Tata Cara Gadai BPKB Motor & Mobil Untuk Mendapat Pinjaman Dana Tunai

Gadai BPKB Motor di pegadaian

Gadai BPKB kendaraan bermotor di pegadaian ataupun di Bank seringkali menjadi sebuah solusi untuk memenuhi kebutuhan keuangan dengan cara di jaminkan supaya bisa memperoleh dana pinjaman dengan mudah karena surat bukti pemilik kendaraan bermotor ini termasuk dokumen berharga.

Dari instrumen-instrumen lainnya BPKB memang yang paling diminati, khususnya adalah motor, mengingat hampir semua orang memiliki, meskipun hanya satu dan nantinya bisa diuangkan kembali.

Kendaraan termasuk dalam kebutuhan pokok di era ini, jadi pegadaian tak ragu untuk menerimanya, karena saat ada motor yang masuk, nantinya mereka memiliki hak untuk menyewakan lagi pada orang lain, untuk itulah keuntungan dari bisnis pegadaian motor terkadang jauh lebih tinggi dibandingkan instrumen pinjaman lainnya.

Pegadaian adalah tempat yang paling tepat untuk dapatkan uang dari surat kendaraan bermotor Anda, satu hal yang sangat penting sebelum ikut dalam produk ini memang sangat diwajibkan untuk mengenal lembaga tersebut.

Memang ada puluhan pegadaian yang tawarkan BPKB cepat cair setelah Anda menggadaikannya, namun juga tak semua dapat dipercaya.

Mengingat banyak dari mereka yang terapkan nilai suku bunga tak wajar, karena seseorang butuh dana cepat terkadang tak memperhitungkan hal ini dan asal daftar saja, padahal ini akan berpengaruh pada nilai pembayaran nantinya.

Beberapa jenis pegadaian memiliki sistem tersendiri dalam memberlakukan bunga, diantaranya adalah dengan membagi ke dalam beberapa golongan, yaitu:

  • Golongan A, termasuk dalam golongan yang paling rendah, ini berdasarkan nilai yang mereka ajukan, pegadaian akan mengenakan biaya pinjaman yang cukup terjangkau juga dengan kisaran 50-500 ribu, untuk suku bunganya adalah 0,75%, kamu yang memang membutuhkan tambahan dana saja bisa menggadaikan dengan golongan A ini, nilai cicilan tak memberatkan juga.
  • Golongan B, nilai pinjamannya tentu jauh lebih besar dibandingkan dengan golongan A, yaitu kisaran antara 550 ribu hingga 5 juta, mereka yang termasuk dalam golongan B akan dikenakan biaya suku bunga yang lebih tinggi mencapai 1,15% per 15 harinya.
  • Golongan C, untuk jenis motor keluaran terbaru biasanya nilainya masih cukup tinggi, Anda bisa mendapatkan pinjaman dari 5,1 sampai dengan 20 juta, namun untuk segi suku bunganya sama dengan golongan B yang dikenali 1,15% per 15 hari.
  • Golongan D, meskipun nilai pinjamannya besar yaitu di atas 20 juta, namun jangan salah karena mereka memiliki prinsip suku bunga yang cukup rendah yaitu 1% per 15harinya, namun jika Anda kalkulasikan lagi akan sebanding dengan pinjaman yang cukup besar.

Nah itulah cara mengenal suku bunga dan juga jumlah pinjaman yang mungkin bisa kamu dapatkan dari pegadaian, umumnya mereka yang mendatangi lembaga ini sudah pasti memiliki urusan keuangan.

Jika kamu ingin memperoleh pinjaman uang dengan jaminan BPKB melalui Bank BRI silakan simak ulasannya disini.

Motor memang tergolong sebagai instrumen yang cukup diminati karena ada anggapan dibandingkan dengan menjual namun harganya jatuh, lebih baik disekolahkan kembali di pegadaian.

Berikut ini juga ada beberapa hal yang wajib kamu ketahui sebelum memutuskan gadai BPKB kendaraan, yaitu:

  • Kenali persyaratan yang dibutuhkan, diantaranya Anda wajib membawa KTP atau kartu pengenal, kemudian BPKB dan STNK, kartu keluarga, barang yang akan dijadikan sebagai jaminan atau motornya kemudian juga fotocopy dari persyaratan tersebut untuk keamanannya.
  • Kenali jumlah yang akan Anda pinjaman, masuk dalam 4 jenis golongan tadi, namun menyesuaikan kembali dengan motor Anda dan keluarannya, biasanya motor yang diprediksi masih laku di pasaran dengan harga di atas 10 juta maka Anda bisa ajukan golongan C dan D dengan nilai di atas 20 juta, namun jika tidak golongan A dan B yang harus kamu jadikan pilihan.
  • Kenali simulasi atau perhitungannya, agar tak ada permainan orang dalam selaku konsumen kamu harus mengenal hal ini.

Lalu bagaimana dengan tata cara menggadaikannya?

  • Kamu bisa datang secara langsung pada kantor pegadaian terdekat, ada cukup banyak apalagi untuk kota-kota besar.
  • Kamu juga bisa mendaftar secara online, inilah salah satu keuntungan hidup di era teknologi yaitu semuanya bisa dilakukan dengan sangat praktis.
  • Isi formulir yang diberikan sesuai dengan keadaan nyatanya baik itu data diri maupun kelengkapan surat.
  • Persiapkan semua persyaratan yang dibutuhkan sebelumnya, bagi yang mengajukan secara online tentu tak langsung dimintai surat-surat, tetapi isi dulu baru kemudian ada verifikasi untuk datang ke tempatnya secara langsung.
  • Membawa barang jaminan secara langsung, pihaknya nanti akan menaksir harga sesuai dengan usia dan keadaan kendaraan Anda, dari sini nanti kamu juga bisa atau akan masuk ke golongan mana.
  • Ada tawaran berapa harga maksimal yang bisa diberikan pada kendaraan tersebut, dari sini Anda bisa menyetujui atau menolak tawaran pinjaman.
  • Tinggal tunggu uang yang dipinjam cair.

Sangat mudah memang, gadai BPKB kendaraan tersebut bisa kamu jadikan solusi tercepat untuk keuangan kamu. Dari banyaknya lembaga yang ada tetap utamakan keamanan sebelum memilih.

Hadirnya jasa gadai ini memang sangat membantu, namun tak jarang pula memberikan masalah baru karena semakin menumpuk hutang dengan suku bunganya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *