari BRI

Fasilitas dan fitur internet banking BRI dan mobile banking BRI

Jangan berpikir bahwa prosesnya akan rumit, tetapi pertimbangkan manfaatnya nanti yang akan banyak memudahkan anda melakukan transaksi seperti cek saldo, transfer tanpa harus pergi ke ATM atau kantor BRI.

Sementara waktu yang akan anda habiskan dalam proses pendaftaran internet banking BRI dan BRI Mobile secara bersamaan di kantor cabang tidak akan lebih dari satu jam jika antrian CS tidak panjang.

Berikut panduan mudah untuk daftar Internet Banking BRI serta BRI Mobile.

Daftar Internet Banking BRI (IB)

Nasabah bisa memulai dengan melakukan registrasi awal pada mesin ATM BRI. Ikuti petunjuk yang ada pada bagian menu Internet Banking di layar mesin ATM.

Di sini nasabah akan dipandu untuk proses membuat user-ID dan password yang nantinya akan digunakan untuk proses login di situs web resmi BRI yaitu https://ib.bri.co.id.

Setelah tahap pertama tadi selesai maka nasabah selanjutnya harus datang ke kantor cabang BRI terdekat untuk memperoleh akses mTOKEN.

Apa yang diberikan oleh BRI berbeda dengan Internet Banking dari bank lainnya yang mana merupakan token virtual dan bukan alat token fisik.

Pihak CS akan memberikan formulir pengajuan permohonan mTOKEN sesuai dengan data yang valid kemudian memberikan nomor handphone yang masih aktif.

Selanjutnya mTOKEN dapat diperoleh dengan cara dikirim melalui nomor handphone yang telah terdaftar untuk menerima kode respon saat bertransaksi via IB BRI.

Jangan lupa untuk membawa buku tabungan BRI, kartu identitas (KTP, SIM, PASPOR) serta kartu ATM ketika menuju meja customer service BRI pada saat melakukan pengajuan.

Fitur yang dimiliki BRI Internet Banking diantaranya adalah isi ulang e-Money dan PLN serta pembayaran pinjaman multifinance, cicilan serta zakat BRI selain dari fitur standart yaitu transfer ataupun cek saldo.

Daftar mobile banking BRI (m-Banking)

Proses pendaftaran BRI Mobile banking sebenarnya hampir serupa dengan yang sebelumnya, jadi sebaiknya dilakukan secara bersamaan sekalian saat mendatangi kantor BRI dan mengajukan permohonan pada CS nya.

Jika anda memiliki perangkat telepon seluler (handphone) yang sudah didukung oleh aplikasi m-banking BRI maka sebaiknya juga dibawa ketika mengajukan pendaftaran.

Silakan anda persiapkan aplikasinya terlebih dahulu dengan mengunduhnya melalui playstore untuk pengguna android dan app-word bagi pengguna smartphone BlackBerry, serta telah tersedia juga di iTunes untuk pengguna produk Apple – iPhone.

Fasilitas biasa seperti transfer antara BRI dan bank lain, info saldo dan mutasi, isi ulang pulsa serta pembayaran kartu kredit, tiket dan TV berbayar dapat dengan mudah diakses oleh nasabah via mobile banking BRI.

Untuk para pebisnis online yang kerap kali melakukan transaksi finansial tampaknya memang paling wajib untuk memiliki kedua fasilitas ini mengingat akan lebih efisien tanpa harus kesana kemari mencari mesin ATM.

Simak juga ulasan mengenai kredit pinjaman dari BRI dengan jaminan BPKB serta artikel menarik lainnya tentang perbedaan tabungan britama dengan simpedes.

Perbedaan BRI Internet Banking dan BRI Mobile Secara Detail

Setelah membaca tentang bagaimana proses pendaftaran fasilitas IB BRI serta m-Banking maka lebih penting lagi agar nasabah juga memahami secara detail apa saja perbedaan diantara keduanya.

Pada dasarnya transaksi internet banking BRI adalah yang terjadi melalui jaringan internet dengan mengakses situs website resmi Bank BRI.

Sedangkan apabila nasabah melakukan transaksi menggunakan aplikasi yang sudah ada pada gadget atau smartphone maka ini termasuk dalam fasilitas m-banking.

Kedua fasilitas tersebut merupakan bagian dari e-banking yaitu beragam transaksi perbankan yang dapat dilakukan secara elektronik. Selanjutnya  mari kita ulas lebih jauh apa perbedaan antara I-Banking dan m-banking, khususnya perbedaan BRI Internet Banking dan BRI Mobile.

BRI Internet Banking

Untuk fasilitas internet banking yang diberikan oleh bank selain BRI masih menggunakan sebuah alat fisik untuk memperoleh token sebagai pengirim kode keamanan berlapis.

Namun untuk BRI sudah menggunakan mToken sehingga penerimaan kode akan dikirim melalui sms ke nomor seluler yang telah terdaftar pada saat proses pengajuan.

Lalu apa lagi fasilitas lainnya yang membedakan m-banking BRI dengan fitur IB BRI berikut adalah diantaranya:

  • Transaksi internet banking (IB) BRI harus dengan mengakses situs website https://ib.bri.co.id dengan menggunakan jaringan internet bisa melalui perangkat computer PC, laptop, mapun browser smartphone.
  • Bisa melakukan isi ulang e-Money
  • Pembayaran tagihan PLN
  • Pembayaran aneka cicilan kredit (multifinance)
  • Transfer sesama bank maupun antar bank (beda bank)

Sangat penting harus diperhatikan oleh semua nasabah pengguna internet banking bahwasannya transaksi melalui sebuah situs web sangat rawan penipuan jika anda tidak cermat.

Perhatikan dengan seksama bahwa website BRI yang anda akses adalah situs resmi asli bukan situs pishing (jebakan) yang dilakukan oleh oknum jahat untuk bisa memperoleh akses ke akun anda.

BRI Mobile-Banking

Meskipun diatas sudah dijelaskan bahwa BRI-mbanking masih bagian dari fasilitas e-bank namun tentunya memiliki banyak perbedaan dari internet banking diantarnya adalah:

  • Mobile banking diakses melalui aplikasi yang diinstal pada perangkat gadget atau smartphone dan juga SMS
  • Mobile banking terdiri atas m-banking dan juga SMS Banking
  • Mengecek mutasi saldo
  • Transfer ke sesama bank dan beda bank
  • Tidak bisa melakukan pengisian e-money
  • Tidak tersedia fitur pembayaran cicilan multifinance
  • Perlu pulsa regular untuk sms banking

Jangan lupa simak juga beberapa produk perbankan dari BRI seperti pinjaman KUR kredit usaha rakyat serta tabel pinjaman dan angsuran cicilan BRI sesuai degan tenor.

Fasilitas mobile banking BRI memang cukup memudahkan bagi nasabah yang ingin melakukan transaksi perbankan hanya dengan membuka aplikasinya, maka transaksi finansial sudah bisa terselesaikan.

Akan tetapi sekali lagi tetap berhati hati ketika akan menggunakan beragam fasilitas perbankan yang notebene saat ini sudah sangat banyak teknologi canggih dan berbahaya digunakan oleh orang tidak bertanggung jawab.

Jangan pernah memberikan akses username maupun PIN apa saja yang berhubungan dengan fasilitas e-banking kepada siapapun karena ini akan sangat beresiko dan bisa berdampak merugikan.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!