Untung Rugi Melakukan Investasi Tabungan Emas Di Pegadaian

Kelebihan kekurangan untung rugi tabungan investasi emas di pegadaian

Jaman sekarang banyak masyarakat yang mulai perduli dengan pentingnya berinvestasi. Daripada menyimpan uang di rekening bank, banyak orang yang sekarang mulai berbondong-bondong membagikan uangnya pada berbagai instrumen investasi.

Dan instrumen investasi sendiri banyak jenisnya, mulai dari saham obligasi hingga investasi emas.

Investasi emas adalah salah satu investasi yang sudah terkenal diberbagai kalangan, baik orang pedesaan maupun perkotaan. Investasi emas banyak dipilih karena memiliki resiko paling rendah untuk kerugian dan juga fakta bahwa emas jarang sekali turun dan selalu mengalami kenaikan.

Untuk melakukan investasi emas sendiri, banyak sekali lembaga-lembaga yang menawarkan jual beli emas baik secara offline maupun online, baik tunai maupun secara kredit.

Hal ini membuktikan bahwa animo masyarakat terkait menginvestasikan uangnya pada logam mulai ini cukup tinggi.

Apakah anda berniat menginvestasikan uang anda dalam bentuk logam mulia ini? Apakah anda telah menentukan lembaga yang tepat untuk menyimpan emas anda atau untuk membeli logam mulia anda ini?

Apabila anda masih ragu untuk mencari lembaga yang tepat, mungkin Pegadaian ini adalah solusinya. PT. Pegadaian yang merupakan satu-satunya lembaga resmi yang berizin untuk melaksanakan kegiatan lembaga keuangan dalam bentuk penyaluran dana ke masyarakat ini dapat menjadi jawaban dari keraguan anda.

Ada salah satu produk tabungan emas di pegadaian. Tabungan emas ini merupakan salah satu bentuk investasi yang dapat anda pilih.

Mengapa demikian? Karena bahkan ada dapat mulai menabung kurang dari sepuluh ribu rupiah dalam sekali top up saldo tabungan anda. Juga, anda dapat melakukan pengecekan sendiri melalui gadget anda dengan aplikasi yang resmi dikeluarkan oleh Pt. Pegadaian yakni “Pegadaian Digital” yang bisa di download pada playstore anda.

Lalu apa sajakah kelebihan dan kekurangan apabila anda memilih produk tabungan investasi emas milik Pegadaian ini?

Alangkah baiknya anda menyimak hal tersebut terlebih dahulu sebelum akhirnya memutuskan untuk menggunakan produk Pt. Pegadaian ini.

Kelebihannya antara lain adalah sebagai berikut:

#1 Anda dapat membeli emas dengan harga yang afforadble atau terjangkau

Seperti yang telah di singgung diatas, anda dapat membeli emas anda (atau dalam hal ini menabungkan terlebih dahulu) dengan nominal yang bahkan sangat sedikit!

Tentu bagi anda mudah untuk menyisihkan uang sepuluh ribu rupiah dan hal ini merupakan kabar baik karena di Pegadaian anda dapat membeli 0,01 gram yang mana uang yang anda top up kan akan secara otomatis masuk dan dikonversikan menjadi gram. Apabila tabungan anda telah mencapai 1 gram, maka anda dapat mencairkannya.

#2 Mendapatkan emas yang tersertifikasi

investasi emas di bank syariah

Ini adalah salah satu kelebihan yang ditawarkan apabila anda memilih menabung emas di Pegadaian. Anda tidak perlu takut untuk mendapatkan emas palsu, ataupun tertipu misalkan anda membelinya secara online.

Emas yang dicetak atau dikeluarkan oleh PT. Pegadaian ini terjamin keasliannya dan tersertifikasi. Untuk emas PT Pegadaian sendiri, ia menawarkan dua cetakan yakni produk Antam maupun UBS.

#3 Mudah serta cepat di “cairkan”

Yang perlu anda ketahui bahwa investasi emas sendiri sifatnya likuid, yang mana berarti akan mudah untuk diuangkan apabila anda membutuhkannya.

Tingkat kemudahannya untuk mencarikan emas sendiri tergolong lebih tinggi apabila dibandingkan dengan instrumen investasi lain seperti tanah ataupun investasi properti.

Anda juga dapat menggadaikan emas anda, apabila anda tidak ingin menjualnya dengan cara menggadaikannya pada Pegadaian dengan syarat dan ketentuan yang berlaku di pegadaian itu sendiri.

#4 Lebih aman

Dikarenakan di Pegadian ini menabung emas dengan sistem “titipan” maka emas anda akan aman di Pegadaian. Ini tentu berbeda apabila anda menyimpannya sendiri yang dapat beresiko hilang ataupun rusak.

#5 Transaksi yang mudah serta bebas pajak dan juga aturan

Untuk menambah saldo pada tabungan anda, anda tidak perlu selalu ke tempat pegadaiannya langsung. Anda dapat mentop-up nya melalui transfer bank yang artinya dapat anda lakukan baik di ATM maupun internet/mobile banking.

Juga anda tidak perlu membayar pajak apapun untuk emas yang anda miliki, serta tidak ada aturan khusus terkait seberapa banyak emas yang anda punya berbeda dengan halnya uang tunai yang ada batasan khusus yang boleh anda pegang.

Baca juga info mengenai login IB BRI untuk cek saldo serta ulasan terkait tentang cara melakukan transfer uang tanpa rekening bank.

Itulah beberapa kelebihan dalam menabung emas di Pegadaian. Lalu apa sajakah kekurangannya?

Kekurangannya adalah sebagai berikut:

#1 Ada berat minimal untuk dicairkan

Apabila anda ingin mengambil emas anda, ada syarat bahwa saldo anda minimal sudah mencapai lima gram, Untuk minimal saldo pembukaan tabungan sendiri, sebesar 0,1 gram.

#2 Ada kurs beli dan jual

Kurs beli adalah kurs ketika emas anda jual dan kurs jual adalah harga yang harus anda bayarkan ketika membeli emas.

Dan kurs beli lebih rendah dari pada kurs jual dan ini memang sudah menjadi aturan dalam penjualan emas. Selisih tersebut akan menjadi masalah apabila anda baru membeli emas dan kemudian menjualnya lagi dalam jangka waktu yang dekat.

Alih-alih mendapatkan untung, anda akan rugi. Memang sejatinya investasi emas merupakan investasi jangka panjang.

#3 Tidak semua cabang Pegadaian melayani tabungan emas

Oleh sebab itu anda harus memastikan apakah cabang Pegadaian yang anda datangi telah melayani pembukaan tabungan emas ataukah tidak.

#4 Biaya administrasi yang dibebankan

Biaya administrasi yang dibebankan adalah 10.000 saat awal pendaftaran dan dikenakan biaya titipan yakni 30.000 pertahunnya. Dan apabila anda ingin memiliki emas tersebut dalam bentuk fisik, anda juga harus membayar biaya cetaknya.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan apabila anda akhirnya memutuskan menabung emas di Pegadaian sebagai investasi. Semoga artikel ini dapat mencerahkan anda, salam sukses!

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!