Membuka Usaha Daycare: Langkah2 dan Persiapan Yang Harus Dilakukan

Proposal, surat izin memulai membuka usaha daycare penitipan anak

Membuka usaha penitipan anak atau bisnis daycare rumahan harus dilakukan dengan berbagai persiapan matang mulai syarat izin serta proposal yang jelas untuk kenyamanan para klien nantinya.

Dewasa ini orang tua lebih banyak menghabiskan waktu di luar rumah untuk bekerja ketimbang kumpul dengan keluarga di rumah. Sehingga menyebabkan anak harus dititipkan kepada keluarga yang lain, baby siter atau bahkan sampai harus ke tempat penitipan anak.

Fenomena seperti ini bukanlah hal yang baru lagi di daerah perkotaan yang dasarnya orang tua mereka merupakan para pebisnis.

Tak heran jika waktu mereka untuk di rumah bersama keluarga sangatlah minim. Day care (tempat penitipan anak) bukanlah sebagai tempat penitipan saja melainkan bisa juga sebagai tempat belajar sekaligus untuk bersosialisasi dengan anak-anak yang lain.

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan di tempat ini. Faktor inilah yang akhirnya membuat bisnis ini semakin banyak dan mudah untuk ditemui sehingga dijadikan sebagai salah satu pilihan usaha yang menjanjikan.

7 Langkah penting untuk memulai usaha penitipan anak (bisnis daycare rumahan)

Jika anda ingin mulai tertarik dan ingin membuka bisnis ini, berikut ini kami berikan beberapa tipsnya. Simak ulasannya.

#1 Melakukan riset atau analisa pasar

Tahap awal yang harus anda lakukan untuk memulai bisnis ini adalah riset pasar. Ketahuilah siapa saja yang akan menjadi target anda.

Dimana anda akan membuka usaha ini. Dan usia berapa saja yang bisa anda terima. Serta besaran gaji orang tua yang harus anda tahu.

Ini merupakan poin-poin penting yang harus anda cari tahu guna membuka usaha semacam ini. Karena tidak akan berguna jika anda memulainya tanpa anda tahu siapa yang akan menjadi targetnya.

Cara ini harus anda lakukan mengingat tidak semua daerah akan bisa memberikan dampak positif bagi keberadaan usaha anda.

#2 Menentukan tempat atau lokasi usaha yang setrategis

Menentukan lokasi pabrik dan faktor manajemen operasi industri

Dalam membuka bisnis day care ini sebaiknya tentukanlah lokasinya sedari awal dan usahakan pula tempat tersebut permanen.

Faktor lain yang seringkali menjadi pertimbangan para orang tua ketika akan menitipkan anaknya adalah lokasi day care itu sendiri.

Umumnya orang tua lebih memilih lokasi yang memang mudah untuk di akses, bersih, nyaman, layak untuk anak-anak serta tidak berpindah-pindah.

Karena lokasi yang tidak memiliki tempat pasti akan mengindikasikan bahwa usaha tersebut tidak terpercaya. Bisa saja hal ini hanya digunakan sebagai modus oleh segelintir orang untuk melakukan kejahatan. Apalagi bahaya bisa mengancam siapa saja tanpa memandang usia.

Simak juga tips tentang cara mendapatkan lokasi usaha yang strategis serta ulasan terkait mengenai bisnis sampingan paling tepat untuk ibu rumah tangga.

#3 Menyediakan sarana permainan anak

Day care bukan hanya tempat yang diperuntukkan untuk menitipkan anak saja melainkan juga sebagai sarana untuk belajar anak.

Maka sudah sepantasnya jika anda melengkapinya dengan berbagai fasilitas bermain anak yang bermanfaat serta dapat mengedukasi mereka.

Perhatikan pula kebersihan dan keamanan peralatannya. Semakin banyak permainan maka akan semakin baik bagi anak-anak karena secara otomatis mereka akan merasa nyaman dan betah di sana.

Berikanlah jenis permainan yang mengedukasi anak seperti puzzle, dan lego. Permainan semacam itu tentu akan meningkatkan motorik anak.

#4 Memilih tenaga pengasuh yang kompeten

Membuka bisnis ini bukanlah perkara yang mudah apalagi hal ini menyangkut keamanan dari anak- anak. Oleh sebab itu wajib bagi anda untuk memilih pengasuh yang kompeten, dan memiliki latar belakang yang baik pula.

Hal-hal semacam ini perlu anda perhatikan, karena pastinya anda tidak mau bukan jika suatu hal buruk terjadi pada anak-anak tersebut hanya karena anda salah dalam memilih pengasuh.

Akhir-akhir ini kasus kejahatan yang dilakukan oleh para pengasuh semakin marak terjadi oleh sebab itu anda teliti dalam memilih seorang pengasuh. Kalau perlu anda bisa mensyaratkan kesehatan psikologis bagi mereka.

#5 Menentukan besaran harga yang sesuai dengan pelayanan

Menentukan harga jual produk

Penentuan harga tentu sangat berhubungan erat dengan target pasar yang telah anda tentukan di awal ketika riset.

Anda perlu untuk mengidentifikasi apakah mereka berasal dari kalangan mengengah ke bawah atau menengah ke atas.

Anda bisa menyesuaikan harganya dengan kemapuan orang tuanya. Jika kebetulan konsumen anda dari kalangan menengah ke atas anda bisa menaikkan harganya sedikit lebih tinggi dengan memberikan fasilitas tambahan seperti pemeriksaan kesehatan anak dan laporan perkembangan anak.

Fasilitas-fasilitas semacam ini tentu akan menambah nilai jual usaha anda. Intinya yang terpenting dari usaha ini adalah menyediakan segala sesuatunya dengan baik guna menumbuhkan kepercayaan dari orang tua anak.

#6 Memiliki surat izin usaha yang sah

Untuk memberikan kepercayaan bagi orang tua anak tidak ada salahnya jika anda membuat surat izin usaha, sama halnya ketika akan membuka bisnis-bisnis yang lain.

Tujuannya supaya usaha anda sah di mata hukum dan mengurangi resiko penggugatan di masa yang akan datang.

Usaha seperti ini memang seringkali dipandang sebelah mata oleh masyarakat. Dalam artian bisa dipercaya atau tidak, karena saat ini orang tua anak sangatlah cerdas dengan berbagai informasi yang telah mereka kantongi membuat kepercayaan terhadap tempat-tempat seperti ini menjadi semakin menurun.

Jadi untuk menjaga keberlangsungan usaha anda di masa yang akan datang perhatikanlah faktor-faktornya sedetail mungkin.

#7 Strategi promosi

Sama seperti membuka bisnis kuliner ataupun usaha lainnya, Usaha Day care juga perlu untuk dilakukan promosi karena tanpa ini siapa yang akan tahu tentang usaha anda.

Masyarakat tidak akan mudah untuk percaya begitu saja dengan hanya dengan sekali lihat tanpa mengetahui informasi apapun terkait usaha ini.

Anda bisa melakukan promosi melalui media sosial seperti instagram, facebook dan web. Atau bisa juga dengan memasang banner atau menyebarkan brosur-brosur untuk memberikan informasi kepada masyarakat.

Itu tadi beberapa tips yang harus anda lakukan ketika akan membuka bisnis day care. Dengan menerapkan segala tips di atas maka usaha anda nantiny bisa berjalan dengan baik dan lancar. Semoga berhasil…

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!