Pengertian Serta Contoh Unicorn, Decacorn, dan Hectocorn Yang Ada di Dunia Start Up

Pengertian serta Contoh Unicorn, Decacorn, dan Hectocorn yang Ada di Dunia Start Up

Baru-baru ini, Indonesia sedang heboh dengan istilah “unicorn” yang disampaikan oleh salah satu calon presiden didalam debat capres untuk pemilihan pada April mendatang. Apakah anda telah mengetahui apa itu unicorn?

Unicorn yang dimaksud disini bukanlah hewan kuda yang cantik dari mitologi tersebut, ya! Unicorn dalam hal ini mengacu pada istilah yang terdapat pada dunia start up.

Bagi mereka yang menggemari dunia start-up, istilah unicorn ini sangat familiar bersamaan dengan dua istilah lainnya yakni decacorn dan juga hectocorn.

Istilah tersebut sebenarnya adalah istilah yang dicetuskan oleh Aileen lee, yakni seorang pemodal usaha. Penamaan istilah tersebut ia cetuskan pada tahun 2013.

Tetapi sebelum membahas lebih lanjut terkait istilah yang ada pada dunia startup, apakah anda telah mengetahui apa itu startup?

Startup adalah sebuah wirausaha yang biasanya tergolong bisnis baru yang mana mengalami pertumbuhan dengan cepat dan pesat yang mana tujuannya adalah memenuhi kebutuhan pasar. Dengan mengembangkan model bisnis yang layak terkait produk, layanan, proses, ataupun platform yang inovatif. Definisi startup tersebut adalah definisi yang dikemukakan oleh Wikipedia.

Apakah anda penasaran terakit definisi tersebut dan contohnya? berikut ulasan lengkapnya!

Unicorn Startup

Istilah unicorn adalah istilah yang disematkan untuk perusahaan startup yang memiliki nilai kapitalisasinya lebih dari angka  satu milyar.

Dalam hal ini, satu milyar tersebut dinyatakan pada satuan mata uang dollar.  Jika mengacu pada tulisan yang dilansir oleh Venture Beat, maka saat ini terdapat setidaknya 229 startup yang telah masuk dalam kategori ini.

Semua perusahaan tersebut tersebar di berbagai belahan dunia ini termasuk Amerika Serikat, Tiongkok, India, Jerman, dan bahkan juga terdapat di Indonesia. Nah, perusahaan yang mencapai level unicorn ini di Indonesia antara lain yaitu :

  • Go-jek. Sebuah aplikasi online yang digagas oleh Nadiem Makarim di tahun 2010. hebatnya, Go-jek ini hanya perlu waktu 1,5 tahun sebelum akhirnya menyandang status unicorn. Ini merupakan fakta membanggakan karena untuk mencapai level unicorn rata-rata startup membuthkan waktu setidaknya 6 tahun.
  • Bukalapak merupakan marketplace yang pendanaan serta penjualannya cenderung konsisten.
  • Traveloka. Startup ini didirikan oleh Ferry Unardi yang merupakan lulusan MBA dari Harvard Business School. Setelah lulus dari Harvard tersebut, Ferry berinisiatif membuka aplikasi pemesanan tiket pesawat terbang. Pada bulan desember pada tahun yang sama, aplikasi Ferry Unardi ini berhasil memproses setidaknya dua juta pencarian tiket pesawat.
  • Tokopedia. Startup ini didirikan oleh William Tanuwijaya dan juga Leotinus Alpha Edison di tahun 2009. Startup ini memiliki pendanaan yang besar melalui banyak investor. Bahkan, startup tokopedia ini sempat disebut-sebut sebagai startup dengan rekor pendanaan yang terbesar di negara Indonesia ini.

Pada 2016, Uber menempati posisi pertama dalam unicorn. Untuk menembus level unicorn sendiri, startup harus melewati serangkaian proses dan waktu yang cukup lama.

Jika mengacu pada Venture Beat, setidaknya diperlukan waktu kurang lebih enam tahun bagi startup untuk mencapai level unicorn ini.

Simak juga info menarik lainnya tentang cara memenangkan persaingan pada bisnis online serta ulasan terkait mengenai peluang bisnis online praktis dengan sosial media.

Decacorn

Istilah selanjutnya adalah decacorn yakni istilah untuk perusahaan yang nilainya mencapai sepuluh milyar dalam dollar. Perusahaan-perusahaan startup dunia yang telah masuk kategori decacorn sendiri antara lain adalah sebagai berikut:

  • Dropbox
  • SpaceX
  • Uber
  • Pinterest
  • Airbnb
  • WeWork
  • Dan lain sebagainya

Hectocorn

Selanjutnya adalah Hectocorn yang merupakan level tertinggi dari startup. Agar start up mendapatkan sematan Hectocorn maka ia harus memiliki nilai perusahaan lebih dari seratus milyar dollar.

Di Indonesia sendiri, masih berada pada level unicorn yang menuju kepada decacorn. Saat ini perusahaan yang disematkan dengan level tertinggi startup ini adalah Ant Financial dengan nilai perusahaan $150 billion dollar.

Lalu siapakah pemilik dari Ant Financial ini? pemiliknya adalah founder dari Alibaba.com yakni Jack Ma.

Itulah beberapa penjelasan terkait startup yang berada pada level unicorn, decacorn, dan juga hectocorn berserta dengan contoh-contohnya.

Bagaimana dengan hal tersebut? Apa pendapat anda terkait startup dan juga levelnya? Apa kini anda tertarik juga untuk segera memulai startup anda? Semoga artikel ini dapat memberi informasi yang anda butuhkan, ya!

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!