Memulai Usaha Salon Kecantikan: Langkah dan Estimasi Perhitungan Modalnya

Memulai usaha salon kecantikan

Usaha salon kecantikan adalah salah satu peluang bisnis yang sangat menjanjikan sepanjang masa karena ini sudah menjadi kebutuhan bagi mayoritas kaum wanita masakini.

Sebenarnya untuk menentukan bisnis apa yang baik untuk dikelola itu adalah tergantung dari minat kita.

Mengapa kita harus berbisnis sesuatu yang memang minat kita? Sebenarnya hal tersebut dikarenakan apabila kita mencintai pekerjaan atau bisnis yang kita miliki maka kita akan lebih senang dan bisa totalitas dalam menggarapnya sehingga cukup enjoy untuk menuju titik kesuksesan.

Salon kecantikan menjadi bisnis yang cukup bisa mendatangkan profit terlebih pada jaman sekarang ini dimana orang semakin menyadari pentingnya penampilan.

Selain itu, bisnis salon kecantikan dianggap juga tidak akan pernah surut terutama pada event-event tertentu seperti acara nikaha, wisuda, karnaval, upacara adat, festival, dan lain sebagainya.

Salon kecntikan umumnya meliputi pelayanan penataan rambut, potong rambut, hair treatment, totok wajah, facial treatment, dan juga sekaligus make up artist/wajah.

Apabila anda merencanakan membuka bisnis salon kecantikan, maka perlu memperhatikan beberapa tips dibawah ini sehingga anda dapat mendirikan usaha ini dengan maksimal. Tips-tipsnya antara lain adalah sebagai berikut:

#1 Menentukan Sumber Daya Manusia di Salon Kecantikan Anda

Melatih disiplin bekerja untuk meraih sukses
Memilih Sumber Daya Manusia Profesional

Dalam hal ini, bisa saja anda yang menjalankan sendiri atau mungkin anda bisa full mendatangkan orang lain yang lebih ahli.

Apabila anda ingin menjadi SDM dalam salon anda, maka yang anda harus lakukan adalah sekolah kursus dahulu jika sebelumnya tidak memiliki basic di bidang salon kecantikan.

Setelah mendapatkan sertifikat maka kredibilitas anda dalam menjalankan usaha salon inipun akan naik.

Berbicara tentang kursus, sebenarnya tidak melulu harus bertahun-tahun karena anda dapat mengikuti kursus kilat dalam jangka waktu tiga, enam, hingga dua belas bulan.

Biaya kursus keahlian ini biasanya berkisar antara 500.000 hingga 5.000.000 dan semua ini dapat anda sesuaikan dengan budget yang anda miliki.

Ingin menghemat biaya? Anda juga bisa bekerja terlebih dahulu pada salon orang karena nanti anda akan diajari cara-caranya. Dengan bekerja terlebih dahulu pada salon orang, anda bahkan bisa mendapatkan tambahan modal. Asyik, bukan?

#2 Memilih Lokasi  dan Tempat Salon Kecantikan Anda

Menentukan lokasi pabrik dan faktor manajemen operasi industri
Memilih Lokasi Usaha

Selanjutnya anda harus menentukan lokasi salon kecantikan anda. Lokasi selalu menjadi hal penting ketika anda akan mendirikan sebuah bisnis.

Tentunya, anda harus memilih lokasi usaha yang strategis. Tidak hanya itu, anda haruslah menentukan warna salon anda, tempatnya, dan lain sebagainya.

Untuk menguatkan karakter salon anda, mungkin anda harus membuat tema salon anda. Misalkan, salon anda memiliki karakter “girly” maka sebaiknya dekorasi serta cat dindingnya berwarna feminine seperti pink dan lain sebagainya.

#3 Mempersiapkan Bahan serta Peralatan Salon Kecantikan

Selanjutnya adalah persiapan bahan dan juga peralatan untuk salon anda. Beberapa yang anda butuhkan antara lain:

  • Kursi untuk khusus salon, minimal 3 unit @1.000.000
  • Pemanas rambut @2.000.000
  • Hairdryer minimal 3 unit pula @300.000
  • Tempat tidur untuk facial @2.000.000
  • Meja dan pancuran rambut @1.500.000
  • Cermin Besar @300.000
  • Troley peralatan @1.000.000
  • Estalase kaca @2.500.000
  • Peralatan salon yakni sisir, set manicure pedicure, handuk,serta gunting kurang lebih @2.000.000
  • Bahan-bahan hair treatment serta makeup @4.000.000

Harga tersebut adalah perkiraan kasar sehingga dapat berubah sesuai dengan kualitas peralatan dan bahan yang anda pilih. Harga tersebut bisa lebih rendah maupun lebih tinggi.

#4 Menetapkan Harga Jasa dan Juga Melakukan Promosi

Meningkatkan penjualan melalui promosi online
Strategi promosi dan pemasaran

Setelah itu anda harus menetapkan tarif untuk disalon anda. Untuk menentukan tarif, anda seharusnya tetap berpatok dengan harga dipasaran sehingga tidak terlalu melenceng jauh.

Setelah itu, anda harus rajin mempromosikan salon anda supaya menjaring banyak pelanggan.

Simak tips tentang strategi melalukan promosi yang efektif serta info menarik lainnya mengenai cara memenangkan persaingan bisnis

Anda dapat terlebih dahulu memberi potongan atau diskon untuk pembukaan salon pertama anda. Juga ingatlah tetap kualitas salon anda dan harus tetap anda jaga supaya para pelanggan ingin kembali menggunakan jasa salon anda.

Itulah beberapa tips apabila anda ingin membuka salon kecantikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat! Salam sukses!

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!