Cara Memperoleh Modal Usaha dari Pemerintah Tanpa Jaminan Berupa Kredit UMKM

Memperoleh Modal Pinjaman Dari Bank Pemerintah

Mendapatkan bantuan modal usaha dari dinas sosial pemerintah melalui kredit UKM BRI, Mandiri, BTN, Bukopin, & Bank daerah untuk para pebisnis khususnya pelaku usaha kecil menengah merupakan sesuatu yang sangat diharapkan guna menunjang persiapan melaksanakan usaha yang akan di jalankannya.

Selaku penyelengara tata negara, pemerintah memiliki kewajiban agar turut mensejahterakan penduduk atau masyarakatnya.

Upaya yang paling tepat adalah dengan mendorong kewirausahaan di Indonesia dengan cara memberikan bantuan pembiayaan usaha.

Ada berbagai bentuk program bantuan modal usaha yang selama ini sudah berjalan, akan tetapi masih banyak masyarakat yang belum memahami tentang bagaimana cara memperoleh modal usaha dari pemerintah tersebut.

Beberapa cara untuk memperoleh bantuan modal usaha dari dinas sosial pemerintah

Dari program yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah terbagi menjadi dua pilihan yaitu pemberian modal dalam bentuk kredit dan bantuan modal bukan kredit.

#1 Bantuan Modal Rp 2,4 Juta buat UMKM

Penyaluran bantuan tercantum dalam surat Kementerian Koperasi dan UKM nomor 367/SM/VIII/2020 tanggal 4 Agustus 2020, tentang Pendataan Program Bantuan Bagi Pelaku Usaha Mikro. Terkait cara dan syarat untuk mendapatkan bantuan UMKM Rp 2,4 juta untuk pengusaha dapat dilihat di laman Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI.

Syarat daftar bantuan UMKM Rp 2,4 juta:

1. Warga Negara Indonesia
2. Punya Nomor Induk Kependudukan (NIK)
3. Memiliki usaha mikro
4. Bukan PNS, TNI/Polri, pegawai BUMN atau BUMD
5. Tidak sedang menerima kredit atau pembiayaan dari perbankan dan KUR
6. Bagi pelaku usaha mikro yang memiliki KTP dan domisili usaha berbeda dapat melampirkan Surat Keterangan Usaha atau SKU.

Cara daftar bantuan UMKM Rp 2,4 juta

Hanya pelaku UMKM yang diusulkan lembaga pengusul dapat mengakses bantuan Rp 2,4 juta dari pemerintah. Lembaga pengusul ini adalah:

1. Dinas yang bertanggung jawab atas koperasi dan UKM
2. Koperasi yang telah disahkan menjadi badan hukum
3. Kementerian atau lembaga
4. Perbankan dan perusahaan pembiayaan yang terdaftar di OJK.

Pelaku UKM bisa melengkapi syarat yang diperlukan sebelum diusulkan memperoleh Banpres Produktif untuk Usaha Mikro. Syarat ini adalah:
1. NIK
2. Nama lengkap
3. Alamat tempat tinggal sesuai KTP
4. Bidang usaha
5. Nomor telepon.

Bantuan UMKM Rp 2,4 juta nantinya sampai ke rekening pemerima melaui bank penyalur yaitu BRI, BNI, dan Bank Syariah Mandiri. UMKM yang menerima bantuan akan menerima pesan singkat SMS dari bank penyalur.

Bagi UMKM yang belum punya rekening akan dibuatkan bank penyalur saat pencairan dana Bansos Produktif. Dana bantuan UMKM Rp 2,4 juta akan diberikan langsung pada yang telah memenuhi syarat dan diusulkan lembaga pengusul.

Setelah mendapat pesan singkat penerimaan bantuan UMKM Rp 2,4 juta, pelaku usaha dapat langsung melakukan verifikasi di bank penyalur. Usai verifikasi, proses pencarian dana bantuan bisa selesa dilaksanakan pelaku UMKM dan bank penyalur.

#2 Yang termasuk bantuan modal kredit dari pemerintah

Program bantuan kredit ini dikeluarkan oleh pemerintah untuk memberikan dorongan aktifitas wirausaha dengan bentuk pinjaman modal dengan suku bunga rendah.

Terutama ditujukan untuk para pengusaha kecil dan menengah (UKM) yang mana mereka masih banyak membutuhkan suntukan modal.

Langkah pemerintah ini berjalan dengan beberapa bank untuk membuat kerjasama melaksanakan program bantuan kredit usaha diantaranya adalah:

  • Kredit Usaha Rakyat (KUR)
  • Program Kemitraan dan Bina Lingkungan
  • PNPM Mandiri

Kredit Usaha Rakyat (KUR)

KUR bisa memberikan bantuan modal usaha secara kredit hinga maksimal 500juta.

KUR ini dapat diajukan oleh pemilik usaha kepada bank pemerintah seperti BRI sedangkan syarat untuk mendapatkannya yaitu harus memiliki usaha yang dengan prospek yang menjanjikan.

Bentuk dan jenis usaha yang dapat diberikan KUR adalah usaha produktif dan layak, tetapi belum terkait dengan agunan ataupun sebagai jaminan kepada bank.

Selanjutnya bisa anda simak di sini tentang bagaimana cara mengajukan KUR agar dapat disetujui.

Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL)

Program ini merupakan perwujudan dari peraturan menteri Negara BUMN yang menyebutkan bahwa BUMN memiliki kewajiban untuk melakukan kemitraan dengan masyarakat dan juga bina lingkungan.

Sayangnya, program ini dialihkan ke PT.PNM. Hal ini disebabkan pihak BUMN belum bisa mengelola dan PKBL dengan baik.

Lalu bagaimana cara memperoleh modal usaha dari program PKBL ini?

Pada prinsipnya sama saat anda melakukan pengajuan kredit di perbankan. Lengkapi berkas usaha anda lalu ajukan.

Namun ada beberapa persyaratan administrasi tambahan yang diperlukan, yaitu surat pernyataan bahwa anda tidak sedang menerima pinjaman dari BUMN lain.

PNPM Mandiri

Program PNPM Mandiri juga memiliki layanan pemberian modal kepada usaha kecil menengah.

Pihak yang diberi modal adalah warga yang termasuk dalam wilayah PNPM Mandiri.

Warga yang diberi bantuan merupakan warga miskin di daerah tersebut. Adapun penetapan tentang cara memperoleh modal usaha dari program ini diserahkan pada musyawarah warga sendiri.

#3 Bantuan modal usaha bukan kredit

Program bantuan bukan kredit ini sebuah bentuk dukungan dari pemerintah bagi pelaku usaha kecil menengah dengan cara memberikan materi ataupun sarana penunjang menjalankan usaha di antaranya adalah:

Program bantuan peralatan usaha dari pemerintah

Model ini adalah cara memperoleh modal usaha tanpa berbentuk uang, namun berupa barang.

Beberapa dinas pemerintahan yang memang berhubungan dengan kewirausaahn juga mempunyai program untuk mendorong wirausaha di Indonesia.

Bantuan modal tidak hanya berupa uang, tetapi berupa barang seperti mesin-mesin.

Salah satu dinas yang memberikan bantuan modal adalah Disperindag. Bantuan yang diberikan berupa mesin, tenda untuk kaki lima, kulkas, dan peralatan lainnya dan khusus bantuan tersebut diberikan kepada wirausaha baru.

Dari ragam bentuk bantuan modal usaha dari pemerintah di atas tentunya akan sangat bermanfaat bagi masyarakat yang tengah merencanakan sebuah gagasan membuka usaha kecil, usaha rumahan, maupun jenis usaha sampingan yang potensial dapat memberikan penghasilan dan keuntungan.

Lalu Bagaimana Cara Mendaftar untuk Mendapatkan Bantuan Kredit UMKM ini?

Langkahnya cukup mudah dengan mengikuti tautan berikut ini http://pembiayaan.depkop.go.id/index.php/public/registration

Kemudian isi sesuai dengan data pribadi anda maka data tersebut akan langsung teregistrasi yang selanjutnya menunggu di seleksi.

Adapaun persyaratan yang paling penting ialah anda dapat memenuhi beberapa hal berikut ini:

  • Bersedia mengikuti semua persyaratan dan aturan dari kementerian koperasi dan UKM terkait penggunaan aplikasi.
  • Penyalahgunaan dan perusakan terhadap aplikasi bisa dikenakan sanksi hukum.
  • Data pendaftaran tidak dapat langsung diterima, ada proses verifikasi sehingga pemberitahuan akun aktif akan dikirim email.
  • Pastikan data yang sudah dimasukkan sudah benar dan semua wajib diisi.

Selamat mencoba semoga sukses dan segera bisa mendapatkan bentuan permodalan tanpa jaminan dari pemerintah untuk menunjang kelangsungan bisnis dan usaha anda.

36 Comments

  1. ASEP SUHANA

    Saya pedagang kecil atau warungan mohon bantuan modal usaha akibat fandemi modal jualan habis’bwat makan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *