Advertisement

Solusi Yang Masih Gagal Daftar Seleksi CPNS 2017 Terkendala Masalah NIK

Solusi gagal tes pendaftaran CPNS

Sejak dibuka pendaftaran seleksi calon pegawai negeri sipil CPNS mulai 1 agustus 2017 lalu ternyata masih banyak yang gagal karena terkendala masalah NIK, lantas bagaimana solusi mengatasi persoalan ini?

Bersumber dari laman web bkn.go.id, Sabtu (12/8/2017), kendala yang banyak dikeluhkan oleh pelamar CPNS ialah mengenai nomor induk kependudukan (NIK) dan kartu keluarga (KK). Data ini dihimpun dari rekap pengaduan pelamar yang kemudian disampaikan ke helpdesk SSCN BKN, baik yang disampaikan secara langsung dengan datang ke kantor BKN, maupun melalui telepon dan melalui media sosial BKN.

Banyak dijumpai ketidakcocokan antara nomor NIK dan KK sehingga akan berakibat gagalnya pelamar untuk bisa diproses dalam pendaftaran CPNS.

Selanjutnya masih juga didapati persoalan ketidaksesuaian nama dan tanggal lahir pada KTP dengan database Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dirjen Dukcapil).

Banyak pelamar yang mengatakan bahwa data yang disampaikan kepada Dinas Dukcapil sudah benar, akan tetapi disaat mereka sudah berhasil mendaftar (belum masuk tahap login) muncul data dari database Dukcapil yang kemudian berbeda dengan data yang terdapat pada KTP yang mereka miliki.

Layanan pengaduan terkait masalah pendaftaran CPNS yang terkendala NIK

Merujuk pada informasi Humas Dirjen Dukcapil, adapun bagi para pelamar CPNS yang mengalami persoalan serupa dapat langsung menyampaikan permasalahan melalui beberapa saluran diantaranya:

Wilayah pusat

http://dukcapil.kemendagri.go.id/detail/halo-dukcapil-layanan-call-center-ditjen-dukcapilkemendagri

Wilayah Daerah

http://dukcapil.kemendagri.go.id/dokumentasi/detail/20/Nomor-HP-dan-WhatsApp-KepalaDinas-Kependudukan-dan-Pencatatan-Sipil-Seluruh-Indonesia

Tips bocoran dari kementerian PANRB agar lolos pendaftaran CPNS

Animo yang cukup besar tanpa di dukung dengan sikap yang cermat seringkali membuat pendaftar melakukan kesalahan saat memasukkan data atau persyaratan. Kemudian faktor sepele inilah yang menjadikan calon CPNS gagal alias tidak lulus seleksi administrasi

Menyikapi dari kondisi yang sering terjadi dilapangan, Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PANRB, Herman Suryatman  menegaskan bahwa agar proses pendaftaran CPNS berjalan lancar dan lolos seleksi maka ada beberapa tips yaitu:

  • Pertama, pelamar harus pastikan semua berkas yang dipersyaratkan sudah siap.
  • Kedua, lakukan input data secara hati-hati dan tidak perlu terburu buru.
  • Ketiga, pendaftar disarankan tidak mendaftar di awal pembukaan atau di akhir batas waktu pendaftaran.
  • Keempat, para calon pendaftar harus benar-benar mencermati peraturan pendaftaran, di mana satu individu hanya bisa mendaftar satu jabatan.

Simak juga ulasan terkait mengenai tips agar lolos sesi interview wawancara kerja serta artikel menarik lainnya tentang cara mendapatkan beasiswa kuliah ke luar negeri.

Meskipun semua pendaftar memiliki kesempatan yang sama, alangkah lebih baik jika bisa menghindari moment hari awal pendaftaran yang seringkali padat ramai berbondong bondong atau bahkan jelang hari akhir penutupan.

Kendala lainnya ketika melakukan pendaftaran pada moment padat adalah seringkali akses ke situs pendaftaran menjadi lambat karena server overload.

Sebagai contoh, pelamar yang berpendidikan S-1 Hukum yang telah mendaftar di instansi Kementerian Hukum dan HAM tidak boleh mendaftar di MA.

Kemudian apabila telah mendaftar di Kementerian Hukum dan HAM pada jabatan Analis Keimigrasian Pertama, tidak boleh mendaftar di jabatan lain seperti jabatan Analis Hukum.

Selanjutnya apabila pada jabatan Analis Keimigrasian Pertama telah mendaftar pada jenis Formasi Cumlaude, tidak boleh mendaftar pada jenis Formasi Umum, Formasi Disabilitas, dan Formasi Putra/Putri Papua dan Papua Barat.

Dengan demikian himbauan untuk para calon pelamar CPNS agar mencermati dengan bijak mengenai mana jabatan dan formasi yang akan dipilih. Pastikan sesuai dengan minat serta kualifikasi yang dimiliki oleh calon pelamar.

Tidak lupa di harapkan untuk semua calon pelamar agar secara kontinyu selalu memantau laman Situs Kementerian PANRB, Situs BKN dan Situs instansi yang diminati untuk mengikuti berbagai perkembangan pelaksanaannya.

Demikian tadi informasi mengenai berbagai hal yang menjadi kendala gagalnya pendaftaran calon CPNS beserta solusi yang dapat ditempuh untuk mengatasi permasalahannya.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!