Cara Berpenampilan Menarik atau Good Looking Menjadi Syarat dalam Berbagai Lowongan Pekerjaan

Alasan “Berpenampilan Menarik” atau “Good Looking” Menjadi Syarat dalam Berbagai Lowongan Pekerjaan dan Cara Menyiasatinya

Saat melihat lowongan pekerjaan, baik di koran, sosial media, ataupun selebaran, ada satu spesifikasi atau kualifikasi yang diminta dari pekerjaan tersebut yakni “berpenampilan menarik”.

Bagi banyak orang, kualifikasi “berpenampilan menarik” kerap kali membuat diri minder karena merasa tidak cukup menarik. Bahkan, banyak diantaranya akhirnya mengurungkan niatnya untuk mencoba melamar pada pekerjaan tersebut karena merasa dirinya tidak mencukupi persyaratan yang satu ini.

Sebenarnya mengapa sih kualifikasi goodlooking atau berpenampilan menarik diperlukan? Bukankah memiliki skill terkait bidang pekerjaan yang mumpuni saja sudah cukup?

Alasan mengapa terdapat kualifikasi good looking atau berpenampilan menarik

#1 Kebanyakan orang menilai dari first impression atau kesan pandangan pertama

Apakah anda tahu bahwa setiap orang cenderung menilai seseorang saat pertama kali melihatnya?

Tidak dipungkiri, wajah yang rupawan dan juga fisik yang ideal menimbulkan kesan pertama yang baik. Bahkan terdapat penelitian bahwa orang akan cenderung memberikan penilaian positif kepada orang yang good looking.

Simak juga tips tentang pertanyaan dan tata cara melamar kerja di job fair serta info terkait mengenai kelengkapan berkas untuk syarat melamar kerja.

#2 Orang yang berpenampilan menarik dianggap lebih pintar

Tugas pokok seorang skretaris sekolah, osis, karang taruna, dan organisasi

Hal yang satu ini lebih bersifat pandangan mayoritas orang. Banyak orang yang menilai, bahwa orang yang berpenampilan menarik itu adalah orang yang pintar dibandingkan dengan orang-orang biasa pada umumnya.

Meskipun hal ini tidak selalu benar, tetapi streorotip di masyarakat luas adalah demikian maka hal ini juga diberlakukan di lowongan pekerjaan yang ada tersebut.

#3 Memudahkan pekerjaan untuk pekerjaan yang bertemu dengan banyak orang

Pekerjaan seperti menjadi front liner customer service, staff marketing, atau mungkin kasier tentu saja haruslah berpenampilan menarik.

Mengapa demikian? karena pekerjaan ini menyebabkan kita untuk langsung berhadapan dengan pelanggan atau customer. Penampilan menarik akan membuat orang tersebut merasa senang dan tidak mudah bosan.

Itulah beberapa alasan mengapa kualifikasi “good looking” atau “berpenampilan menarik” menjadi suatu yang diperhitungkan.

Yang perlu anda ingat adalah, berpenampilan menarik bukan berarti anda harus secantik Luna Maya atau seganteng Adipati Dolken.

Berpenampilan menarik bukan tentang seberapa ganteng atau cantik wajah anda, yang notabenenya adalah suatu yang merupakan pemberian Tuhan.

Kabar baiknya, anda bisa mengusahakan agar anda memiliki penampilan yang menarik.

Bagaimanakah caranya?

Cara untuk membuat penampilan anda semakin menarik untuk melamar pekerjaan

#1 Percaya diri dan selalu tersenyum

Melatih disiplin bekerja untuk meraih sukses

“Confident is the new se x y” dan “Smile is the best makeup people can wear” adalah pepatah dalam bahasa inggris yang menekankan pentingnya untuk memiliki sikap percaya diri dan juga selalu tersenyum.

Anda harus memiliki kepercayaan diri yang tinggi sehingga karisma dan aura anda akan terpancar dengan baik.

Tentu saja, orang yang percaya diri dan juga sering tersenyum memiliki penampilan yang jauh lebih menarik ketimbang mereka yang minder dan suka cemberut.

#2 Bersih dan rapih

Faktanya, untuk menjadi bersih dan rapih tidak membutuhkan banyak uang, kan.

Anda bisa menjaga kebersihan dengan mandi dua kali sehari, memakai baju yang sudah dicuci dan disetrika, menjaga kebersihan gigi dan bau mulut.

Bersih dan rapih menjadi aspek penting apabila anda ingin berpenampilan menarik. Dengan bersih dan rapih anda juga terlihat lebih siap dan berkompeten untuk melakukan pekerjaan yang anda lamar.

#3 Memakai pakaian yang “pantas”

Untuk menjadi seseorang yang menarik, anda perlu memakai pakaian yang pantas atau dalam artian sesuai dengan situasi yang anda hadiri.

Jangan sampai anda salah kostum, mengenakan baju yang tidak layak pakai, atau mungkin mengenakan pakaian yang terlalu kekecilan atau kebesaran.

Memakai pakaian yang pantas juga berarti anda memakai pakaian yang paling sesuai dan terlihat bagus ditubuh anda.

Tidak ada orang yang berpenampilan menarik menggunakan baju yang lusuh atau kotor. Jika anda ingin memiliki penampilan yang menarik, mulai sekarang anda tidak boleh mengabaikan hal ini, ya!

#4 Memiliki berat badan yang ideal

Sebenarnya, anda tidak perlu kawatir terlalu kurus atau terlalu gemuk. Dalam hal berat badan ideal, adalah berat dimana tubuh anda mencapai titik kebugaran yang paling bagus.

Bukan berarti anda harus kurus bak model untuk hal ini. Ini lebih ke arah tentang pentingnya kesehatan tubuh anda.

Apabila tubuh anda bugar, anda tentu saja akan terlihat jauh lebih menarik. Untuk ini, anda perlu menerapkan pola hidup yang sehat dan juga teratur melakukan olahraga.

#5 Melakukan perawatan wajah dan menggunakan sedikit make up bila diperlukan

Sekarang ini, banyak sekali perawatan tubuh yang bisa anda gunakan untuk menunjang penampilan anda baik berbentuk skincare ataupun makeup.

Anda bisa memanjakan diri anda dengan cara rutin menggunakan masker dan lain sebagainya.

Bagi anda yang perempuan, anda bisa mempoleskan sedikit makeup ke wajah anda untuk menonjolkan kecantikan anda. Manfaaatkan hal ini untuk menunjang penampilan anda.

Itulah beberapa alasan mengapa berpenampilan menarik menjadi salah satu syarat dalam melamar pekerjaan dan cara untuk mengatasi hal tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat dan anda segera mendapatkan pekerjaan impian anda!

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!