Cara Mendapatkan Modal Bisnis dan Usaha Untuk Mahasiswa

Cara Mendapatkan Modal untuk Berbisnis bagi Mahasiswa

Salah satu penyakit yang sering kali menjangkit seseorang yang ingin memulai melakukan bisnis adalah tidak memiliki modal untuk memulai usaha.

Sering kali orang tersebut telah memiliki banyak ide cemerlang untuk memulai bisnis tetapi tidak jadi merealisasikannya karena tidak tahu harus bagaimana untuk mendapatkan modal.

Apabila anda adalah seseorang pegawai yang ingin berbisnis, maka jalan untuk mendapatkan modal cukup mudah. Lalu bagaimana apabila yang ingin berbisnis adalah mahasiswa?

Banyak mahasiswa yang ingin melakukan bisnis karena ingin mendapat penghasilan sendiri.

Entah itu alasannya karena ingin membeli barang yang diinginkan, menambah uang jajan, atau meringankan beban orang tua. Apapun alasannya, ingin memulai berbisnis sejak usia muda adalah langkah yang bagus dan perlu diapresiasi.

Mahasiswa memiliki kelebihan dianggap sebagai mahluk yang masih muda dan kreatif.

Tak jarang banyak pebisnis sukses yang merintis karir bisnis sejak masih di bangku kuliah. Tetapi, bagi mahasiswa terdapat hambatan tersendiri ketika akan memulai bisnis yakni tidak memiliki modal yang cukup untuk memulai bisnis.

Ingin meminjam di bank? pasti sulit karena mahasiswa tidak memiliki pendapatan tetap sehingga diragukan akan mampu mengembalikan pinjaman.

Ingin meminjam orang tua? hal ini juga jarang dipilih karena umumnya mahasiswa tidak lagi ingin membebani orang tua.

Kiat dan strategi memperoleh modal memulai bisnis dan usaha bagi mahasiswa

Lalu bagaimanakah cara mendapatkan modal untuk mengawali bisnis bagi mahasiswa? Beberapa caranya adalah sebagai berikut!

#1 Menyisihkan uang bulanan yang ada

mulai menabung dengan mudah
Menabung

Meskipun anda seorang mahasiwa yang notabene tidak memiliki pekerjaan, tetapi pasti anda mendapat uang kiriman bulanan.

Itu bisa anda manfaatkan untuk menjadi modal bagi bisnis anda. Meksipun tujuan andapun untuk melakukan bisnis agar uang jajan anda bertambah karena merasa uang jajan anda terlalu sedikit, tidak ada salahnya anda mulai melakukan ekstra penghematan demi menyisihkan uang untuk modal berbisnis.

Anda bisa memulai mengurangi kebutuhan anda yang sifatnya tidak terlalu penting. Misalnya, setiap bulan anda selalu memberikan jatah uang untuk kegiatan jalan jalan dan nonton, anda bisa menguranginya atau membuat diri anda tahan untuk tidak nonton dalam beberapa bulan kedepan untuk menyisihkan uang.

Menyisihkan uang dalam hal ini sifatnya fleksibel dan anda yang menentukan metode yang tepat untuk menyisihkan uang anda sebagai modal.

#2 Mengajak teman terdekat untuk bekerjasama

Cara membangun kerjasama dengan mitra bisnis atau orang lain
Kerjasama tim

Anda bisa menggunakan konsep penanaman saham sederhana dengan teman teman terdekat anda.

Atau, anda bisa mengajak teman anda terlibat secara aktif dalam bisnis anda. Apabila anda didukung oleh beberapa teman, maka modal yang tersediapun akan semakin banyak kan?

#3 Mengikuti berbagai kompetisi

Langkah selanjutnya untuk mendapatkan modal adalah mengikuti berbagai kompetisi.

Akan menjadi menarik apabila anda melakukan kompetisi yang berhubungan dengan ide wirausaha anda.

Biasanya, apabila anda memenangkan lomba tersebut anda akan mendapatkan hadiah uang.

Hadiah uang tersebut akhirnya bisa menjadi modal untuk bisnis anda. Selain mendapat uang, bertambah juga pencapaian anda sebagai mahasiswa kan?

#4 Part Time Job

Kerja sampingan

Sebelum anda memiliki modal untuk bisnis anda sendiri, anda bisa memulai nya dengan bekerja bersama orang terlebih dahulu.

Saat ini terdapat banyak sekali part time job yang tersedia seperti pada restaurant fast food, ritel, dan lain lain. Simak selengkapnya pada ulasan kerja sampingan paling mudah untuk mahasiswa.

Selain itu, dengan bekerja bersama orang anda akan mendapatkan banyak pengalaman dan juga tentunya gaji untuk memodali usaha anda.

Biasanya part time job bisa melakukan penyesuaian jadwal anda sebagai mahasiswa sehingga kuliah anda pun tidak terbengkalai.

#5 Mensiasati bisnis anda

Apabila cara cara diatas dirasa tidak cukup, anda bisa mensiasati bisnis anda dengan berbagai cara sehingga anda tidak memerlukan modal.

Misalnya, anda bisa menjadi reseller dengan sistem dropshiper sehingga anda tidak perlu mengeluarkan modal.

Anda juga bisa memulai usaha anda dengan sistem DP dimana orang yang akan membeli barang anda diharuskan membayar uang muka terebih dahulu.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan apabila anda ingin memulai bisnis anda meskipun anda masih berstatus sebagai seorang mahasiswa.

Dengan belajar berbisnis sejak muda, anda akan memiliki kesempatan sukses yang lebih besar di masa depan.

Meskipun begitu, anda sebaiknya tidak mengabaikan kewajiban utama anda sebagai mahasiswa dengan cara manajemen waktu yang baik. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!