Advertisement

Contoh Cara Membuat CV Surat Lamaran Kerja Yang Sederhana, Baik dan Benar

Membuat CV format surat lamaran kerja yang baik

Contoh format cara membuat surat lamaran kerja atau CV yang singkat, sederhana dengan baik dan benar tentunya akan menjadi bahan pembelajaran penting karena merupakan salah satu faktor penentu diantara sekian banyak persyaratan apakah anda layak untuk diterima kerja pada perusahaan tersebut.

Ketika kita ingin bekerja di suatu perusahaan dimana saja sebagai menjadi karyawan maupun menjadi CPNS pasti hal pertama yang harus disiapkan adalah berkas lamaran kerja.

Kelengkapan berkas yang harus dipenuhi berbeda-beda tergantung dari masing-masing kebijakan perusahaan. Salah satu item yang paling awal sebagai susunan berkas adalah surat lamaran kerja. Ini merupakan proses awal dalam penilaian seorang calon karyawan apakah layak untuk diterima atau tidak.

Format surat resmi untuk melamar kerja dengan struktur bahasa yang tepat

Pada artikel kali ini akan kita bahas bagaimana membuat CV atau surat lamaran kerja yang baik dan benar sesuai format serta struktur penulisan harafiah Bahasa Indonesia.

Berikut format resmi dalam penulisan surat lamaran kerja :

  1. Tempat dan tanggal penulisan
  2. Nama pimpinan HRD perusahaan yang dituju
  3. Salam hormat (atau bisa diganti “Dengan hormat”)
  4. Kata pengantar
  5. Biodata pribadi lengkap
  6. Pengalaman kerja dan keahlian yang dimiliki
  7. Harapan
  8. Penutup

Beberapa tips membuat surat lamaran kerja :

Seseorang yang pandai berdialog belum tentu juga memiliki keahlian dalam menulis kata kata, untuk itu ada beberapa tips supaya diperhatikan ketika akan membuat sebuah surat lamaran yang ditujukan kepada sebuah lembaga atau perusahaan yang membuka lowongan kerja.

  • Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
  • Format penulisan tersusun rapi dengan bahasa yang singkat padat dan jelas
  • Surat lamaran kerja hendaknya diketik karena akan lebih rapih dan menambah point plus
  • Lampirkan berkas pendukung yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan

Contoh penulisan surat lamaran kerja dengan format rata kiri

Medan, 17 Januari 2017

Kepada Yth.

HRD PT Wiratungga

Jl. Merdeka No. 33 Medan – Sumut

di Tempat

 

Perihal            : Lamaran Kerja

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan yang saya dapatkan dari media cetak koran Centranews di perusahaan Bapak / Ibu pimpin. Melalui surat lamaran ini, saya ingin mengajukan diri untuk melamar pekerjaan guna mengisi posisi yang dibutuhkan saat ini. Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                                        : Aleix espargaro

Tempat / Tanggal lahir         : Surabaya, 18 Februari 1997
Jenis Kelamin                         : Laki-laki

Pendidikan                             : DIII Teknologi Industri Universitas Nasional

Alamat                                      :Jl. Embong besar No 07 C RT/RW 02/04, Surabaya, Jawa Timur

No Handphone                      : 082233900072

 

Untuk melengkapi data-data yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, saya lampirkan berkas data diri sebagai berikut :

  1. Pas foto 4×6 berwarna (3 lembar)
  2. Fotokopi KTP (2 lembar)
  3. Daftar riwayat hidup (CV)
  4. Fotokopi Ijazah terakhir legalisir (1 lembar)
  5. Fotokopi sertifikat kompetensi
  6. Fotokopi sertifikat PKL

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan atas perhatian Bapak/Ibu pimpinan, saya ucapkan terimakasih sebelumnya.

Hormat saya

Aleix espargaro

 

Contoh format surat lamaran kerja menggunakan email

Dengan hormat,

Sehubungan dengan adanya kesempatan kerja pada PT Centrausaha maka saya berminat mengajukan lamaran untuk posisi Art Director.

Saat ini saya berusia 24 tahun dan belum menikah. Saya merupakan sarjana Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Surabaya dengan IPK 3,00. Saya memiliki pengalaman kerja sebagai freelancer di Agency Creative “ORIDISTRO”sebagai Copywriter di creative division sejak tanggal 16 Oktober 2014 sampai dengan Januari 2016. Saya juga sebagai owner “Snap Shoot” dan bekerja sebagai fotografer dan editor sejak 19 Agustus 2013 sampai dengan sekarang.

Sebagai bahan pertimbangan selanjutnya saya lampirkan Daftar Riwayat Hidup, scan Ijazah, scan transkrip, scan Kartu Tanda Penduduk, dan pas photo terbaru.

Demikian surat lamaran ini saya sampaikan. Atas perhatian serta kesempatan yang Anda berikan, saya ucapkan terima kasih.

Syahrul Muhammad

Kesalahan yang sering terjadi saat membuat surat untuk melamar kerja

Sudah banyak orang yang kecewa karena menunggu balasan atau panggilan dari tempat ia melamar pekerjaan hingga berbulan bulan namun tidak kunjung juga ada kejelasan.

Hal ini sebenarnya seringkali bukan masalah anda bukan kriteria orang yang di cari, akan tetapi justru hanya karena kesalahan kecil saat anda membuat CV tersebut yang menyebabkan lamaran anda tidak mendapatkan perhatian.

Apa saja yang kerap kali menjadi persolan dalam penulisan surat lamaran kerja, berikut ini ialah ulasan selengkapnya:

#1 Tidak memahami apa kebutuhan perusahaan

Penting sekali anda supaya mengetahui secara pasti apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh perusahaan sebelum anda mengajukan lamaran.

Hal ini sebenarnya selalu dicantumkan oleh perusahaan pada kolom berita lowongan kerja yang mereka buat, jadi perhatikanlah dengan cermat.

#2 Kurang menunjukkan kompetensi

Memiliki keterampilan pada bidang tertentu merupakan poin plus yang sebaiknya anda sertakan dalam surat lamaran untuk menunjukkan kompetensi anda pada bidang tersebut.

Tidak jauh berbeda ketika anda hendak menjual barang tetapi anda tidak memberi tahu calon pembeli tentang apa keunggulan dari barang yang anda tawarkan.

#3 Menggunakan bahasa yang informal

Kesalahan kecil yang dapat berakibat fatal lainnya ialah dalam penggunaan bahasa yang tidak formal alias bahasa gaul atau istilah yang tidak ada didalam bahasa baku.

Kemudian juga karena menggunakan tata bahasa yang salah yang menjadikan anda di anggap kurang pandai berbahasa yang baik dan ini sangat beresiko untuk perusahaan kedepannya.

#4 Kerapian dalam teks (mengetik)

Secara emosional sudah dapat diketahui bagaimana karakter seseorang melalui gaya penulisan tangannya, demikian pula ketika anda membuat surat lamaran kerja yang mana harus diketik dengan rapi sesuai dengan bahasa resmi jangan menggunakan singkatan akibat terbiasa saat menulis di mesenger atau chat.

Hal ini akan menggambarkan bahwa sikap anda kurang bisa membedakan antara mana yang formal dan tidak formal.

Perhatikan semua teks serta dalam penggunaan huruf kapital apakah sudah benar dan tidak ada yang salah ketik meskipun hanya satu huruf ataupun masalah sepasi saja.

#5 Terlalu panjang dan tidak fokus pada poin terpenting

Boleh dibilang ini terlalu bertele tele sehingga bagian personalia akan dibuat bosan membacanya. Jika sudah demikian tidak jarang mereka akan langsung menutup surat lamaran anda dan tidak akan pernah membacanya sampai tuntas.

Meskipun anda memiliki segudang ilmu dan gelar kelulusan akademik yang tinggi, rasanya akan percuma jika dalam proses melamar pekerjaan saja anda sudah tidak masuk dalam kualifikasi. Untuk itu contoh format CV lamaran kerja di atas bisa anda kembangkan sendiri sesuai dengan data pribadi anda yang valid.

Simak juga ulasan menarik tentang peluang kerja yang memiliki potensi penghasilannya tidak terbatas serta artikel terkait tentang motivasi sukses jaman sekarang tidak harus dengan kuliah.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!