Mengikuti Arisan: Simak Manfaat dan Kerugiannya

Arisan Online

Setiap minggu atau bulannya, terkadang rutin mengikuti setiap pertemuan untuk mengikuti arisan.

Kegiatan arisan sudah sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia yang mana tidak terbatas dari usia maupun jenis kelamin. Entah itu perempuan atau laki-laki, tua ataupun muda, bisa mengikuti arisan. Sebenarnya apasih arisan itu?

Menurut definisi Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, Arisan adalah kegiatan mengumpulkan uang atau barang yang bernilaikan sama, oleh beberapa orang, kemudian diantara mereka akan dilakukan pengundian untuk menentukan siapa yang mendapatkannya.

Undian tersebut dilakukan secara berkala sampai seluruh anggota mendapatkan bagiannya.

Bentuk arisan yang paling lazim di temui di Indonesia adalah mengumpulkan uang kemudian sekumpulan orang tersebut melakukan undian untuk menentukan siapa yang memperolehnya, dan kegiatan tersebut dilakukan setiap periode tertentu terus menerus hingga seluruh anggota pernah mendapatkan bagiannya.

Sebagai contoh: Terdapat 10 orang yang telah sepakat mengadakan arisan sebanyak 500.000 per orangnya setiap bulan.

Pada bulan pertama, ketika di undi orang tersebut akan mendapatkan uang sebanyak 500.000 x 10 orang  yakni 5.000.000 rupiah dan kegiatan tersebut dilakukan selama 10 bulan sehingga tiap anggota mendapatkan seluruhnya.

Selain arisan uang seperti ilustrasi diatas, ada lagi arisan logam mulia. Misalnya, sekumpulan orang tersebut bersepakat yang menang arisan akan mendapatkan logam mulia emas sebanyak 5 gram.

Maka, orang-orang harus membayar sesuai dengan harga emas saat itu. Tetapi dengan begitu maka harga emas akan berubah-ubah tergantung harga dipasaran sehingga tidak ada nominal tetap untuk arisan logam mulia ini.

Lalu apa sajakah manfaat ketika mengikuti arisan? Berikut ulasannya selengkapnya:

#1 Menjadi modal usaha anda

Ketika anda mendapatkan arisan pada urutan depan, itu artinya anda mendapat uang terlebih dahulu.

Dengan begitu anda bisa memutarkan uang tersebut sehingga anda mendapatkan keuntungan berlipat.

Anda bisa mendapatkan bantuan modal tanpa perlu meminjam uang ke bank atau lembaga jasa keuangan lainnya yang mana ketika meminjamkan uangnya membutuhkan serangkaian proses yang cukup panjang dan bunga yang dibebankan.

Tetapi, ini berlaku apabila anda beruntung mendapat arisan awal-awal ya!

#2 Otomatis Menabung

Bagi anda yang mendapatkan arisan dibelakang-belakang, apalagi bagian paling terakhir, maka anda akan merasakan manisnya pada belakangan.

Ibaratnya, ketika anda membayarkan arisan secara rutin, itu anda sedang dipaksa menabung karena membayar iuran arisan terasa sebagai sebuah kewajiban yang harus dibayarkan.

Misalnya, dalam satu minggu anda harus membayar arisan sebesar 100.000 dalam jangka waktu satu tahun maka anda akan memperoleh arisan sebanyak 4.800.000 hal ini tentu akan berbeda ketika kita menabung dengan sukarela, belum tentu kan kita bisa menyisihkan uang 100.000 setiap minggunya kecuali itu berbentuk kewajiban?

#3 Menjalin silahturahmi antar anggota arisan

Tidak dipungkiri kegiatan mengundi arisan yang dilakukan baik setiap minggu atau bulannya bisa menjadi ajang silahturahmi.

Dalam kegiatan arisan, rasanya hampir mustahil apabila arisan berjalan sebentar dan kemudian pulang setelah melakukan undian.

Seringkali arisan dilanjutkan dengan bercengkrama dan bisa saja ide-ide bisnis serta mendapatkan partner bisnis muncul ketika arisan, kan?

#4 Networking untuk mempromosikan bisnis anda

Ketika anda memiliki bisnis yang sedang tahap akan berkembang, maka networking itu sangat diperlukan.

Dan anggota-anggota arisan adalah sasaran massiv yang bisa anda pilih untuk mempromosikan bisnis anda. Promosi dapat dilakukan dengan santai sembari anda mengikuti serangkaian kegiatan.

Kemudian apa saja kerugian ketika mengikuti arisan? Beberapa diantaranya ialah:

#1 Tidak terdapat bunga, maka secara segi finansial tidak terlalu menguntungkan

Tentu ini kita ketahui bersama karena nominal yang didapatkan ya sesuai dengan apa yang kita bayarkan ketika arisan.

Berbeda apabila kita menabung di bank atau menabung di instrumen investasi, maka kita berpeluang mendapatkan bunga.

#2 Jauh lebih boros

Apabila kita tidak dapat mengendalikan diri, maka anda bisa menjadi amat boros ketika ada arisan.

Mulai dari akhirnya membeli barang-barang yang ditawarkan anggota arisan hingga jadi sering “jajan” makanan diluar rumah ketika kegiatan arisan.

Alih-alih menyisihkan uang dan hemat, jatuhnya malah menjadi boros.

#3 Arisan tidak berpayung hukum, rentan mengalami penipuan

Meskipun anggota arisan umumnya adalah orang yang kita kenal, tapi tidak ada yang tahu kedepannya orang tersebut bagaimana.

Orang yang berinisiatif mengadakan arisan bisa saja kabur dan membawa uang arisan, sedangkan arisan sendiri tidak memiliki payung hukum.

Itulah beberapa kelebihan dan kerugian ketika mengikuti sebuah program arisan, Setelah membaca artikel ini, anda lebih memilih untuk mengikuti arisan ataukah tidak? Semua tergantung prefensi dan pertimbangan masing-masing. Salam sukses!

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!