Advertisement

3 Perlengkapan Penting yang Harus Dimiliki Oleh Pengusaha Bisnis UKM

Yang diperlukan memulai bisnis UKM

Apa saja yang harus dimiliki sebagai perlengkapan penting pengusaha bisnis UKM dalam menjalankan usahanya sehingga mereka dapat mencapai target dengan lancar tanpa kendala?

Saat ini pemerintah Indonesia sedang gencar gencarnya mengembangkan sejumlah bisnis atau usaha kecil menengah, yang diharapkan ke depannya memberikan prospek yang lebih baik bagi perekonomian bangsa ini.

Kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah ini bisa terlihat dari kemudahan yang diberikan oleh lembaga keuangan ataupun lembaga pendanaan dalam hal pemberian kredit usaha rakyat atau KUR.

Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya bahwa dalam mendirikan sebuah usaha memang selalu membutuhkan adanya modal entah itu dalam jumlah kecil maupun dalam jumlah yang besar.

Jika anda sebagai pebisnis maka salah satu cara dalam mendapatkan modal adalah dengan mengajukan kredit melalui lembaga keuangan atau bank.

Cara ini memang terbilang cukup efektif anda lakukan namun tidak serta merta ketika anda mengajukan akan langsung disetujui oleh pihak bank. Pastinya mereka membutuhkan persyaratan wajib serta dokumen tambahan sebagai pelengkap dan syarat disetujuinya permohonan anda.

Kemudian jika telah berhasil mendapatkan kredit dengan bunga yang rendah itu merupakan salah satu keuntungan tersendiri bagi anda.

Sebaiknya bentuk kredit pinjaman apapun harus anda manfaatkan dengan maksimal karena hal ini ibarat kesempatan bagi anda untuk membangun bisnis dan usaha.

Sarana lainnya yang peru dimiliki oleh pebisnis UKM dalam menjalankan usahanya

Selain modal dalam bentuk uang maka para pemilik bisnis juga memerlukan 3 hal pendukung lainnya yakni:

#1 Butuh Bantuan Pemasaran Produk

Modal merupakan salah satu hal yang paling penting dan sangat dibutuhkan dalam mendirikan sebuah usaha. Namun tidak selamanya modal uang selalu menjadi prioritas utama bagi anda.

Dalam mendirikan sebuah usaha yang pasti anda menginginkan bisnis tersebut bisa cepat berkembang dan dikenal oleh orang yakni caranya adalah dengan memasarkan produk dengan strategi yang paling mujarab.

Sekarang adalah jaman yang penuh dengan kecanggihan teknologi maka anda tidak selalu membutuhkan uang dalam kegiatan pemasaran.

Dengan tersedianya berbagai fasilitas media sosial maka anda bisa memanfaatkannya dengan maksimal untuk kegiatan promosi anda. Karena dengan melalui metode inilah anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang sehingga kebutuhan modal sudah bisa ditekan.

Dalam konteks ini peran pemerintah juga dibutuhkan seperti pengadaan seminar atau pelatihan mengenai pemasaran baik itu teknik pemasaran secara tradisional, pemasaran online ataupun teknik penjualan yang efektif dan efisien.

#2 Butuh Bantuan Mengelola Keuangan Bisnis

Ketika pemasaran sudah dilakukan dengan sangat baik maka hal ini merupakan awal yang baik pula bagi usaha anda untuk bisa berkembang lebih cepat.

Karena dengan inilah usaha anda bisa dikenal oleh banyak orang sehingga bisa menghasilkan pundi pundi rupiah yang maksimal. Ketika pendapatan sudah terkumpul maka pastinya anda membutuhkan bantuan dalam mengelola keuangan supaya bisa lebih teratur.

Salah satu caranya adalah anda bisa merekrut orang yang ahli dalam bidang ini supaya mampu mengelola keuangan dengan baik dan benar.

Kemudian manfaat lain yang bisa anda ambil adalah agar anda bisa memisahkan antara keuanga pribadi anda dengan keuangan bisnis sehingga keduanya tidak tercampur aduk.

Sebaiknya pelajarilah cara membuat laporan keuangan yang baik supaya anda tidak dibingungkan lagi dengan pengaturan keuangan baik untuk usaha, pribadi maupun dana untuk keluarga.

#3 Butuh Bantuan Legal / Izin / Hukum

Ketika anda sudah bisa menerapkan sistem pemasaran yang baik dan pengelolaan keuangan yang disiplin maka hasilnya adalah anda akan sangat enjoy dengan bisnis tersebut dan tidak lagi dipusingkan lagi dengan beragam persoalan manajemen usaha.

Namun ketika itu semua telah terkontrol dengan baik maka satu hal lagi yang juga membutuhkan perhatian cukup penting adalah permasalahan perijinan usaha.

Dalam masalah ini peran pemerintah dibutuhkan lagi untuk memberikan sosialisasi ataupun pengetahuan mengenai hukum ijin usaha, perpajakn dan lain sebagainya yang menyangkut legalitas.

Simak ulasan terkait tentang surat surat atau dokumen penting mendirikan usaha serta artikel menarik lainnya mengenai prosedur menyewa tempat usaha dan perijinannya.

Jangan biarkan usaha anda hancur hanya karena persoalan hukum yang mencakup perijinan, tempat usaha serta produk yang sesuai dengan pertauran hukum negara.

Advertisement

1 Comment

  1. Tri Binnaryo

    March 28, 2017 at 1:43 pm

    Ingin punya usaha dengan modal kecil hanya 20rb, berbekal android, cepat balik modal, tidak repot2 dan mendapat penghasilan tambahan? Klik saja ke http: //investama.biz/?id=tribin03 hanya dengan modal 20rb anda bisa mendapat penghasilan dgn cepat dan mudah balik modal. Semua usaha tentunya ingin mendapat hasil y harus kerja smart. Kerja dpt uang tidak harus keras tapi smart. No tipu2 sy dengan cepat sudah balik modal dan dapat untung padahal ikutnya iseng2…bukti in baru bisa ngomong…padahal lama saya g aktif ternyata masih tetep dapat komisi…TOP pokoknya sistem ini…ragu hub sy 085837005700

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!