Cara Mengecek Bansos 600 Ribu, PKH, Kemensos go id Online

BY AUTHOR

Program bantuan sosial menjadi salah satu upaya pemerintah dalam membantu masyarakat yang membutuhkan. Dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah Indonesia telah meluncurkan berbagai program bantuan, termasuk Bansos 600 Ribu dan PKH (Program Keluarga Harapan).

Bagi masyarakat yang ingin mengetahui apakah mereka memenuhi syarat dan terdaftar sebagai penerima manfaat, penting untuk mengetahui cara melakukan pengecekan.

Panduan cara mengecek apakah Anda menerima bantuan 600 ribu

Berikut adalah langkah-langkah untuk memeriksa Bansos 600 Ribu dan PKH.

Cara mengecek penerima bansos 600 ribu

  1. Akses Situs Resmi: Buka browser di perangkat Anda dan akses situs resmi Kementerian Sosial Republik Indonesia atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan yang terkait dengan program Bansos 600 Ribu di https://cekbansos.kemensos.go.id/.
  2. Isi Data Diri: Pada halaman utama situs, Anda akan menemukan formulir atau bagian yang meminta Anda mengisi data pribadi. Isilah informasi yang diminta, seperti nama lengkap, nomor identitas (KTP/KK), alamat, dan informasi lain yang relevan. Cara cek apakah saya dapat bantuan 600 ribu?
  3. Verifikasi Data: Setelah mengisi data diri, Anda akan diminta untuk memverifikasi kebenaran data yang Anda berikan. Pastikan data yang Anda masukkan benar dan sesuai dengan dokumen resmi yang Anda miliki.
  4. Proses Pengecekan: Setelah melengkapi formulir dan memverifikasi data, proses pengecekan akan dilakukan oleh pihak berwenang. Hal ini dapat memakan waktu, jadi pastikan untuk memantau situs secara berkala atau mengecek email Anda untuk mendapatkan informasi terkait hasil pengecekan.

Cara mengecek apakah Anda mendapat bantuan PKH

  1. Hubungi Desa/Kelurahan: Langkah pertama adalah menghubungi kantor desa/kelurahan terdekat di tempat tinggal Anda. Tanyakan kepada petugas desa/kelurahan apakah Anda terdaftar sebagai penerima PKH. Mereka akan memberikan informasi terkait data dan status penerimaan Anda.
  2. Akses Aplikasi ePKH: Unduh aplikasi ePKH melalui Play Store untuk pengguna Android atau App Store untuk pengguna iOS. Setelah mengunduh aplikasi, buka dan ikuti petunjuk untuk melakukan pendaftaran atau login jika Anda sudah memiliki akun.
  3. Cek Status Penerimaan: Setelah berhasil masuk ke aplikasi ePKH, Anda dapat melakukan pengecekan status penerimaan PKH dengan memasukkan nomor Kartu Keluarga (KK) atau nomor identitas lain yang diminta. Aplikasi akan memberikan informasi terkait status penerimaan, apakah Anda terdaftar sebagai penerima PKH atau tidak.
  4. Konsultasi dengan Petugas Terkait: Jika Anda masih memiliki keraguan atau ingin mendapatkan informasi lebih lanjut, Anda dapat berkonsultasi dengan petugas desa/kelurahan atau kantor pelayanan sosial terdekat. Mereka akan membantu Anda memeriksa status penerimaan PKH dan memberikan penjelasan yang diperlukan.

Pentingnya melakukan pengecekan penerima bansos 600 ribu dan bantuan PKH

Hal ini adalah langkah penting bagi masyarakat yang membutuhkan informasi data akurat tentang bantuan sosial.

Melalui pengecekan ini, Anda dapat memastikan apakah Anda memenuhi syarat dan terdaftar sebagai penerima manfaat.

Dengan mengetahui status penerimaan Anda, Anda dapat mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memperoleh bantuan yang seharusnya Anda terima.

Bansos 600 Ribu merupakan program bantuan tunai yang ditujukan untuk masyarakat berpenghasilan rendah yang terdampak pandemi atau situasi ekonomi yang sulit.

Program ini bertujuan untuk memberikan dukungan finansial kepada keluarga yang membutuhkan agar dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Sementara itu, PKH (Program Keluarga Harapan) adalah program bantuan sosial yang ditujukan untuk keluarga miskin dan rentan.

Program ini tidak hanya memberikan bantuan tunai, tetapi juga mendukung upaya peningkatan kesejahteraan keluarga melalui pemberian bantuan dalam bidang pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan sosial.

Dengan melakukan pengecekan secara berkala, Anda dapat memastikan bahwa data Anda terdaftar dengan benar dan mendapatkan manfaat yang seharusnya Anda terima. Jika ternyata Anda tidak terdaftar atau ada ketidaksesuaian dalam data, segera laporkan hal tersebut kepada pihak berwenang agar dapat diselesaikan dengan tepat.

Selain itu, penting juga untuk tetap memantau informasi umum terkait program-program bantuan sosial yang disediakan oleh pemerintah.

Pemerintah secara periodik dapat mengumumkan program-program baru atau melakukan perubahan pada persyaratan penerimaan. Dengan memperoleh informasi terkini, Anda dapat mengambil langkah-langkah yang sesuai untuk memperoleh manfaat yang dibutuhkan.

Dalam situasi ekonomi yang sulit, bantuan sosial dapat menjadi penopang bagi keluarga yang membutuhkan. Oleh karena itu, penting untuk memanfaatkan fasilitas pengecekan bansos 600 ribu dan pencairan PKH agar masyarakat dapat memastikan bahwa mereka memenuhi syarat dan menerima manfaat yang seharusnya.

Kapan bansos dan PKH 2023 di cairkan?

Informasi terkait jadwal pencairan Bansos 600 Ribu dan PKH dapat diperoleh melalui beberapa sumber resmi.

Berikut adalah beberapa sumber yang dapat Anda gunakan untuk memperoleh informasi terkait jadwal pencairan:

  1. Situs Resmi: Kunjungi situs resmi Kementerian Sosial Republik Indonesia atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan terkait dengan program Bansos 600 Ribu. Pada situs tersebut, Anda dapat mencari informasi terkait jadwal pencairan yang telah diumumkan oleh pemerintah.
  2. Aplikasi ePKH: Jika Anda merupakan penerima PKH, Anda dapat menggunakan aplikasi ePKH untuk memperoleh informasi terkait jadwal pencairan. Aplikasi ini biasanya menyediakan notifikasi atau pemberitahuan jika ada pembaruan terkait pencairan bantuan. Bagaimana cara mengecek kartu PKH lewat hp?
  3. Petugas Desa/Kelurahan: Untuk informasi terkait jadwal pencairan Bansos 600 Ribu atau PKH, Anda juga dapat menghubungi petugas desa/kelurahan tempat tinggal Anda. Mereka akan memberikan informasi terkini tentang jadwal pencairan yang telah ditetapkan.
  4. Sosial Media Resmi: Sosial media resmi Kementerian Sosial Republik Indonesia atau BPJS Ketenagakerjaan juga dapat menjadi sumber informasi terkait jadwal pencairan. Seringkali, pemerintah mengumumkan jadwal pencairan melalui akun-akun resmi mereka di platform sosial media seperti Twitter atau Facebook.

Ketentuan mengenai jadwal pencairan bisa berbeda-beda tergantung pada daerah atau provinsi tempat Anda tinggal. Oleh karena itu, pastikan Anda memperoleh informasi yang relevan dengan lokasi Anda secara spesifik.

Selalu periksa sumber informasi yang terpercaya dan resmi untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan informasi yang akurat dan terkini. Jika ada ketidakjelasan atau pertanyaan lebih lanjut terkait jadwal pencairan, sebaiknya Anda menghubungi pihak berwenang terkait langsung untuk mendapatkan klarifikasi yang lebih rinci.

Daftar DTKS online lewat HP agar bisa dapat Bansos 2023, PKH dan BPNT

Daftar DTKS online lewat HP agar bisa dapat Bansos PKH dan BPNT

Advertisement

Berikut ini cara daftar DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) Kemensos secara online agar bisa mendapat bansos 2023 seperti PKH, BPNT, BLT, PIP dan lain-lain.

Cara daftar DTKS secara online dilakukan melalui Aplikasi Cek Bansos Kemensos, dengan langkah langkah berikut ini:

  • Unduh terlebih dahulu Aplikasi Cek Bansos Kemensos di Play Store.
  • Setelah itu, buka Aplikasi Cek Bansos Kemensos, lalu klik “Buat Akun Baru” untuk registrasi.
  • Masukkan data diri sesuai kolom yang diminta, berupa Nomor KK, NIK dan nama lengkap sesuai KK serta KTP.
  • Setelah selesai maka lanjut unggah foto KTP dan swafoto yang tengah memegang KTP.
    Pastikan data diisi dengan benar, setelah sudah dipastikan maka lanjut klik “Buat Akun Baru”.
  • Cek email verifikasi dan aktivasi masuk dari Kemensos.
  • Setelah proses registrasi berhasil, akses kembali layanan menu di Aplikasi Cek Bansos Kemensos, lalu klik menu “Daftar Usulan”.
  • Masukkan kembali data diri sesuai petunjuk yang tertulis di kolom.
  • Langkah selanjutnya tinggal pilih jenis bansos yang ingin didapatkan.

Setelah itu, Kemensos akan melakukan proses verifikasi dan validasi data pendaftaran yang diusulkan.

Masyarakat yang sudah mendaftar di DTKS, kemudian bisa untuk melakukan cek penerima secara berkala untuk memastikan apakah lolos menjadi KPM DTKS atau tidak.

Cornelia Lyman
Menulis artikel terutama untuk topik bisnis dan karier. Disamping mengelola web pribadi juga sebagai team penulis media online sejak 2017 sampai sekarang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

POST TERBARU