4 Tips Cerdas Memilih Usaha Franchise Jenis Makanan dan Minuman

Cara memilih usaha bisnis franchise makanan minuman yang baik

Zaman milenial ini, bisnis waralaba menjadi pilihan bagi para pengusaha karena menjanjikan peluang keuntungan yang besar.

Selain itu, bisnis waralaba terkenal sudah teruji sistemnya, resiko kegagalan yang kecil, dan hasilnya yang lebih menguntungkan.

Salah satu bisnis waralaba yang banyak diminati oleh pengusaha adalah makanan dan minuman karena telah dipercaya menjadi salah satu contoh usaha yang menjanjikan saat ini.

Banyak sekali jenis waralaba atau franchise makanan serta minuman yang berkembang dipasaran dan juga memiliki banyak penggemarnya.

Dengan fakta banyakanya pilihan waralaba dalam bisnis itu, terkadang orang yang akan menggeluti bidang waralaba menjadi bingung untuk menentukan bisnisnya yang mana.

Cara paling tepat memilih bisnis dan usaha franchise makanan atau minuman yang baik

Apabila anda telah menentukan pilihan anda, maka yang perlu anda lakukan berikutnya adalah segera mencari franchisor yang tepat. Agar anda tidak salah dalam mengambil langkah, anda perlu memperhatikan kiat atau tips penting berikut ini.

#1 Memilih Franchise yang populer

Alangkah lebih baik saat anda memilih sebuah produk waralaba anda, anda mengamati nama atau brand tersebut apakah sudah memiliki kepopuleran ditengah masyarakat ataukah tidak.

Dengan anda menentukan brand terkenal sebagai bisnis waralaba anda, tentu saja anda tidak perlu kawatir masyarakat akan tidak tertarik pada produk waralaba tersebut karena sudah familiar/terkenal.

Apabila banyak masyarakat yang tertarik, maka anda dapat dengan mudah berpeluang mendapatkan laba yang besar. Dengan begini, kesuksesan dalam berwaralaba akan dapat anda raih.

Simak juga contoh bisnis waralaba makanan murah dengan nama unik serta ulasan terkait mengenai tips agar usaha waralaba dapat menang bersaing.

#2 Bisnis yang telah berizin

Ini merupakan poin penting yang tidak boleh anda lewatkan. Karena produk yang anda jual berupa makanan dan minuman, maka produk tersebut haruslah berstandar keamanan yang jelas serta terpercaya guna mengindarkan dari resiko terganggunya kesehatan dan pastinya itu akan merugikan konsumen.

Apabila produk waralaba anda ternyata tidak berizin keamanan resmi baik dari BPOM, Depkes, ataupun MUI maka anda dapat dituntut secara hukum dikemudian hari dikarenakan produk anda belum teruji layak untuk dikonsumsi.

Maka dari itu, anda perlu memastikan bahwa bisnis waralaba yang anda pilih telah memiliki izin resmi. Apabila produk anda telah mengantongi izin resmi, maka konsumen juga akan lebih menaruh kepercayaan pada setiap produk makanan serta minuman yang anda jual.

#3 Memiliki banyak cabang

Anda perlu memilih bisnis waralaba makanan serta minuman yang memiliki banyak cabang. Apabila cabang dari bisnis tersebut banyak, maka segmen pasarnya akan menjadi semakin tinggi.

Dengan fakta tersebut banyaknya cabang dari waralaba menjadi bukti bahwa waralaba tersebut banyak digemari.

Tetapi, bukan berarti sampai disitu. Setelah anda memastikan bahwa waralaba tersebut memiliki banyak cabang, yang perlu anda perhatikan selanjutnya adalah apakah persebaran cabang tersebut menjadikan peluang anda semakin besar ataukah membuat persaingan anda menjadi ketat.

Anda perlu memperhatikan dengan baik kedua hal tersebut.

#4 Memiliki kredibilitas yang jelas

Selanjutnya adalah poin ke empat tentang kredibilitas waralaba yang anda pilih. Ini merupakan faktor yang tak kalah penting yang harus anda perhatikan.

Anda harus memperhatikan baik baik apakah mitra waralaba anda memiliki produk yang sudah terbukti kualitasnya dan apakah ia memiliki kredibilitas yang baik.

Bagaimana cara memastikan hal tersebut? anda dapat melihatnya dari laporan keuangan perusahaan itu. Juga, apabila perusahaan tersebut merupakan mitra kerja yang baik, maka ia akan transparan dalam hal keuangan bisnis tersebut apabila memang berjalan dengan baik.

Selain dari aspek keuangan perusahaan, anda juga dapat mencari informasi dari berbagai media dan sumber.

Sebaiknya anda berhati-hati dan tidak mudah tergiur hanya karena harga yang ditawarkan murah, karena hal tersebut tidak dapat menjadi indikator apakah kualitasnya baik atau tidak.

Juga perusahaan yang baik akan selalu terbuka apabila anda mengajukan pertanyaan penting terkait bisnis waralaba tersebut.

Itulah beberapa tips yang bisa anda pertimbangkan sebelum anda terjun dan memilih bisnis waralaba khususnya dibidang makanan dan mnuman.

Hal yang sangat vital untuk anda pertimbangkan sebelum akhirnya menginvestasikan uang anda benar-benar harus anda pahami dengan baik. Dengan memperhatikan tips diatas, harapannya anda dapat menjadi bijak serta akan dengan segera memperoleh kemitraan yang baik dan meraih kesuksesan anda dalam berbisnis waralaba. Salam sukses!

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!