Advertisement

Penghasilan Gaji 3 Juta Perbulan Tapi Ingin Beli Mobil? Simak Tips Berikut

Kredit mobil dengan gaji 3 jutaan

Berniat ingin beli mobil  secara kredit namun hanya memiliki gaji atau pendapatan sebesar 3 juta perbulan sebenarnya bukan masalah tetapi anda harus cermat dalam membuat pertimbangannya.

Mungkin mayoritas manusia tidak ada yang tidak ingin memiliki mobil.  Akan tetapi tidak semua orang yang menginginkannya bisa memilikinya.

Namun seiring berkembangnya jaman cara berpikir manusia pun juga turut berubah dikarenakan tuntutan hidup. Sehingga mereka menganggap mobil bukan lagi sebagai barang mewah akan tetapi menjadi barang kebutuhan yang harus dipenuhi.

Di kota kota besar bisa anda lihat bahwa pengguna mobil dari waktu ke waktu kian meningkat hingga menimbulkan kemacetan dan salah satu permasalahan sosial.

Walaupun demikian keinginan manusia untuk memiliki mobil tidak pernah berkurang, bahkan semakin menggebu gebu. Dengan adanya keinginan masyarakat seperti ini akhirnya para produsen memberikan respon yang baik dengan memberikan kredit murah untuk mereka yang memiliki penghasilan berkisar 3 Jutaan.

Maka dengan begini konsumen dan produsen pun akan saling diuntungkan. Selain itu dengan adanya penawaran seperti ini produsen bisa semakin memperluas jaringannya, sedangkan untuk konsumen itu sendiri akan semakin dimudahkan untuk memiliki mobil impiannya dengan kredit yang murah.

Beberapa pertimbangan bagi yang ingin kredit mobil dengan gaji 3 jutaan

Jika anda menginginkan hal semacam ini, maka anda harus melakukan berbagai pertimbangan sebelum benar benar memutuskannya sehingga tidak merasa kesulitan dikemudian hari.

#1 Jangka waktu cicilan (tenor) yang panjang

Kredit murah yang ditawarkan oleh para produsen mobil bukannya tanpa alasan. Ada berbagai faktor yang mendorongnya, salah satu pendukungnya adalah tenor yang cukup panjang.

Hal ini tentunya harus dilakukan oleh pihak produsen supaya tidak dirugikan karena mobil bisa didapatkan dengan DP yang murah.

Namun yang menjadi problem saat ini adalah jangka waktunya yang panjang yakni delapan tahun. Misalnya saja pihak Honda yang memberikan cicilan sebesar Rp 1.000.000 untuk setiap bulannya dengan DP Rp 10.000.000. Hal ini pun tentunya harus menjadi pertimbangan

#2 Memperhatikan kondisi keuangan

Ketika sudah berkeluarga anda jangan hanya melulu memikirkan untuk membeli mobil impian anda.

Ada banyak hal yang harus anda penuhi dengan gaji yang anda dapatkan tersebut. Sebelum memutuskan untuk mengambil kredit mobil, alangkah baiknya anda mengatur dulu keuangan anda untuk kebutuhan sehari harinya.

Selain untuk kebutuhan pokok keperluan darurat sesungguhnya juga diperlukan. Anda harus menyisihkan sekitar 20% dari gaji bulanan anda untuk keperluan ini.

Untuk itu sebelum keadaan keuangan anda benar benar baik alangkah baiknya jika anda memikirkannya terlebih dahulu sebelum mengambil kredit mobil murah. Pastikan semua kebutuhan pokok anda telah terpenuhi, supaya nantinya tidak mengganggu kehidupan anda.

#3 Problem macetnya jalan raya yang semakin meningkat

Perlu anda ketahui bahwa masalah kemacetan tidak hanya terjadi di Jakarta saja, bahkan di seluruh Indonesia sudah terjadi masalah sosial seperti ini.

Ketika anda memutuskan membeli mobil maka bukan tidak mungkin jika anda akan menambah masalah ini.

Setiap harinya ada ratusan bahkan ribuan mobil yang mengantri di jalan, saling klakson sana sini karena mengejar waktu. Polusi semakin menjadi, lalu bagaimana yang harus dilakukan? Inilah yang kemudian akan semakin menambah keriuhan kota.

Dalam keadaan macet seperti itu, tentunya anda tidak bisa menambah kecepatan mobil anda dan mau tidak mau anda harus ekstra sabar menunggu kemacetan ini mereda.

Selain itu bahan bakar mobil anda pun juga akan semakin boros, anda juga tidak bisa datang ke tempat kerja tepat pada waktunya.

Nah, jika anda sudah mengetahui hal ini maka tidak ada salahnya jika anda memikirkan kembali niatan anda untuk membeli mobil. Dengan membeli mobil apakah anda akan semakin dimudahkan atau malah justru disulitkan.

#4 Anggaran untuk perawatan mobil semasa kredit

Dengan memiliki mobil anda tidak hanya memiliki tanggungan cicilan tiap bulannya akan tetapi anda juga harus menyisihkan budget tersendiri untuk merawatnya supaya mobil tetap dalam keadaan baik setiap waktunya.

Walaupun tanggungan kredit anda murah akan tetapi biaya perawatan mobil dan suku cadangnya tidaklah murah. Jika penghasilan bulanan anda pas pasan maka sebaiknya pikirkanlah kembali untuk memiliki mobil sendiri.

Simak juga ulasan terkait mengenai Kredit mobil baru dan bekas di BCA Finance KPM dengan DP 30% serta artikel menarik lainnya tentang Pinjaman dengan bunga rendah jaminan BPKB di bank BRI

#5 Biaya pajak dan administrasi lainnya

Selain harus menyisihkan biaya untuk perawatan dan suku cadang, anda juga masih harus dipusingkan dengan biaya administrasi dan pajak.

Biaya biaya tersebut akan ditambahkan pada DP murni yang anda bayarkan di awal. Sehingga DP yang semestinya murah akan malah membesar gara gara biaya ini.

Jadi ingat ya DP murah itu mungkin hanya untuk mobilnya saja dan jumlah itu belum termasuk biaya lain lain. Jadi jangan kaget ya ketika nanti anda beli mobil terus DP nya lebih tinggi.

Nah, setelah anda memikirkan semua hal di atas maka ada baiknya lagi jika anda mempertimbangkannya kembali rencana anda tersebut.

Pikirkan lagi biaya apa saja yang harus anda persiapkan ketika anda memiliki mobil. Jangan sampai nanti mobil sudah di tangan tapi justru keuangan anda semakin mengenaskan.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!