Mencari Supplier Yang Tepat Dan Strategi Sukses Menjalankan Bisnis Dropship

Cara mencari supplier tangan pertama yang terpercaya untuk bisnis dropship

Strategi mencapai sukses pada bisnis dropship salah satunya ialah bisa menemukan atau mendapatkan supplier tangan pertama yang terpercaya dan memiliki produk yang terjada kualitasnya.

Sistem dropship akhir akhir ini begitu populer dan sangat memudahkan dan menguntungkan anda yang mempunyai bisnis online. Tetapi selain menguntungkan, dropship juga mempunyai kelemahan yang bisa merugikan anda.

Dengan sistem ini sebagai seorang dropshipper anda tidak tahu kondisi barang yang dikirimkan supplier kepada pembeli anda. Jika ternyata barang yang dikirimkan tidak sesuai dengan barang yang anda jual maka ada kemungkinan anda akan dikomplain oleh customer anda.

Customer yang merasa dirugikan tentu tidak akan kembali membeli produk pada toko online anda. Tentu hal ini sangat merugikan anda sebagai penjual online shop.

Sementara laba yang diperoleh juga tidak bisa terlalu banyak karena harus bersaing dengan produk lain. Jadi untuk memperoleh keuntungan yang lebih besar satu-satunya cara adalah dengan menjual barang dengan kuantitas lebih banyak sambil tetap menjaga kualitas tentunya.

4 Strategi jitu mengelola bisnis online dropship agar cepat sukses

Lalu bagaimana cara mengatasi supaya kuantitas bertambah banyak sementara kualitas tetap terjaga. Berikut ini cara mengelola bisnis online dengan sistem dropship yang menguntungkan.

#1 Memilih supplier yang dapat dipercaya

Dalam bisnis online sangat penting menjaga kepuasan konsumen jadi sebaiknya anda memilih supplier yang dapat dipercaya, yang memiliki barang berkualitas bagus sesuai dengan yang ditawarkan.

Anda bisa melakukan survey terlebih dahulu mencari tahu supplier yang mempunyai reputasi bagus yang bisa diajak bekerja sama dalam bisnis online.

Karena dengan supplier yang mempunyai kualitas produk dapat dipercaya konsumen merasa puas, online shop anda juga akan mempunyai image yang baik.

Baca juga artikel lainnya tentang beberapa jenis usaha dagang paling laris saat ini serta ulasan terkait mengenai contoh bisnis dan usaha dengan modal kecil yang menjanjikan.

#2 Menjadi penjual dropshipper yang jujur dan bisa dipercaya

Dengan memakai dropship ini anda tidak tahu bentuk dan kualitas barang yang akan dikirimkan oleh supplier anda kepada pembeli. Yang sering kali terjadi konsumen merasa kecewa dengan barang yang diterima karena tidak sesuai dengan gambar dan keterangan yang ada.

Sebagai penjual anda cuma dapat mengunggah produk yang akan anda jual disertai beberapa keterangan supaya menarik perhatian calon pembeli.

Berilah keterangan yang sesuai dengan kondisi barang jika anda memang mengetahui betul barang yang akan anda jual. Tetapi tidak perlu memberi keterangan yang berlebihan jika memang anda tidak mengetahui kondisi barang yang sebenarnya.

Anda dapat meminta katalog produk yang anda jual dari supplier, supaya anda dapat menjawab pertanyaan yang mungkin ditanyakan oleh konsumen atau anda dapat menanyakan kepada supplier untuk pertanyaan yang tidak dapat anda jawab.

Jadilah penjual yang jujur supaya bisnis online anda dapat dipercaya karena konsumen merasa puas dengan produk yang anda jual.

#3 Mengupload gambar secara Detail

Untuk membuat calon pembeli tertarik dengan produk yang anda jual, anda tidak hanya sekedar mengunggah gambar yang menarik perhatian calon pembeli saja.

Lebih dari itu anda juga harus menampilkan gambar produk dari berbagai sisi. Mintalah gambar dari berbagai sisi dan keterangan lebih detail kepada supplier anda jika anda rasa gambar dan keterangan yang sudah ada kurang terlalu jelas.

Sebagai contoh jika anda menjual sebuah tas wanita, unggahlah poto tas itu tampak dari depan, samping dan belakang.

Sedangkan untuk keterangan tas yang anda jual anda bisa mencantumkan secara lengkap mengenai ukuran, bahan dan warna. Sebutkan secara detail panjang, lebar dan tinggi tas, kemudian tas terbuat dari bahan apa juga warna yang tersedia. Sertakan juga keterangan lain seperti kelengkapan tas, apakah ada tali selempang, retsleting di dalam dan sebagainya.

Unggahlah gambar produk dari berbagai sisi serta cantumkan detail keterangan pada gambar yang anda unggah siapa tahu produk tersebut sedang diidam-idamkan oleh salah satu calon konsumen.

#4 Aktif melakukan promo produk

Anda ingin mendapatkan penghasilan lebih banyak dari yang anda dapatkan sekarang? Tentu anda harus berusaha supaya produk anda semakin banyak pula dibeli oleh kosumen.

Jadi bagaimana caranya supaya produk anda dilihat oleh lebih banyak calon konsumen? Selalu aktif melakukan promosi produk anda. Selain tetap melalui  Facebook, Instagram, Whatsapp dan berbagai media online lainnya, anda juga dapat membuat brosur, mencetak kemudian menitipkan dan membagikan diberbagai tempat yang memungkinkan.

Jangan membatasi jumlah konsumen anda hanya pada ruang lingkup tertentu. Bila perlu anda dapat menitipkan promo produk pada konsumen anda untuk direkomendasikan pada teman atau kerabat mereka. Semakin banyak yang mengenal produk yang anda jual akan semakin banyak pula calon pembeli yang akan menambah keuntungan anda.

Simak juga ulasan terkait mengenai strategi melakukan promosi produk melalui internet serta artikel menarik lainnya tentang tips jitu memasarkan bisnis UKM menggunakan sosial media.

Tips mencari supplieryang terpercaya untuk bisnis dropship

Penjualan dengan cara dropship ini tidak dapat dipungkiri berkaitan erat dengan yang namanya supplier. Ada banyak supplier diluar sana, tinggal bagaimana cara anda menemukan supplier yang tepat dan mempunyai reputasi yang bagus.

Dibutuhkan kerjasama yang baik antara pihak supplier dan dropshipper supaya bisnis online anda ini dapat berlangsung lebih lama dan tentu saja untuk kepuasan konsumen.

Seorang supplier yang mempunyai kualitas barang yang bagus akan mendapatkan kepercayaan tidak hanya dari satu dropshipper untuk kelangsungan bisnisnya. Seorang dropshipper akan kembali mengambil produk pada supplier yang sama yang mempunyai kualitas barang sesuai dengan gambar produk.

Sementara seorang konsumen yang puas akan membeli berbagai produk yang anda tawarkan lewat online shop anda selama anda mampu mencari supplier yang dapat mengirimkan barang berkualitas.

Dibawah ini beberapa tips untuk memilih supplier yang tepat :

  1. Carilah supplier dari wholesale atau wholesaling. Wholesale atau wholesaling adalah kegiatan menjual barang dalam skala besar kepada supplier untuk dijual kembali kepada konsumen. Jadi carilah supplier yang mengambil barang langsung dari wholesaler.
  2. Mencari supplier yang sudah berpengalaman dalam bisnis online. Supplier yang jelas dalam proses order barang, pengecekan, konfirmasi ulang, packing sampai proses pengiriman barang kepada konsumen.
  3. Sebaiknya mencari supplier yang dapat memberikan respon yang cepat dan mudah untuk dihubungi pada saat anda hendak menanggapi pertanyaan konsumen.
  4. Karena supplier tidak akan memberitahukan kepada anda darimana barang dagangannya diperoleh, maka dropshipper harus memberikan nama online shop atau nama dan alamat dari dropshipper.

Semoga tips di atas bermanfaat untuk anda yang akan mencoba menjalankan bisnis online shop dengan cara dropship selain menguntungkan karena tanpa modal, bisa anda jalankan dimana pun anda tinggal.

Sebagai penjual online layani siapapun calon konsumen anda dengan baik dan ramah karena calon konsumen anda bisa jadi konsumen tetap dan akan merekomendasikan produk anda kepada konsumen lain jika merasa puas dengan layanan online shop anda.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!